--> Langkah Mudah Membuat Gorden Berpita | Desain Interior Eksterior

Wednesday, April 22, 2015

Langkah Mudah Membuat Gorden Berpita

| Wednesday, April 22, 2015
Langkah Mudah Membuat Gorden Berpita
Gorden berpita salah satu soft furnishing yang berupa gorden yang dapat ditemui di setiap rumah-rumah di seluruh dunia. Sungguh bahagia tinggal disebuah rumah yang merupakan milik pribadi yang nanti akhirnya bisa menciptakan rumah yang selalu didambakan. Kain dan dekorasi mempunyai pengaruh besar tapi keduanya sulit untuk diterapkan di rumah-rumah modern dan biaya serta perawatannya harus sepadan. Jika anggaran sedikit sebisa mungkin jangan membuat kesalahan dalam menciptakan kenyamanan rumah dengan menggunakan soft furnishing. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengerti bagaimana soft furnishing yang akan membantu dalam mengembangkan gaya dokorasi pribadi sendiri pada rumah yang selama ini diidamkan. Salah satu dekorasi gorden yang sering dilakukan adalah membuat gorden berpita. Bahan yang diperlukan untuk membuat gorden ini adalah perlengkapan dasar menjahit, bahan kain gorden, kain untuk membuat pita dan kerahnya, dan benang jahit yang sesuai.


Langkah Mudah Membuat Gorden Berpita
Langkah Mudah Membuat Gorden Berpita

Langkah Mudah Membuat Gorden Berpita
Langkah Mudah Membuat Gorden Berpita

Langkah Mudah Membuat Gorden Berpita
Langkah Mudah Membuat Gorden Berpita

Mempersiapkan bahan kain
Potong-potong kain untuk gorden, ingat untuk menyisakan bagian untuk kampuh dan lipatan. Jika gorden lebih dari satu potong, satukan potongan-potongan tersebut dengan kelim polos sederhana dan setrika hingga terbuka. Setrikalah kampuh ganda di bagian luar sisi panjang dengan lebar kira-kira 4cm kemudian jahit dengan mesin.
Membuat pita
Buatlah pita dengan jumlah yang cukup untuk ditempatkan di sepanjang bagian atas gorden. Pita-pita tersebut harus ditempatkan dengan interval 15cm dan siapkan dua helai pita pada setiap titik. Untuk membuat setiap pita potong satu strip kain berukuran 40x10cm. Lipat panjangnya menjadi dua dan setrika, kemudian lipat tepi-tepi asli kain ke bagian tengah dan setrika lagi. Jahit di sepanjang ujung yang terbuka.
Memasang pita
Sematkan pasangan-pasangan pita di sepanjang gorden mengarah ke bawah. Pastikan ada satu pasang pita-pita di masing-masing ujung. Pasang pita-pita itu untuk sementara dengan beberapa tusuk jelujur besar dan lepaskan jarum pentulnya. 
Membuat karah
·         Langkah pertama, potonglah satu strip kain selebar 8cm dan sepanjang bagian atas gorden ditambah 4cm ekstra (mungkin perlu manggabungkan beberapa strip). Lipat salah satu ujung panjangnya selebar 1cm kearah belakang lalu setrika.
·         Dengan bagian kain sebelah luar disatukan dengan tepi-tepi asli kain, sematkan kearah di sepanjang bagian atas gorden, menutupi pita-pita dan menyisakan sedikit bagian untuk dilipat pada kedua ujungnya. Jahit di sepanjang lapisan itu pada jarak 2cm dari bagian atas gorden.
·         Singkirkan jarum pentul dan tusuk jelujur, lipat kerah ke arah bagian dalam kain gorden dan setrika sampai rata. Lipat sisi lebarnya ke sebelah belakang dan setrika. Jahit di sepanjang sisi lebar dan ujung lipatan bawah kerah agar kerah tidak bergesar.
Membuat kampuh gorden
Periksalah panjang akhir gorden. Lipat kain yang tersisa menjadi kampuh ganda dan jahit dengan mesin


Related Posts

No comments: