--> Membuat Duvet (Comforter) Cover Indah | Desain Interior Eksterior

Sunday, April 26, 2015

Membuat Duvet (Comforter) Cover Indah

| Sunday, April 26, 2015
Membuat Duvet (Comforter) Cover Indah
Duvet (comforter) cover merupakan salah satu soft furnishing yang mendasar dan sederhana. Sungguh bahagia rasanya tinggal disebuah tempat yang merupakan milik sendiri yang pada akhirnya bisa menciptakan rumah yang selalu didambakan. Kain dan dekorasi mempunyai pengaruh yang besar tapi keduanya sulit untuk diterapkan di rumah-rumah moderndan biaya serta perawatannya harus sepadan. Jika anggaran sedikit sebisa mungkin jangan membuat kesalahan. Oleh karena itu mengenali kain yang cocok dan yang tidak cocok sangtalah penting peranannya.
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengerti bagaimana soft furnishing yang akan membantu mengembangkan gaya dokorasi pribadi sendiri. Langkah kedua adalah meninjau jenis-jenis kain yang sesuai dengan gaya rumah sederhana. Salah satu yang soft furnishing kain yang sering digunakan adalah duvet (comforter) cover. Sebenarnya membuat duvet (comforter) cover sangatlah mudah.

Membuat Duvet (Comforter) Cover Indah
Membuat Duvet (Comforter) Cover Indah

Membuat Duvet (Comforter) Cover Indah
Membuat Duvet (Comforter) Cover Indah

Membuat Duvet (Comforter) Cover Indah
Membuat Duvet (Comforter) Cover Indah

Merapikan tempat tidur tradisional dengan berlapis-lapis selimut yang berat supaya terlihat bagus dan rapi memang sangat menyita waktu. Sebaliknya duvet (comforter) cover yang hangat dan juga ringan membuat tempat tidur bisa dibereskan dalam beberapa detik saja. Pilihlah duvet yang setidaknya lebih lebar 45 cm dari tempat tidur.
Duvet (comforter) cover hanyalah sebuah kantong besar yang terbuat dari dua potong kain persegi panjang dengan bukaan di sepanjang salah satu sisi pendeknya, yang dikatupkan dengan menggunakan pita, Velcro, atau kancing jepret yang terpasang di ban. Jika menggunakan kain yang lebih sempit dari cover tempatkan saja potongan kain utama di tengah dan gabungkan potongan-potongan lain di kedua sisinya. Jika harus menggabung-gabungkan kain cobalah membuat kelim yang tidak kentara atau jadikan kelim di bagian tertentu seperti menjahit renda di bagian ujung-ujungnya.
Membuat duvet (comforter) cover
Bahan yang diperlukan untuk membuat duvet (comforter) cover adalah perlengkapan dasar menjahit, kain, pengikat berupa pita berwarna yang tahan cuci dengan jumlah yang cukup kemudian potong 25 cm kemudian dipasang saling berjarak kira-kira 15 cm di sepanjang sisi pendek cover, terakhir benang jahit sesuai warna.
Langkah pertama dalam pembuatan duvet (comforter) cover adalah potong-potong kain sesuai ukuran. Langkah kedua, lipat kain menjadi dua dengan bagian kain yang bagus di luar dan sisi-sisi pendek disatukan. Jahit setiap sisi panjang, sisakan bagian selebar 1 cm untuk kelim. Balikan sisi dalam cover ke luar dan jahit lagi dengan jarak 1 cm dari tepi di sepanjang bagian pinggir agar terbentuk kelim Prancis.
Langkah ketiga, buat kampuh ganda di sekeliling bukaan, 5mm dari tepi untuk lipatan pertama dan 1,5cm untuk lipatan kedua. Langkah keempat, sematkan pita-pita di sepanjang kampuh dengan jarak teratur, jahit pita ke kampuh dengan mesin agar tidak bergeser-geser.


Related Posts

No comments: