Skip to main content

Memilih dan Mempertimbangkan Penutup Jendela

Memilih dan Mempertimbangkan Penutup Jendela
Penutup jendela baik berupa gorden ataupun blind merupakan salah satu soft furnishing yang paling sederhana ditemui di setiap rumah-rumah di seluruh dunia, sebab kedua bahan inilah yang mampu menyaring cahaya matahari yang masuk ke dalam suatu ruangan. Sungguh bahagia rasanya tinggal disebuah rumah yang merupakan milik pribadi yang nanti pada akhirnya bisa menciptakan rumah yang selalu didambakan. Kain dan dekorasi mempunyai pengaruh yang besar tapi keduanya sulit untuk diterapkan di rumah-rumah moderndan sebab biaya serta perawatannya harus sepadan. Jika anggaran sedikit sebisa mungkin jangan membuat kesalahan dalam menciptakan kenyamanan rumah dengan menggunakan soft furnishing. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengerti bagaimana soft furnishing yang akan membantu dalam mengembangkan gaya dokorasi pribadi sendiri pada rumah yang selama ini diidamkan.
Memilih dan Mempertimbangkan Penutup Jendela
Memilih dan Mempertimbangkan Penutup Jendela

Memilih dan Mempertimbangkan Penutup Jendela
Memilih dan Mempertimbangkan Penutup Jendela

Memilih dan Mempertimbangkan Penutup Jendela
Memilih dan Mempertimbangkan Penutup Jendela


Gorden merupakan salah satu penutup jendela yang banyak digunakan. Gorden merupakan bingkai tambahan bagi sebuah jendela dan untuk memasangnya maka harus mempertimbangkan bagaimana konteks dinding di sekitar jendela dan bukan hanya semata-mata tentang sang jendela. Gunakan ruang dinding sebalah atas dan juga di sekeliling jendela jika perlu agar dapat meningkatkan bentuk dan proporsi penutup jendela.
Pastikan ada cukup ruangan di dinding untuk menyingsingkan gorden, karena jika tidak gorden akan menghalangi sinar dari arah jendela. Jika hanya mempunyai ruang di salah satu sisi saja maka gorden tunggal yang dapat disingsingkan secara diagonal mungkin merupakan solusi yang cukup bagus. Jika tidak ada ruang di dinding untuk dapat menyingsingkan gorden maka lebih baik menggunakan blind saja.
Mencegah masalah
·         Periksa pipi, steker, dan sklar ketika memasang gorden, jika benda-benda tersebut menempel pada dinding maka sudah dapat dipastikan bahwa kabel listrik berada di dalamnya dan itu dapat mendatangkan bahaya ketika sedang melakukan pemasangan rel.
·         Radiator umumnya ditempatkan pada bawah jendela maka harus diputuskan akan menngunakan gorden panjang untuk menutupinya atau dengan gorden pendek, atau malah menggunakan kerai yang merupakan pilihan paling baik.
·         Blind sering menghalangi jendela berengsel atau jenis jendela sorong maka gorden lebih tepat untuk digunakan jendela semacam itu.
·         Hindari membuang tau merusak cirri arsitektur apapun yang ada dalam ruangan seperti cornice atau coving (hiasan gypsum) sewaktu memasang skema.
Pertimbangan-perimbangan lain
·         Gorden dapat membingkai pemandangan yang indah atau dapat menyamarkan pemandangan yang jelek. Untuk menjaga pandangan tak teralihkan dari ruangan gunakan warna-warna kuat dengan desain yang berani. Untuk dapat menikmati pemandangan luar yang mengagumkan bingkai jendela dengan warna tak mencolok.
·         Gorden pendek cocok digunakan untuk interior bergaya cottage atau rustic. Untuk gaya lain pasanglah gorden yang menjulur sampai lantai sebab gorden seperti itu lebih elegan.



Comments

Popular posts from this blog

Langkah Mudah Membuat Gorden Berpita

Langkah Mudah Membuat Gorden Berpita Gorden berpita salah satu soft furnishing yang berupa gorden yang dapat ditemui di setiap rumah-rumah di seluruh dunia. Sungguh bahagia tinggal disebuah rumah yang merupakan milik pribadi yang nanti akhirnya bisa menciptakan rumah yang selalu didambakan. Kain dan dekorasi mempunyai pengaruh besar tapi keduanya sulit untuk diterapkan di rumah-rumah modern dan biaya serta perawatannya harus sepadan. Jika anggaran sedikit sebisa mungkin jangan membuat kesalahan dalam menciptakan kenyamanan rumah dengan menggunakan soft furnishing. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengerti bagaimana soft furnishing yang akan membantu dalam mengembangkan gaya dokorasi pribadi sendiri pada rumah yang selama ini diidamkan. Salah satu dekorasi gorden yang sering dilakukan adalah membuat gorden berpita. Bahan yang diperlukan untuk membuat gorden ini adalah perlengkapan dasar menjahit, bahan kain gorden, kain untuk membuat pita dan kerahnya, dan benang jahit yang s…

Awal Mula Masa Perkembangan Arsitektur Pra Modern

Awal Mula Masa Perkembangan Arsitektur Pra Modern Arsitektur pra modern merupakan arsitektur awal dari perkembangan arsitektur Indonesia yang terjadi hingga sekarang. Asia merupakan sebuah benua yang sangat besar dengan ekspresi arsitektur yang kaya dan perpaduan yang mempesona antara budaya dan gaya hidup. Tempat berkembangnya unsure-unsur kuno dan modern ditambah dengan unsure-unsur Asia itu sendiri dan non-Asia yang telah bercampur selama berabad-abad. Wilayah yang paling signifikan untuk membangun arsitektur dengan unsure-unsur perpaduan tersebut adalah Indonesia. Sebab Indonesia memiliki lokasi dan keterbukaannya sebagai sebuah Negara kepulauan dan juga telah lama menjadi tempat pertukaran dan persilangan antara berbagai budaya dan peradaban. Perubahan arsitektur tersebut terwujud pada berbagai gaya dan bentuk arsitektur Indonesia dengan keragaman dan percampuran yang luar biasa sepanjang sejarah Indonesia. Bersama dengan itu, bentuk-bentuk dari arsitektur dan bentuk-bentuk tata ko…

Indah Warna Harmonis dan Kontras