Wednesday, April 22, 2015

Kamar Nyaman untuk Sang Buah Hati

Kamar Nyaman untuk Sang Buah Hati
Menata kamar bayi bisa jadi merupakan salah satu kegiatan paling menarik yang dapat dikerjakan oleh orangtua. Kehadiran si kecil di tengah-tengah keluarga selalu membawa kebahagiaa. Semua orangtua pasti ingin mempersiapkan segala kebutuhan sang bayi dengan sebaik-baiknya, mulai dari kamar, furniture, pakaian, dan segala perlengkapan untuk tidur. Dan hal yang paling diinginkan oleh orangtua adalah mempersiapkan kamar bayi mereka.
Berbekal dari cinta dan kasih sayang setiap orangtua pasti mempu mewujudkan kamar yang nyaman dan hangat untuk buah hati mereka. Setiap kamar bayi bisa tampil istimewa berkat sentuhan personal yang mendalam. Sering kali benda-benda memorabilia keluarga seperti boks turun-temurun atau koleksi masa kecil orangtua turut mempercantik kamar sang bayi. Biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan kamar yang cantik dan nyaman tidak harus besar. Yang paling penting adalah kehangatan, semangat, dan cinta kasih orangtua yang dengan sukacita mempersiapkannya.
Kamar Nyaman untuk Sang Buah Hati
Kamar Nyaman untuk Sang Buah Hati

Kamar Nyaman untuk Sang Buah Hati
Kamar Nyaman untuk Sang Buah Hati

Kamar Nyaman untuk Sang Buah Hati
Kamar Nyaman untuk Sang Buah Hati


Persiapan kamar sang buah hati
Pada dasarnya langkah-langkah untuk menyusun kamar bayi sama seperti menata ruang-ruang lain di dalam rumah. untuk lebih mudahnya tetapkan tema yang akan diterapkan pada kamar ini. Hal yang paling menyenangkan adalah dapat mempunyai kesempatan untuk menumpahkan segala kerativitas dari sisi kekanakanan ke dalam rancangan kamar yang akan diwujudkan untuk si kecil.
·         Laus ruangan. Umumnya kamar bayi tidak hanya berfungsi sebagai ruang tidur, namun juga dapat digunakan sebagai ruang perawatan. Kegiatan menyusui, mengganti popok dan pakaian, bermain bahkan memendikan bayi dapat dilakukan di sini. Supaya lebih nyaman pastikan ruang yang tersedia cukup untuk menampung beberapa kebutuhan seperti boks, changing table, lemari, serta tempat duduk untuk menyusui. Standar ruang untuk kamar tidur adalah sekitar 9 m2. Nantinya kamar ini dapat dijadikan kamar tidur anak sampai ia besar.

·         Letak ruangan. Pada bulan-bulan awal, bayi membutuhkan banyak perhatian ekstra. Setidaknya setiap dua hingga tiga jam sekali bayi perlu disusui, termasuk pada malam hari. Kondisi ini perlu dipertimbangkan saat menentukan letak kamar, yang terpenting orangtua terutama sang ibu harus merasa nyaman dengan pilihan tersebut. Sudut mungil kamar utama dapat dimanfaatkan. Pilihan ini memang sangat membantu sebab keadaan bayi mudah untuk dipantau. Agar lebih nyaman, usahakan agar kamar tersebut tetap dibagi menjadi dua zona yaitu zona orangtua dan sang bayi. Jika ruang tersebut terlalu sempit, fungsi gandakan tempat tidur sebagai tempat menyusui, mengganti popok, bahkan tempat meletakkan bak mandi. Kamar tersendiri juga dapat menjadi pelihan, idealnya kamar bayi di letakkan tak jauh dari kamar orangtua agar mudah dijangkau. Untuk letak yang bersebelahkan lebih baik hubungkan kedua kamar tersebut dengan connecting door untuk memudahkan akses. Atau dapat memasang baby monitor agar mudah mendeteksi kebutuhan dari jarak jauh.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kamar Nyaman untuk Sang Buah Hati

0 comments: