Sunday, April 26, 2015

Membuat Bantal Hias Indah Beritsleting

Membuat Bantal Hias Indah Beritsleting
Bantal hias beritsleting merupakan salah satu soft furnishing yang sering digunakan terutama untuk perabot tempat duduk. Sungguh bahagia rasanya tinggal disebuah tempat yang merupakan milik sendiri yang pada akhirnya bisa menciptakan rumah yang selalu didambakan. Kain dan dekorasi mempunyai pengaruh yang besar tapi keduanya sulit untuk diterapkan di rumah-rumah moderndan biaya serta perawatannya harus sepadan. Jika anggaran sedikit sebisa mungkin jangan membuat kesalahan. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengerti bagaimana soft furnishing yang akan membantu mengembangkan gaya dokorasi pribadi sendiri. Salah satu yang soft furnishing yang sering digunakan dan dibuat sendiri adalah bantal hias beritsling. Sebenarnya membuat bantal hias beritsleting sangatlah mudah.

Membuat Bantal Hias Indah Beritsleting
Membuat Bantal Hias Indah Beritsleting

Membuat Bantal Hias Indah Beritsleting
Membuat Bantal Hias Indah Beritsleting

Membuat Bantal Hias Indah Beritsleting
Membuat Bantal Hias Indah Beritsleting

Bantal hias beritsleting adalah bantal hias yang sarungnya bisa dilepas dan dicuci. Teknik yang sama bisa diterapkan untuk ukuran apa saja. Sarung dekoratif bantal has dibuat dari kain apa saja, sedangkan bantal lantai memerlukan kain pelapis perabot yang kuat. Untuk bantal hias yang berfungsi sebagai hiasan semata, risleting pakaian nilon atau polyester ringan sudah cukup. Bantal lantai memerlukan risleting yang lebih kuat seperti yang dijual untuk mantel.
Melakukan pengukuran
Untuk bantal hias persegi ukurlah lebar bantalan. Memerlukan dua potong kain persegi dengan ukuran itu, ditambah 2cm di sekelilingnya untuk kelim.
Membuat sarung bantal berisleting
Pertama, letakkan kedua potong kain dengan bagian yang baik saling berhadapan. Di salah satu sisi, semat dan jahit sepanjang bagian yang disisakan untuk kelim sepanjang 5cm dari masing-masing sudut. Kedua, setrika kelim-kelim pendek itu agar rata lalu setrika bagian kelim ke alah kain bagian dalam di sepanjang bukaan antara kedua kelim yang telah dijahit. Ketiga, letakkan ritsleting dengan bagian dengan menghadap ke atas dan letakkan sarung bantal di atasnya sedemikian rupa. Tempatkan risleting di tengah di tengah dengan bagian dalam kain menghadap ke risleting dan bukaan kelim berada di atas gigi resleting. Jelujur risleting agar melekat melekat ditempatnya.
Keempat, pada bagian kain yang baik jahitlah kedua sisi risleting dan sepanjang ujung atas dan bawahnya menggunakan zipper foot mesin atau sedekat mungkin dengan gigi risleting jika menggunakan sepatu mesin biasa. Kelima, buang jelujur dan buka risleting. Dengan kedua bagian luar kain saling berhadapan, lipat salah satu sisi sarung bantal di atas sisi satunya lagi, lalu semat dan jahit ketiga tepi asli kain. Potong sudut-sudutnya secara diagonal agar mudah dibalikkan. Keenam, balikkan sarung bantal agar bagian luarnya berada di luar dan setrika kelim agar rata. Gunakan jarum pentul untuk menarik keluar sudut-sudut. Sisipkan bantalan ke dalam sarung dan tutup risleting.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Membuat Bantal Hias Indah Beritsleting

0 comments: