Skip to main content

Zaman Baru dengan Arsitektur Baru



Zaman Baru dengan Arsitektur Baru
Asal-usul arsitektur barat modern sulit ditentukan tetapi gaya tersebut berakar entah di mana di pertengahan abad kesembilan belas. Pameran besar di Crystal Palace di London (1851) lazim dipandang sebagai salah satu peristiwa yang merangsang sebuah perkembangan baru yang sangat penting dalam bidang arsitektur. Gedung pameran yang dirancang oleh Sir Joseph Paxton dibangun menggunakan besi dan kaca, dan juga terdiri dari unsure-unsur yang dirancang untuk prodiksi missal. Pameran tersebut memperoleh respon yang memuaskan dan memperoleh sukses besar. Sejumlah Negara di dunia menampilkan beragam produk mereka dan pengunjung dapat menyaksikan bermacam-macam benda yang dikumpulkan dari Asia bahkan hingga Afrika.
Penemuan ini mempengaruhi bermacam-macam seni termasuk arsitektur dan mengundang pembahasan serius tentang sikap yang diambil oleh para arsitek dunia barat yang berubah dengan cepat dan terindustrialisasi. Awal dari arsitektur barat modern ini barangkali di sekitar seperampat abad terakhir abad kesembilan belas. Salah satu arsitek pada masa ini adalah Berlage, selain sebagai arsitek ia juga seorang perancang kota (ia merancang perencanaan kota untuk Amsterdam Zuid) dan yang paling penting ia adalah seorang cendikiawan yang penuh hasrat untuk menyampaikan sebuah pesan. Pada tahun 1911, Berlage berkunjung ke Amerika Serikat terutama karena tertarik dengan karya-karya Louis Sullivian dan Frank Lloyd Wright. Pada tahun 1912 , ia menerbitkan sebuah studi tentang karya Wright, kontribusi pertama tentang dia yang memperkenalkan karya arsitektur barat modern di Belanda. 
Zaman Baru dengan Arsitektur Baru
Zaman Baru dengan Arsitektur Baru

Zaman Baru dengan Arsitektur Baru
Zaman Baru dengan Arsitektur Baru

Hubungan Belarge dengan Indonesia dimulai ketika ia merancang gedung kantor sebuah perusahaan asuransi di Surabaya, Jawa Timur pada tahun 1900 dan sebuah gedung lain di Batavia pada tahun 1913. Pada tahun 1923, Berlage akhirnya berkunjung sendiri ke Hindia Belanda dan mengadakan perjalanan ke seluruh Jawa, Bali, dan juga Sumatra. Kemudian sekembalinya ia dari Hindia Belanda ia menulis sebuah buku tentang arsitektur Hindia Belanda yang diberi judul Mijn Indische ries. Sumbangan Berlage untuk arsitektur Hindia Belanda adalah promosinya tentang arsitektur yang paling dasyat sebagaimana telah disaksikannya sendiri dan ia mengangkat arsitektur ini dari isolasi kolonialnya .
Di sekitar pergantian abad mustahil mengabaikan peran penting arsitek, planolog dan pelukis P. A. J. Moojen. Di tahun-tahun masa kerjanya ia mengeluarkan pernyataan bagus tetang kualitas arsitektur dan mengeritik penurunan mutu produk arsitektur sebagaimana yang terlihat olehnya. Ia menentang gaya Imperium sebagai tiruan tanpa roh atas Hellenisme yang sudah mati. Moojen sangat berkepentingan dalam pelestarian warisan arsitektur barat modern khususnya di wilayah Hindia Belanda.

Comments

Popular posts from this blog

Langkah Mudah Membuat Gorden Berpita

Langkah Mudah Membuat Gorden Berpita Gorden berpita salah satu soft furnishing yang berupa gorden yang dapat ditemui di setiap rumah-rumah di seluruh dunia. Sungguh bahagia tinggal disebuah rumah yang merupakan milik pribadi yang nanti akhirnya bisa menciptakan rumah yang selalu didambakan. Kain dan dekorasi mempunyai pengaruh besar tapi keduanya sulit untuk diterapkan di rumah-rumah modern dan biaya serta perawatannya harus sepadan. Jika anggaran sedikit sebisa mungkin jangan membuat kesalahan dalam menciptakan kenyamanan rumah dengan menggunakan soft furnishing. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengerti bagaimana soft furnishing yang akan membantu dalam mengembangkan gaya dokorasi pribadi sendiri pada rumah yang selama ini diidamkan. Salah satu dekorasi gorden yang sering dilakukan adalah membuat gorden berpita. Bahan yang diperlukan untuk membuat gorden ini adalah perlengkapan dasar menjahit, bahan kain gorden, kain untuk membuat pita dan kerahnya, dan benang jahit yang s…

Awal Mula Masa Perkembangan Arsitektur Pra Modern

Awal Mula Masa Perkembangan Arsitektur Pra Modern Arsitektur pra modern merupakan arsitektur awal dari perkembangan arsitektur Indonesia yang terjadi hingga sekarang. Asia merupakan sebuah benua yang sangat besar dengan ekspresi arsitektur yang kaya dan perpaduan yang mempesona antara budaya dan gaya hidup. Tempat berkembangnya unsure-unsur kuno dan modern ditambah dengan unsure-unsur Asia itu sendiri dan non-Asia yang telah bercampur selama berabad-abad. Wilayah yang paling signifikan untuk membangun arsitektur dengan unsure-unsur perpaduan tersebut adalah Indonesia. Sebab Indonesia memiliki lokasi dan keterbukaannya sebagai sebuah Negara kepulauan dan juga telah lama menjadi tempat pertukaran dan persilangan antara berbagai budaya dan peradaban. Perubahan arsitektur tersebut terwujud pada berbagai gaya dan bentuk arsitektur Indonesia dengan keragaman dan percampuran yang luar biasa sepanjang sejarah Indonesia. Bersama dengan itu, bentuk-bentuk dari arsitektur dan bentuk-bentuk tata ko…

Indah Warna Harmonis dan Kontras