Sunday, April 26, 2015

Membuat Guling Berpita Cantik

Membuat Guling Berpita Cantik
Guling berpita merupakan soft furnishing yang sering digunakan terutama untuk perabot seperti tempat duduk. Sungguh bahagia rasanya tinggal disebuah tempat yang merupakan milik sendiri yang pada akhirnya bisa menciptakan rumah yang selalu didambakan. Kain dan dekorasi mempunyai pengaruh yang besar tapi keduanya sulit untuk diterapkan di rumah-rumah moderndan biaya serta perawatannya harus sepadan. Jika anggaran sedikit sebisa mungkin jangan membuat kesalahan. Oleh karena itu mengenali kain yang cocok dan yang tidak cocok sangtalah penting peranannya.
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengerti bagaimana soft furnishing yang akan membantu mengembangkan gaya dokorasi pribadi sendiri. Langkah kedua adalah meninjau jenis-jenis kain yang sesuai dengan gaya rumah sederhana. Salah satu yang soft furnishing yang sering digunakan dan dibuat sendiri adalah guling perpita. Dan sebenarnya membuat duvet (comforter) cover terbilang cukup mudah bahkan sangat mudah.

Membuat Guling Berpita Cantik
Membuat Guling Berpita Cantik

Membuat Guling Berpita Cantik
Membuat Guling Berpita Cantik

Guling adalah bantal dengan bentuk yang panjang dan silindris, biasanya ditempatkan di atas tempat tidur sebagai tambahan bantal biasa. Guling kecil dengan bentuk dan gaya kontras, menjadi pelengkap yang atraktif bagi setumpuk bantal hias yang ditaruh di atas bangku atau sofa. Membuat penutup yang ukurannya pas dengan guling merupakan pekerjaan menantang karena bentuknya, namun membuat sarung berpita ini sangat mudah dibuat. Kain yang ringan atau sedang adalah bahan yang paling cocok untuk membuat simpul tampil elegan di setiap ujung sarung. Bahan yang diperlukan dalam pembuatan guling berpita adalah perlengkapan dasar menjahit, bantalan guling kecil, kain penutup dan benang dengan warna yang sesuai.
Melakukan pengukuran
Ukuran panjang dan keliling guling. Memerlukan kain berbentuk persegi panjang, lebarnya harus sama dengan keliling guling, ditambah 6cm dan panjnagnya harus sama dengan panjang guling, ditambah kira-kira 60 cm.
Membuat sarung guling
Pertama, balikkan kain agar bagian buruknya menghadap ke atas dan buatlah kampuh ganda sempit selebar kira-kira 1cm di sisi-sisi pendek, lalu jahit. Kedua, lipat kain menjadi dua pada sisi panjangnya dengan menyatukan bagian-bagian kain sebelah luar. Sematkan dan jahit kelim di sepanjang sisi panjang dengan menyisakan 2cm untuk kelim. Ketiga, setrika kelim sampai rata dan balikkan kain agar bagian luar berada di luar. Keempat, sisipkan bantalan guling ke dalam tabung kain yang telah dibuat, dan buat simpul tunggal pada masing-masing ujung agar guling tersebut tidak bergeser-geser.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Membuat Guling Berpita Cantik

0 comments: