Sunday, April 26, 2015

Membuat Kanopi Sederhana

Membuat Kanopi Sederhana
Kanopi merupakan salah satu soft furnishing yang mendasar dan sederhana. Sungguh bahagia rasanya tinggal disebuah tempat yang merupakan milik sendiri yang pada akhirnya bisa menciptakan rumah yang selalu didambakan. Kain dan dekorasi mempunyai pengaruh yang besar tapi keduanya sulit untuk diterapkan di rumah-rumah moderndan biaya serta perawatannya harus sepadan. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengerti bagaimana soft furnishing yang akan membantu mengembangkan gaya dokorasi pribadi sendiri. Salah satu yang soft furnishing kain yang sering digunakan adalah kanopi.

Membuat Kanopi Sederhana
Membuat Kanopi Sederhana

Membuat Kanopi Sederhana
Membuat Kanopi Sederhana

Membuat Kanopi Sederhana
Membuat Kanopi Sederhana

Tempat tidur yang ditata biasa-biasa saja dapat menjadi titik fokus sebuah ruangan berkat tambahan kanopi. Walau terdengar cukup rumit, kanopi dapat dibuat dengan memasang tirai ataupun gorden ke dinding dan langit-langit di sekeliling tempat tidur. Satu lemabar kain dan ban pinggir cukup lebar untuk tempat tidur double. Kain tersebut harus jatuh nyaris ke lantai di belakang tempat tidur. Pilihlah kain yang bersisi ganda sebab kedua sisi kanopi akan terlihat.
Pembuatan kanopi
Untuk membuat kanopi diperlukan beberapa bahan, seperti perlengkapan dasar menjahit, satu atau dua lembar kain utam, kain kontras untuk ban pinggir bersisi ganda 15-20cm dilekatkan di kedua sisi panjang dan satu di sisi pendek. Dua batten yang lebih panjang kira-kira 10cm dari lebar total kanopi, tali atau rantai untuk menggantung kanopi. Baut untuk memasang kanopi di langit-langit.
Sebelum membuat kanopi sebaiknya membuta ban terlebih dulu. Caranya potong strip-strip kain selebar 34-44cm. Dengan menggunakan kelim polos, jahit strip-strip itu menjadi satu hingga memperoleh panjang yang sama dengan panjang kedua sisi ditambah satu pendek kanopi dan ditambah ekstra kira-kira 20cm untuk lipatan. Kedua bagian dalam kain disatukan, pertemukan tepi-tepi panjang strip ban pinggir itu sehingga terlipat menjadi dua.
Langkah pertama dalam membuat kanopi, potong 2 strip pinggir dengan panjang yang sama dengan masing-masing panjang sisi kanopi. Jahitlah ke kanopi dengan menyatukan bagian kain yang baik dan menyisakan 2cm untuk kelim. Kedua, tekan strip menjauh dari bawah kain utama, lipat 2cm di bawah tepi asli kain yang tersisa dan jahitkan ke bawah dalam kain utama dengan tangan. Ketiga, potong satu strip dengan panjang lebih dari 4cm dari sisi pendek kanopi, jahit ke bahan kain utama dengan menyisakan overlap setiap 2cm di setiap ujung. keempat, tekan dan lipat ban pinggir ke arah bagian dalam kain, lipat ke bawah tepi asli kain dan lipat kain di ujung-ujung agar tetap kelihatan rapi. Jahit dengan tangan di sepanjang tepian ban pinggir, kemudian balikan dan buat kampuh ganda kecil dengan mesin untuk merapikan ujung pendek yang tersisa.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Membuat Kanopi Sederhana

0 comments: