Sunday, April 26, 2015

Pemilihan Seprai dan Dekorasi Meja Makan

Pemilihan Seprai dan Dekorasi Meja Makan
Seprai dan dekorasi meja makan merupakan salah satu soft furnishing yang mendasar dan sederhana. Sungguh bahagia rasanya tinggal disebuah tempat yang merupakan milik sendiri yang pada akhirnya bisa menciptakan rumah yang selalu didambakan. Kain dan dekorasi mempunyai pengaruh yang besar tapi keduanya sulit untuk diterapkan di rumah-rumah moderndan biaya serta perawatannya harus sepadan. Jika anggaran sedikit sebisa mungkin jangan membuat kesalahan. Oleh karena itu mengenali kain yang cocok dan yang tidak cocok sangtalah penting peranannya.
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengerti bagaimana soft furnishing yang akan membantu mengembangkan gaya dokorasi pribadi sendiri. Langkah kedua adalah meninjau jenis-jenis kain yang sesuai dengan gaya rumah sederhana. Salah satu yang soft furnishing kain yang sering digunakan adalah seprai dan dekorasi meja makan. Sebenarnya membuat seprai dan dekorasi meja makan sangatlah mudah. Sebab pada umumnya hanya berbentuk persegi atau bujur sangkar dengan kelim lurus dan kampuh sederhana.

Pemilihan Seprai dan Dekorasi Meja Makan
Pemilihan Seprai dan Dekorasi Meja Makan

Pemilihan Seprai dan Dekorasi Meja Makan
Pemilihan Seprai dan Dekorasi Meja Makan

Pemilihan Seprai dan Dekorasi Meja Makan
Pemilihan Seprai dan Dekorasi Meja Makan

Apa yang harus diperhatikan?
Seprai dan dekorasi meja makan sering disebut dengan linen namun pada kenyataannya kain yang paling cocok adalah katun atau bahan kain apa saja yang tahan dicuci dan disetrika berkali-kali. Ada beberapa bahan yang akan mengerut jika dicuci pertama kali maka sebelum membuat seprai dan dekorasi meje ada baiknya dicuci terlebih dahulu. Bahan pakaian, kemeja, atau bahan polister katun juga dapat digunakan menjadi taplak meja dan juga serbet.
Kain apa yang seharusnya digunakan?
·         Dapat membeli bahan seprai per meter (yard) dari katun ataupun polister katun dengan lebar yang lebih besar dari biasanya. Sehingga tidak perlu repot untuk membuat kelim seprai atau duvet baik untuk tempat tidur single maupun double.
·         Kain katun menjadi pilihan kedua. Walaupun katun mutunya sangat bagus dan juga kuat kain jenis ini harus selalu disetrika seperti halnya linen.
·         Campuran katun/seintetik memiliki kualitas yang mirup dengan katun tapi lebih mudah diurus sebab hanya perlu disetrika sedikit saja atau malah tidak perlu disetrika sekalipun.
·         Kain yang sepenuhnya sintetik sangat cepat dicuci dan juga dikeringkan namun akan menjadi sangat licin dan cenderung menghasilkan listrik static. Kain sintetik tidak menyerap cairan sehingga tidur di musim kemarau di atas seprai ini akan terasa sangat panas dan juga tidak nyaman.
·          Warna tradisional seprai dan dekorasi meja makan adalah putih dengan alasan putih merupakan kain yang paling tahan dicuci dan disetrika berulang-ulang, terutama taplak meja yang sering kali disetrika berulang-ulang. Linen putih murni yang terawat baik terkesan sangat berkelas. Tetapi harus membersikan dan mengkanji potongan-potongan kecil linen yang menghiasi meja/ tempat tidur.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pemilihan Seprai dan Dekorasi Meja Makan

0 comments: