Sunday, April 26, 2015

Penggunakan Kain Sintetik dan Kain Tak Lazim

Penggunakan Kain Sintetik dan Kain Tak Lazim
Kain sintetik dan kain tak lazim merupakan salah satu bahan untuk membuat soft funishing rumah indah nan cantik. Sungguh bahagia rasanya tinggal disebuah tempat yang merupakan milik sendiri yang pada akhirnya bisa menciptakan rumah yang selalu didambakan. Kain dan dekorasi mempunyai pengaruh yang besar tapi keduanya sulit untuk diterapkan di rumah-rumah moderndan biaya serta perawatannya harus sepadan. Jika anggaran sedikit sebisa mungkin jangan membuat kesalahan. Oleh karena itu mengenali kain yang cocok dan yang tidak cocok sangtalah penting peranannya. Kain sintetik seperti nilon dan polyester lebih mudah diperoleh dari pada kain alami. Vitrase polister, misalnya tidak akan mengerut jika dicuci dan hanya perlu disetrika sedikit saja atau tidak disetrika sama sekali pun tidak apa-apa. Tetapi vitrase yang terbuat dari muslin ataupun renda dari katun tidaklah demikian.

Penggunakan Kain Sintetik dan Kain Tak Lazim
Penggunakan Kain Sintetik dan Kain Tak Lazim

Penggunakan Kain Sintetik dan Kain Tak Lazim
Penggunakan Kain Sintetik dan Kain Tak Lazim

Penggunakan Kain Sintetik dan Kain Tak Lazim
Penggunakan Kain Sintetik dan Kain Tak Lazim

Serat-serat buatan manusia yang tergolong murah pada awalnya dirancang dari serat alami seperti sutra. Akan tetapi generasi baru perancang tekstil mengeksploitasi kekuatan dan keserbagunaan kain-kain buatan untuk menghasilkan bahan yang luar biasa dan inovatif. Kain tak lazim, seperti kain pakaian dapat digunakan sebagai bahan soft furnishing, walaupun biasanya kain semacam itu tidak sekuat kain khusus furnishing dan pastinya daya tahan akan pemudaran warna akibat sinar matahari yang kuat tidak akan setahan soft furnishing khusus.
Pasar dan toko barang antaik merupakan sumber yang tepat untuk memperoleh kain tak lazim. Seperti permadani tua, selembar brokat sutra yang cantik menjadi blind ataupun bantal hias. Tapi ingat bahwa kain yang sudah cukup tua perlu diperlakukan dengan hati-hati. Sebab mungkin sudah tak cukup kuat untuk menahan peregangan dari jahitan yang terlalu banyak.
Menjahit kain tak lazim
Kulit dan suede merupakan salah satu soft furnishing yang populer saat ini. Melapisi sofa dan kursi berlengan dengan kulit asli adalah pekerjaan para ahli tetapi pemula juga bisa memotong-motong kulit menjadi bentuk-bentuk sederhana untuk dijadikan sarung bantal hias yang menarik. Kulit dan suede mungkin sulit dijahit, jadi buat konstruksi yang sederhana saja. Gunakan benang katun tebal dan jarum mesin atau jarum jahit khusus bersisi-tiga untuk kulit yang didesain untuk membuat lubang yang rapi.

Kain perlapis plastic dapat digunakan sebagai pelapis meja yang ceria dan kuat untuk ruangan multi guna. Kain semacam itu hanya memerlukan sedikit jahitan-cukup dipotong dan digunakan dalam bentuk-bentuk sederhana. Semua bekas lubang jarum pentul atau menjelujur kain-kain itu. Gunakan selalu jahitan mesin panjang sebab kain berlapis plastic akan robek ketika dilubangi dengan jahitan lurus yang tepat. Menyetrikanya panas-panas akan mencairkan kain jadi gunakanlah jari-jari atau buku untuk memipihkan sambungan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Penggunakan Kain Sintetik dan Kain Tak Lazim

0 comments: