Skip to main content

Pekerjaan Umum, Tentara Militer, dan Manerisme Arsitektur



Pekerjaan Umum, Tentara Militer, dan Manerisme Arsitektur
Insiyur-insiyur arsitektur di Hindia Belanda biasanya merupakan para insiyur militer setingkat dengan perwira. Benua asia merupakan sebuah benua yang sangat besar dengan ekspresi arsitektur yang kaya dan perpaduan yang mempesona antara budaya dan gaya hidup. Tempat berkembangnya unsure-unsur kuno dan modern ditambah dengan unsure-unsur Asia itu sendiri dan non-Asia yang telah bercampur selama berabad-abad. Wilayah yang paling signifikan untuk membangun arsitektur dengan unsure-unsur perpaduan tersebut adalah Indonesia. Sebab Indonesia memiliki lokasi dan keterbukaannya sebagai sebuah Negara kepulauan dan juga telah lama menjadi tempat pertukaran dan persilangan antara berbagai budaya dan peradaban.
Pada akhir tahun 1818 pemerintah membuat dua departemen yaitu Departemen Bangunan dan Transportasi Sipil dan Departemen Pekerjaan Umum yang langsung berada di bawah naungan Departemen Keuangan. Sebagai pejabat sipil yang mewakili pemerintah colonial, residen bertanggung jawab atas pekerjaan kontruksi di daerah masing-masing. Proyek penting apapun harus memperoleh persetujuan dari gubernur jendral dan hanya Batavia yang memiliki inspektur kepala sendiri yang profesional. 

 
Manerisme Arsitektur
Manerisme Arsitektur

Manerisme Arsitektur
Manerisme Arsitektur

Manerisme Arsitektur
Manerisme Arsitektur

Manerisme Arsitektur
Manerisme Arsitektur

Pada tahun 1827 pemerintah mengadakan reorganisasi yaitu dengan menyatukan Departemen Bangunan dan Transportasi Sipil dan Departemen Pekerjaan Umum dalam satu departemen yaitu Departemen Perairan dan Bangunan (Waterstaat an Landsgebouwen) dan pada tahun 1854 diubah namanya menjadi Burgerljke Openbare Werken atau BOW (Pekerjaan Umum Sipil). BOW pada dasarnya sebuah organisasi para insiyur sipil, yang bertanggung jawab atas pembangunan konstruksi jalan, jembatan, irigasi, dan sebagainya. Mereka juga dipercaya untuk merancang bangunan-bangunan umum dan rumah-rumah pejabat pemerintah. Para insiyur tidak secara khusus dilatih sebagai arsitek. Akibatnya hampir semua bangunan dibuat menggunakan gaya manerisme arsitektur dengan aplikasi makanik konvensi-konvensi klasik.
Insiyur-insiyur militer colonial juga termasuk kelompok ahli teknik yang dikaryakan sebagai arsitek. Insiyur-insiyur militer ini pada awalnya bertugas mengawasi pembangunan fasilitas-fasilitas militer namun seiring berjalannya waktu mereka juga ditugasi merancang barak-barak untuk pasukan dan rumah-rumah perwira. Dalam lingkungan sosial yang didominasi pejabat pemerintah serta tentara, arsitek sesungguhnya sebetulnya tidak ada baik di pemeritahan maupun swasta. Dalam dasawarsa abad ke-19 para perwira sering dilibatkan dalam konstruksi bangunan-bangunan umum dan sector swasta.
Contoh nyatanya gedung insiyur-insiyur militer adalah Gedung Pemerintahan (1809) di Waterlooplien (sekarang Lapangan Banteng) dirancang oleh Mayor J. C. Schultze yang juga merupakan arsitek gedung pertemuan De Harmonie (1809). Di Surabaya, Kapten J. P. Ermeling menjadi arsitek gedung pertemuan Concordia dan sebuah panti asuhan (1849). Sebuah contoh yang sangat mengagumkan adalah Wilemskerkdi Batavia (Geraja Emmanuel 1834). Rancangannya dibuat oleh juru seorang juru ukur tanah yang bekerja di departemen pekerjaan umum yaitu Jan Hendrik Horst yaitu seorang pegawai kelahiran Hindia Belanda.

Comments

Popular posts from this blog

Langkah Mudah Membuat Gorden Berpita

Langkah Mudah Membuat Gorden Berpita Gorden berpita salah satu soft furnishing yang berupa gorden yang dapat ditemui di setiap rumah-rumah di seluruh dunia. Sungguh bahagia tinggal disebuah rumah yang merupakan milik pribadi yang nanti akhirnya bisa menciptakan rumah yang selalu didambakan. Kain dan dekorasi mempunyai pengaruh besar tapi keduanya sulit untuk diterapkan di rumah-rumah modern dan biaya serta perawatannya harus sepadan. Jika anggaran sedikit sebisa mungkin jangan membuat kesalahan dalam menciptakan kenyamanan rumah dengan menggunakan soft furnishing. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengerti bagaimana soft furnishing yang akan membantu dalam mengembangkan gaya dokorasi pribadi sendiri pada rumah yang selama ini diidamkan. Salah satu dekorasi gorden yang sering dilakukan adalah membuat gorden berpita. Bahan yang diperlukan untuk membuat gorden ini adalah perlengkapan dasar menjahit, bahan kain gorden, kain untuk membuat pita dan kerahnya, dan benang jahit yang s…

Awal Mula Masa Perkembangan Arsitektur Pra Modern

Awal Mula Masa Perkembangan Arsitektur Pra Modern Arsitektur pra modern merupakan arsitektur awal dari perkembangan arsitektur Indonesia yang terjadi hingga sekarang. Asia merupakan sebuah benua yang sangat besar dengan ekspresi arsitektur yang kaya dan perpaduan yang mempesona antara budaya dan gaya hidup. Tempat berkembangnya unsure-unsur kuno dan modern ditambah dengan unsure-unsur Asia itu sendiri dan non-Asia yang telah bercampur selama berabad-abad. Wilayah yang paling signifikan untuk membangun arsitektur dengan unsure-unsur perpaduan tersebut adalah Indonesia. Sebab Indonesia memiliki lokasi dan keterbukaannya sebagai sebuah Negara kepulauan dan juga telah lama menjadi tempat pertukaran dan persilangan antara berbagai budaya dan peradaban. Perubahan arsitektur tersebut terwujud pada berbagai gaya dan bentuk arsitektur Indonesia dengan keragaman dan percampuran yang luar biasa sepanjang sejarah Indonesia. Bersama dengan itu, bentuk-bentuk dari arsitektur dan bentuk-bentuk tata ko…

Indah Warna Harmonis dan Kontras