--> Membuat Sarung Bantal Sederhana | Desain Interior Eksterior

Sunday, April 26, 2015

Membuat Sarung Bantal Sederhana

| Sunday, April 26, 2015
Membuat Sarung Bantal Sederhana
Sarung bantal merupakan salah satu soft furnishing yang mendasar dan sederhana. Sungguh bahagia rasanya tinggal disebuah tempat yang merupakan milik sendiri yang pada akhirnya bisa menciptakan rumah yang selalu didambakan. Kain dan dekorasi mempunyai pengaruh yang besar tapi keduanya sulit untuk diterapkan di rumah-rumah moderndan biaya serta perawatannya harus sepadan. Jika anggaran sedikit sebisa mungkin jangan membuat kesalahan. Oleh karena itu mengenali kain yang cocok dan yang tidak cocok sangtalah penting peranannya.
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengerti bagaimana soft furnishing yang akan membantu mengembangkan gaya dokorasi pribadi sendiri. Langkah kedua adalah meninjau jenis-jenis kain yang sesuai dengan gaya rumah sederhana. Salah satu yang soft furnishing kain yang sering digunakan adalah sarung bantal. Sebenarnya membuat sarung bantal tergolong cukup mudah.
Untuk membuat sarung bantal polos sangatlah mudah, sebab sarung bantal polos biasanya hanya mempunyai kantong di bagian dalam bukaan untuk tempat bantal. Seperti duvet (comforter) cover, sarung bantal pun memakai kelim Prancis sehingga bagian tepi aslinya tidak terburai akibat pencucian dan penyetrikaan yang berulang-ulang. Bantal tersedia dalam berbagai macam isi sehingga mempengaruhi harga (bantal yang mahal lebih lama bentuknya). Jika bantal terkulai lemas ketika dipegang di bagian tengah artinya bantal itu sudah sangat tua dan terlalu lembek.
Sarung bantal melindungi isi bantal terutama jika bantal berisi bulu yang tidak dapat dicuci. Isi bahan polister memiliki keuntungan seperti tidak menimbulkan alergi, harganya lebih murah daripada bulu, dan dapat dicuci. Hanya bahan polister terbaiklah yang terasa sama lembutnya dengan isi bahan alami.
Membuat Sarung Bantal Sederhana
Membuat Sarung Bantal Sederhana

Membuat Sarung Bantal Sederhana
Membuat Sarung Bantal Sederhana

Membuat Sarung Bantal Sederhana
Membuat Sarung Bantal Sederhana

Membuat sarung bantal
Perlengkapan yang diperlukan adalah perlengkapan dasar menjahit, kain, dan benang jahit sesuai warna. Langkah pertama membuat sarung bantal adalah buatlah kampuh sempit di sepanjang salah satu sisi pendek, selebar 5mm pada lipatan pertama, diikuti oleh lipatan kedua yang sama lebarnya. Jahit dengan mesin. Langkah kedua, buat kampuh lebar di sepanjang sisi pendek yang bersebrangan dengan lipatan pertama selebar 5mm diikuti oleh lipatan kedua selebar 5cm lalu jahit dengan mesin.

Langkah ketiga, satukan bagian-bagian kain yang buruk lalu lipat ujung berkampuh sempit membentuk suatu lipatan selebar 15cm dan lipat ujung berkempuh lebar agar bertemu dengan lipatan yang pertama. Jahit sisi panjang sarung bantal sisakan kain selebar 5mm untuk kelim. Langkah keempat, balikkan bagian dalam sarung bantal ke luar, dan selesaikan kelim-kelim Prancis dengan cara menjahit 5mm dari tepi di sepanjang sisi panjang sarung bantal. Langkah terakhir balikkan sarung bantal sehingga bagian yang bagus berada di luar kemudian setrika kelim-kelimnya.

Related Posts

No comments: