Skip to main content

Keindahan Arsitektur Zaman Hindia Belanda



Keindahan Arsitektur Zaman Hindia Belanda
Karya arsitek zaman Hindia Belanda tidak main-main indahnya dan masih dapat disaksikan hingga sekarang. Benua asia merupakan sebuah benua yang sangat besar dengan ekspresi arsitektur yang kaya dan perpaduan yang mempesona antara budaya dan gaya hidup. Tempat berkembangnya unsure-unsur kuno dan modern ditambah dengan unsure-unsur Asia itu sendiri dan non-Asia yang telah bercampur selama berabad-abad. Wilayah yang paling signifikan untuk membangun arsitektur dengan unsure-unsur perpaduan tersebut adalah Indonesia. Sebab Indonesia memiliki lokasi dan keterbukaannya sebagai sebuah Negara kepulauan dan juga telah lama menjadi tempat pertukaran dan persilangan antara berbagai budaya dan peradaban.
Arsitek dan karya mereka
Sudah jelas para arsitek Eropa mendasarkan arsitektur kepada akar budaya barat seperi pembangunan di Belanda atau Eropa lainnya dan Amerika Serikat sambil memperhatikan juga perkembangan di koloni-koloni Inggris di dekat mereka. Pada permulaan abad pemerintah Hindi Belanda mangatur ulang dan mendirikan kantor arsitektur sendiri (1912). Para arsitek zaman Hindia Belanda yang bekerja di sana bertanggung jawab merancang bangunan public, sekolah, perumahan pegawai pemerintah dan sebagainya. Ternyata arsitek mulai mendirikan beberapa firma arsitektur sendiri dan mencapai keberhasilan. Para arsitek dari Eropa datang ke Hindia Belanda untuk bekerja di perusahaan-perusahaan ini. Melihat bangunan-bangunan di kota-kota masa kini seperti Bandung, Malang, atau Medan, tidak aka nada yang menyangka bahwa karya-karya para arsitek pada periode  akhir colonial memang dominan dan sangat penting tetapu tidak bisa dilupakan bahwa pada kota kota lebih tua jatidiri lingkaungan juga mengalami perubahan dan modernisasi yang mencolok.
Arsitektur Zaman Hindia Belanda
Arsitektur Zaman Hindia Belanda

Arsitektur Zaman Hindia Belanda
Arsitektur Zaman Hindia Belanda

Arsitektur Zaman Hindia Belanda
Arsitektur Zaman Hindia Belanda

Salah satu karya arsitek zaman Hindia Belanda di Bandung adalah gedung Jaarbeurs (Pusat Pekan Raya Perdagangan) pada tahun 1919 ileh C. P. Wolff Schoemaker. Gedung ini adalah proyek pertamanya sejak di Hindia Belanda setelah bertahun-tahun melakukan perjalanan berkeliling Amerika Serikat. Cara penanganan dan perincian bentuk luar Pusat Pekan Raya Perdagangan, simetri, komposisi, dan bentuk atapnya harus diakui bahwa karya yang hebat dan pada masa itu dianggap inovatif.
Di daerah Bandung Utara, salah satu karya arsitek zaman Hindu Belanda adalah kantor Departeman Pekerjaan Umum yang diarsiteki oleh J. Garber pada tahun 1920. Gedung itu kemudian disebut sebagai Gedung sate yang mengacu pada unsur vertical di puncak atap pintu masuk utama yang menyerupai sate. Bangunan ini menjadi landmark dan sengaja disesuaikan dengan iklim tropis Bandung Utara.

Comments

Popular posts from this blog

Langkah Mudah Membuat Gorden Berpita

Langkah Mudah Membuat Gorden Berpita Gorden berpita salah satu soft furnishing yang berupa gorden yang dapat ditemui di setiap rumah-rumah di seluruh dunia. Sungguh bahagia tinggal disebuah rumah yang merupakan milik pribadi yang nanti akhirnya bisa menciptakan rumah yang selalu didambakan. Kain dan dekorasi mempunyai pengaruh besar tapi keduanya sulit untuk diterapkan di rumah-rumah modern dan biaya serta perawatannya harus sepadan. Jika anggaran sedikit sebisa mungkin jangan membuat kesalahan dalam menciptakan kenyamanan rumah dengan menggunakan soft furnishing. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengerti bagaimana soft furnishing yang akan membantu dalam mengembangkan gaya dokorasi pribadi sendiri pada rumah yang selama ini diidamkan. Salah satu dekorasi gorden yang sering dilakukan adalah membuat gorden berpita. Bahan yang diperlukan untuk membuat gorden ini adalah perlengkapan dasar menjahit, bahan kain gorden, kain untuk membuat pita dan kerahnya, dan benang jahit yang s…

Awal Mula Masa Perkembangan Arsitektur Pra Modern

Awal Mula Masa Perkembangan Arsitektur Pra Modern Arsitektur pra modern merupakan arsitektur awal dari perkembangan arsitektur Indonesia yang terjadi hingga sekarang. Asia merupakan sebuah benua yang sangat besar dengan ekspresi arsitektur yang kaya dan perpaduan yang mempesona antara budaya dan gaya hidup. Tempat berkembangnya unsure-unsur kuno dan modern ditambah dengan unsure-unsur Asia itu sendiri dan non-Asia yang telah bercampur selama berabad-abad. Wilayah yang paling signifikan untuk membangun arsitektur dengan unsure-unsur perpaduan tersebut adalah Indonesia. Sebab Indonesia memiliki lokasi dan keterbukaannya sebagai sebuah Negara kepulauan dan juga telah lama menjadi tempat pertukaran dan persilangan antara berbagai budaya dan peradaban. Perubahan arsitektur tersebut terwujud pada berbagai gaya dan bentuk arsitektur Indonesia dengan keragaman dan percampuran yang luar biasa sepanjang sejarah Indonesia. Bersama dengan itu, bentuk-bentuk dari arsitektur dan bentuk-bentuk tata ko…

Indah Warna Harmonis dan Kontras