Sunday, April 26, 2015

Memperbarui Bantalan Kursi Lama

Memperbarui Bantalan Kursi Lama
Bantalan kursi merupakan salah satu soft furnishing yang sering digunakan terutama untuk perabot tempat duduk. Sungguh bahagia rasanya tinggal disebuah tempat yang merupakan milik sendiri yang pada akhirnya bisa menciptakan rumah yang selalu didambakan. Kain dan dekorasi mempunyai pengaruh yang besar tapi keduanya sulit untuk diterapkan di rumah-rumah moderndan biaya serta perawatannya harus sepadan. Jika anggaran sedikit sebisa mungkin jangan membuat kesalahan. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengerti bagaimana soft furnishing yang akan membantu mengembangkan gaya dokorasi pribadi sendiri. Salah satu yang soft furnishing yang sering digunakan dan dibuat sendiri adalah bantalan kursi. Sebenarnya memperbarui bantalan kursi merupakan hal yang cukup mudah.

Memperbarui Bantalan Kursi Lama
Memperbarui Bantalan Kursi Lama

Memperbarui Bantalan Kursi Lama
Memperbarui Bantalan Kursi Lama

Memperbarui Bantalan Kursi Lama
Memperbarui Bantalan Kursi Lama

Bantalan tempat duduk menambah kenyamanan kursi makan yang terbuat dari kayu dan juga sangat berguna untuk kursi dapur yang memiliki fungsi ganda yang digunakan sehari-hari atau makan malam yang lebih formal. Membuat bantalan kursi juga merupakan kesempatan untuk mengintroduksi warna serta corak pada suatu ruangan, namun jika bantalan kursi telah usnag ada baiknya menggnti dengan yang baru. Untuk memperbarui bantalan kursi memerlupakan bahan seperi perlengkapan dasar menjahit, dempul kayu, gunting, paku kecil sepanjang 10mm atau staples dan staple gun, dan kain penutup. Ketika melepaskan bantalan kursi yang rangka kakunya masih utuh dan jejaring serta isi bantalan masih bagus, hal tersebut akan mempermudah pemasangan sarung baru yang atraktif.
Menyiapkan bantalan kursi
Tugas pertama adalah melepaskan penutup yang lama dengan cara mencongkel kepala-kepala paku penahannya dengan obeng secara hati-hati. Atau dengan tang untuk melepaskan straples. Dempul lubang-lubang di kayu dan biarkan mengering. Paku atau staples baru akan terpasang dengan kokoh.
Memasang sarung baru
Langkah pertama, potonglah kain persegi kasar yang kelilingnya lebih besar 10cm dari bantalan kursi. Jika kain bercorak berhati-hati agar coraknya tidak miring. Langkah kedua, tarik kain sekuat mungkin lalu pasangkan paku atau staples ke dalam rangka bantalan. Tempatkan satu paku atau staples terlebih dahulu di bagian tengah masing-masing di keempat sudut. Langkah ketiga, pasang paku atau staples satu persatu disetiap sisi secara bergantian sampai mencapai sudut-sudut bantalan. Jarak tiap paku kira-kira 2cm sementara staples sedikit lebih berdekatan.

Langkah keempat, tarik kain agar merenggang pada titik-titik sudut dan pasang dengan paku atau staples. Lipat kain pada sudut sisi paku menjadi sebuah lipit dan pakukan satu staples ke bantalan. Langkah lima, paeriksalah apakah kain sudah terpasang dengan mulus dan rapi kemudian buang sisa kain yang dekat dengan paku atau staples di sekeliling bantalan. Pasang kembali bantalan ke kursi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Memperbarui Bantalan Kursi Lama

0 comments: