Tuesday, March 10, 2015

Bed Cover Indah nan Sederhana

Bed Cover Indah nan Sederhana
Bed cover merupakan salah satu soft furnishing yang mendasar dan sederhana. Sungguh bahagia rasanya tinggal disebuah tempat yang merupakan milik sendiri yang pada akhirnya bisa menciptakan rumah yang selalu didambakan. Kain dan dekorasi mempunyai pengaruh yang besar tapi keduanya sulit untuk diterapkan di rumah-rumah moderndan biaya serta perawatannya harus sepadan. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengerti bagaimana soft furnishing yang akan membantu mengembangkan gaya dokorasi pribadi sendiri. Salah satu yang soft furnishing kain yang sering digunakan adalah bed cover.
Bed Cover
Bed Cover

Bed Cover
Bed Cover

Bed Cover
Bed Cover

Bed Cover
Bed Cover

Bed Cover
Bed Cover

Bed Cover
Bed Cover

Bed Cover
Bed Cover


Membuat pelapis memang tidaklah sulit, ada yang menutupi kesuluruhan tempat tidur, memanjang sampai ke lantai di bagian kaki dan samping atau hanya menutupi duvet. Kain bed cover tidak harus sekuat seprai sebab bed cover tidak terlalu sering dicuci. Kain dengan lebar standar bisa juga digunakan untuk membuat bed cover namun harus membuat satu atau dua sambungan. Gunakanlah kain-kain dengan bobot serupa dan tempatkan kelim sedemikian rupa sehingga ada panel di bagian tengah tempat tidur dengan dua panel lebih kecil di kedua sisinya.
Bed cover paling bagus bila menggunkan kain yang lebih tebal tapi jika ingin menggunakan kain yang lebih tipis harus memperkuat cover tersebut dengan cara memasang furing dan menambah ban pinggir di tepi-tepinya. Bisa tetap membiarkan sudut-sudut bed cover berbentuk persegi atau membentuknya menjadi bulat agar tidak terseret di lantai. Sudut-sudut bisa tetap dibiarkan polos atau ditambahi ban pinggir atau aksen dari toko peralatan menjahit.
Membuat cover multiwarna
Cover ini dibuat dari tiga macam kain cantik yang kontras yang dijahit menjadi satu di sepanjang sisi-sisi panjang selvage, dengan ujung berkampuh ganda sederhana.
Melakukan pengukuran
Lakukan pengukuran pada tempat tidur yang sudah dibereskan dengan menggunkaan pita pengukur kain. Ukurlah dari ujung atas tempat tidur di bagian kepala, melintasi bantal-bantal, sampai mencapai panjang yang diinginkan di bagian kaki. Tambah 8cm ke hasil pengukuran agar kampuh ganda bisa dibuat. Ukur lebar yang diinginkan dari satu sisi ke sisi lainnya. Tambah 5cm pada seluruh keliling untuk kampuh.

Membuat cover
Langkah pertama potong-potong kain sesuai dengan panjang yang diinginkan dan jahit lajur-lajur tersebut menjadi satu dengan kelim polos. Setrika kelim agar terbuka. Langkah kedua, setrika di bawah kanpuh ganda masing-masing lipatan selebar 2,5cm dan jahitlah. Jika kain-kain itu terlalu sering kontras, maka harus rela untuk bersusah payah menjahit masing-masing kain dengan benang yang sesuai agar memperoleh sentuhan akhir yang profesional.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Bed Cover Indah nan Sederhana

0 comments: