Skip to main content

Bantal Hias Instan

Bantal Hias Instan
Bantal hias merupakan salah satu soft furnishing yang sering digunakan terutama untuk perabot tempat duduk. Sungguh bahagia rasanya tinggal disebuah tempat yang merupakan milik sendiri yang pada akhirnya bisa menciptakan rumah yang selalu didambakan. Kain dan dekorasi mempunyai pengaruh yang besar tapi keduanya sulit untuk diterapkan di rumah-rumah moderndan biaya serta perawatannya harus sepadan. Jika anggaran sedikit sebisa mungkin jangan membuat kesalahan. Oleh karena itu mengenali kain yang cocok dan yang tidak cocok sangtalah penting peranannya.
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengerti bagaimana soft furnishing yang akan membantu mengembangkan gaya dokorasi pribadi sendiri. Langkah kedua adalah meninjau jenis-jenis kain yang sesuai dengan gaya rumah sederhana. Salah satu yang soft furnishing yang sering digunakan dan dibuat sendiri adalah bantal hias. Sebenarnya membuat bantal hias sangatlah mudah.
Bantal Hias
Bantal Hias

Bantal Hias
Bantal Hias

Bantal Hias
Bantal Hias

Bantal Hias
Bantal Hias

Bantal Hias
Bantal Hias

Bantal Hias
Bantal Hias


Bantal hias merupakan proyek menjahit yang tepat bagi seorang pemula. Bantal hias hanya membutuhkan sedikit kain dan langkah-langkahnya sangat mudah untuk dipahami. Untuk membuat bantal hias sederhana hanya memerlukan kain untuk bagian depan dan belakang serta metode untuk membuka dan menutup sarung tersebut. Sarung bantal yang dibuat sebaiknya sesuai dengan bantalan sehingga penutup sebelah luar bisa dilepas untuk dibersihkan. Bantalan yang paling baik adalah yang berisi bulu, tapi bantal murah yang isinya gumpalan akritik atau polister hampir sama baiknya. Untuk sarung bantal tidak memerlukan ritsleting atau kancing sehingga sangat mudah dibuat.
Melakukan pengukuran
Untuk sarung bantal berbentuk persegi ukurlah lebar bantalnya. Kemudian potong selembar kain yang tepat membungkus keseluruhan bantal, dengan bagian berlebihan yang bertumpang-tindih di bagian belakang. Lebar bahan harus sama dengan lebar bantalan ditambah 4cm untuk kelim dan panjang bantalan, ditambah 18cm untuk bagian tumpang tindihnya.
Membuat sarung bantal hias
Pertama, pada kedua sisi pendek, lipat 2cm kain kea rah bagian dalam kain lalu lipat lagi untuk membentuk kampuh ganda. Jahit sepanjang tepinya. Kedua, satukan kedua bagian kain sebelah luar, lipatlah bahan tersebut sehingga kedua sisi yang pendek salaing tumpang-tindih sepanjang 10cm. Bagian tumpang-tindih ini akan berada di tengah sebelah belakang sarung bantal yang sudah jadi.

Ketiga, sematkan tepi-tepi asli sarung bantal ke bagian atas dan bawah. Jahit di sepanjang tepian itu dengan menyisakan 2cm untuk kelim. Potong sudut-sudut secara diagonal agar lebh rapi ketika sarung dibalik ke luar. Terakhir, balikkan sarung bantal agar bagian luar kain berada di luar (gunakan jarum pentul untuk menarik sudut-sudut agar meruncing) dan setrika. Masukan bantal hias melalui lubang di bagian belakang sarung bantal.


Comments

Popular posts from this blog

Langkah Mudah Membuat Gorden Berpita

Langkah Mudah Membuat Gorden Berpita Gorden berpita salah satu soft furnishing yang berupa gorden yang dapat ditemui di setiap rumah-rumah di seluruh dunia. Sungguh bahagia tinggal disebuah rumah yang merupakan milik pribadi yang nanti akhirnya bisa menciptakan rumah yang selalu didambakan. Kain dan dekorasi mempunyai pengaruh besar tapi keduanya sulit untuk diterapkan di rumah-rumah modern dan biaya serta perawatannya harus sepadan. Jika anggaran sedikit sebisa mungkin jangan membuat kesalahan dalam menciptakan kenyamanan rumah dengan menggunakan soft furnishing. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengerti bagaimana soft furnishing yang akan membantu dalam mengembangkan gaya dokorasi pribadi sendiri pada rumah yang selama ini diidamkan. Salah satu dekorasi gorden yang sering dilakukan adalah membuat gorden berpita. Bahan yang diperlukan untuk membuat gorden ini adalah perlengkapan dasar menjahit, bahan kain gorden, kain untuk membuat pita dan kerahnya, dan benang jahit yang s…

Awal Mula Masa Perkembangan Arsitektur Pra Modern

Awal Mula Masa Perkembangan Arsitektur Pra Modern Arsitektur pra modern merupakan arsitektur awal dari perkembangan arsitektur Indonesia yang terjadi hingga sekarang. Asia merupakan sebuah benua yang sangat besar dengan ekspresi arsitektur yang kaya dan perpaduan yang mempesona antara budaya dan gaya hidup. Tempat berkembangnya unsure-unsur kuno dan modern ditambah dengan unsure-unsur Asia itu sendiri dan non-Asia yang telah bercampur selama berabad-abad. Wilayah yang paling signifikan untuk membangun arsitektur dengan unsure-unsur perpaduan tersebut adalah Indonesia. Sebab Indonesia memiliki lokasi dan keterbukaannya sebagai sebuah Negara kepulauan dan juga telah lama menjadi tempat pertukaran dan persilangan antara berbagai budaya dan peradaban. Perubahan arsitektur tersebut terwujud pada berbagai gaya dan bentuk arsitektur Indonesia dengan keragaman dan percampuran yang luar biasa sepanjang sejarah Indonesia. Bersama dengan itu, bentuk-bentuk dari arsitektur dan bentuk-bentuk tata ko…

Indah Warna Harmonis dan Kontras