Sunday, March 8, 2015

Karya Megah Bangunan Hindia Belanda



Karya Megah Bangunan Hindia Belanda
Bangunan  Hindia Belanda sangat  indah dan masih dapat disaksikan hingga sekarang. Benua asia merupakan sebuah benua yang sangat besar dengan ekspresi arsitektur yang kaya dan perpaduan yang mempesona antara budaya dan gaya hidup. Tempat berkembangnya unsure-unsur kuno dan modern ditambah dengan unsure-unsur Asia itu sendiri dan non-Asia yang telah bercampur selama berabad-abad. Wilayah yang paling signifikan untuk membangun arsitektur dengan unsure-unsur perpaduan tersebut adalah Indonesia. Sebab Indonesia memiliki lokasi dan keterbukaannya sebagai sebuah Negara kepulauan dan juga telah lama menjadi tempat pertukaran dan persilangan antara berbagai budaya dan peradaban.
Bangunan Hindia Belanda yang mengagumkan
Bangunan Hindia Belanda
Bangunan Hindia Belanda

Bangunan Hindia Belanda
Bangunan Hindia Belanda

Bangunan Hindia Belanda
Bangunan Hindia Belanda

Bangunan Hindia Belanda
Bangunan Hindia Belanda

Bangunan Hindia Belanda
Bangunan Hindia Belanda
Batavia dulu adalah ibu kota Hindia Belanda dan sekrang manjadi Jakarta, ibu kota Indonesia. Tidak lama setelah memasuki abad kedua puluh, P. A. J. Moojen yang merupakan salah satu pioneer arsitek swasta menetap di Batavia pada tahun 1903, karya arsitektur bangunan Hindia Belanda yang merupakan karya besarnya adalah gedung Kunstkring yang dibangun sejak 1914. Pada lantai dasar terdapat sebuah restoran dan pada lantai satu terdapat sebuah galeri seni. Gedung ini terletak di pintu masuk kawasan permukiman orang Eropa, Menteng. Gedung Kunstkring menampilkan sebuah konsep denah lantai yang bertalian dengan bentuk arsitektur modern seperti beton bertulang.

Arsitektur bangunan Hindia Belanda ini sangat luar biasa tidak hanya terkait dengan gaya tertentu melainkan menegaskan pernyataan Moojen mengenai inovasi dan meninggalkan kebuntuan eklektisisme. Ciri khas tampak depan bangunannya, dengan unsure menara dan pintu masuk yang dirancang dan diberi detail penuh perasaan. Menjadikan gedung ini sebuah monument arsitektur yang patut dilestarikan sekaligus menjadi landmark lingkungan perkotaan dan gerbang kawasan Menteng. Penggunaan interiornya menunjukan bahwa ia adalah  pelukis yang mempuni, menggunkan warna-warna kalsium (corak kuning oker dan biru abu) sebagai penghias dinding dan langit-langit.
Pada tahun 1916 F.J.L. Ghijsels seorang arsitek dari firma AIA merancang gedung kantor KPM (Koninklijke Paketvaart Maatschapij) yang merupakan bangunan Hindia Belanda di Batavia dan mengembangkan arsitektur modern yang diprakarsai oleh Moojen. Berlokasi di pusat kota Batavia ciri khas gedung KMP menjadi pusat perhatian pada masa itu. Pengaturan volume bagian depan yang simetris dan rincian yang halus dengan hiasan Art Deco dan motif-motif yang digabungkan member ciri khas dan gambaran kualitas yang luar biasa. Kemungkinan rancangan arsitekturnya berasal dari Amerika Selatan, meski arsitektur colonial Inggris di Malaysia juga menghasilkan gaya arsitektur yang sama.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Karya Megah Bangunan Hindia Belanda

0 comments: