Wednesday, April 22, 2015

Membuat Gorden Bertab Sederhana

Membuat Gorden Bertab Sederhana
Gorden bertab salah satu soft furnishing yang berupa gorden yang dapat ditemui di setiap rumah-rumah di seluruh dunia. Sungguh bahagia tinggal disebuah rumah yang merupakan milik pribadi yang nanti akhirnya bisa menciptakan rumah yang selalu didambakan. Kain dan dekorasi mempunyai pengaruh besar tapi keduanya sulit untuk diterapkan di rumah-rumah modern dan biaya serta perawatannya harus sepadan. Salah satu dekorasi gorden untuk soft furnishing yang sering dilakukan adalah membuat gorden bertab. Bahan yang diperlukan untuk membuat gorden ini adalah perlengkapan dasar menjahit, bahan kain untuk gorden, kain untuk membuat tab dan kerahnya, kain furing dan benang jahit yang sesuai.

Membuat Gorden Bertab Sederhana
Membuat Gorden Bertab Sederhana

Membuat Gorden Bertab Sederhana
Membuat Gorden Bertab Sederhana

Membuat Gorden Bertab Sederhana
Membuat Gorden Bertab Sederhana


Mempersiapkan bahan kain
Potong-potong kain untuk gorden dan ingat untuk menyisakan bagian kampuh dan lipatan. Satukan potongan-potongan kain dengan kelim polos sederhana dan setrika hingga terbuka.
Membuat furing
Potong furing dengan pajang yang sama dengan ukuran akhir gorden dan juga dengan lebar yang sama kurangi 10cm (jahit potongan-potongan furing bila perlu). Jahit kampuh ganda dengan cara 2,5cm  kain ke sebelah belakang di sepanjang ujung bawah dan menyetrikanya, kemudian lipat lagi selembar 2,5cm lalu jahit dengan mesin.
Memasang furing
Tempat furing di atas kain gorden bagian-bagian kain yang baik saling berhadapan sehingga ujung-ujung atas dan kana keduanya sejajar. Jahit sepanjang sisi kiri kira-kira sepanjang 5cm ujung bawah furing dan buat kelim selebar 2cm. Atur ulang kedua kain sehingga ujung-ujang kananya sejajar, lalu jahit dengan cara yang sama. Balikkan keseluruhan bagian luar kain gorden ke arah luar dan setrika sehingga kain muka dalam lebar yang sama terlihat di kedua sisi.
Membuat tab
Tab-tab harus ditempatkan di sepanjang bagian atas gorden dengan interval 15cm. Untuk membuat tab gunakanlah dua potong kain yang masing-masing berukuran 36x14cm. Dengan bagian-bagian kain yang baik saling berhadapan, jahit kedua sisi panjang menjadi satu, dengan kelim selebar 1cm. Balikkan tab sebelah luar ke luar dan setrika.
Memasang tab
Lipat dua tab membentuk lengkungan dan tempatkan di bagian luar kain gorden dengan posisi menggantung ke bawah. Pastikan ada satu tab pada masing-masing ujung gorden. Sematkan tab, jelujur tab, singkirkan jarum pentul dan jahit pada jarak 1,5cm di bawah sisi atas gorden agar semua tab tidak bergeser.
Membuat kerah
·         Potonglah satu strip kain selebar 25cm dan sepanjang atas gorden tambah 4cm. Buat lipatan selebar 1cm pada salah satu sisi panjangnya, setrika dan jahit lipatan itu. Satukan bagian-bagian luar kain, sematkan tepi-tepu asli kain kerah sepanjnag bagian atas gorden agar penumpuk di atas tab, dan jahit keseluruhan lapisan itu dengan jarak 2cm dari bagian atas gorden.
·         Balikan kerah ke arah belakang gorden dan setrika. Lipat ujung-ujung kerah ke sebelah dalam dan jahit kapuh agar tidak bergeser.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Membuat Gorden Bertab Sederhana

0 comments: