Monday, March 2, 2015

Megahnya Arsitektur Hindu Budha



Megahnya Arsitektur Hindu Budha
Arsitektur asia terutama arsitektur Indonesia  merupakan salah satu sistem arsitektur terbesar di dunia salah satu contohnya adalah arsitektur Hindu Budha. Benua asia merupakan sebuah benua yang sangat besar dengan ekspresi arsitektur yang kaya dan perpaduan yang mempesona antara budaya dan gaya hidup. Tempat berkembangnya unsure-unsur kuno dan modern ditambah dengan unsure-unsur Asia itu sendiri dan non-Asia yang telah bercampur selama berabad-abad. Wilayah yang paling signifikan untuk membangun arsitektur dengan unsure-unsur perpaduan tersebut adalah Indonesia. Sebab Indonesia memiliki lokasi dan keterbukaannya sebagai sebuah Negara kepulauan dan juga telah lama menjadi tempat pertukaran dan persilangan antara berbagai budaya dan peradaban.
 
Arsitektur Hindu Budha
Arsitektur Hindu Budha

Arsitektur Hindu Budha
Arsitektur Hindu Budha

Arsitektur Hindu Budha
Arsitektur Hindu Budha

Arsitektur Hindu Budha
Arsitektur Hindu Budha

Arsitektur Hindu Budha
Arsitektur Hindu Budha





Arsitektur Hindu Budha
Tradisi aksitektur ini dalam kesejarahan diasosiasikan dengan ekspansi besar kultur Hindu-Budha hingga ke Asia Tenggara yang terjadi antara abad ke-2 SM hingga abad ke-15 M. warisan arsitektur Hindu Budha ini dicontohkan oleh berates bangunan monumental yang terbuat dari batu alam dan batu bata dengan berbagai ukuran yang dapat ditemukan di bagian barat Indonesia seperti Jawa dan bagian Indonesia timur. Sebagian besar bangunan ini biasanya digunakan sebagai tempat ritual, upacara, pemerintahan dan juga hunian. Karena peradaban tinggi yang diepresiasikan dengan warisan arsitektur ini, kadang peradaban itu disebut pula sebagai era arsitektur klasik Indonesia.

Fitur utama tradisi arsitektur Hindu Budha ini dikenal sebagai candi. Dari luar candi akan tampak sebagai struktur seperti menara yang menjulang tinggi dan juga rumit yang terbuat dari batu alam dan berdiri di atas umpak batu. Atapnya biasanya berbentuk piramida dan juga kaya oleh ornament. Di ruang candi merupakan ruang berdinding batu dan dicapai dengan bukaan seperti pintu yang sempit dan hampir semua ruangan berisi patung dewa. 

Dalam ukuran yang paling besar dan megah serta terperinci arsitektur Hindu Budha terdapat di Jawa yang diwakili oleh stupa Borobudur dan Candi Lara Jonggrang, yang terletak di Muntilan juga Prambanan di Jawa Tengah. Kedua bangunan yang mengagumkan ini dipahami sebagai representasi Gunung Meru yaitu tempat bersemayamnya dewa dan dewi dalam mitologi Hindu Budha. Ruang dan juga ceruk dinding yang terdapat diberbagai tingkatan bangunan ini berisi patung berbagai dewa yang dipandang sebagai replica gua-gua dipinggiran Gunung Meru tempat dewa dan dewi tersebut mimilih untuk bersemayam. 

Pemeran utama terjadinya penyebaran arsitektur Hindu Budha dan perkembangannya di Asia Tenggara adalah adanya organisasi heirarkis yang terpusat dari kerajaan dan kekaisaran yang muncul selama periode itu beberapa tempat di Indonesia susul menyusul dalam dominasi politik. Yang paling dikenal dan secara structural paling penting dalam mencapai dominasi politik adalah Kerajaan Sriwijaya yang berpusat secara politis di kota Palembang.  

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Megahnya Arsitektur Hindu Budha

0 comments: