Skip to main content

Pengaruh Arsitektur Interior Islam Pada Dunia



Pengaruh Arsitektur Interior Islam Pada Dunia
Kerajaan Persia memiliki arsitektur interior yang indah, arsitektur islam sangat mendominasi pada bangunan Persia modern. Bukan hanya bangsa Mesir Kuno yang mempunyai arsitektur dan interior menawan namun juga beberapa bangsa dan kerajaan besar lainnya di dunia. Salah satu bangsa yang masih dikagumi karyanya adalah bangunan bangsa Persia. Kekaisaran Persia tumbuh di Daratan Tinggi Iran, kekaisaran yang bediri pertama kali adalah Kekaisaran Media dan Kekaisaran Akhemeniyah pada 3200 SM hingga 330 SM. Pada tahun 700-1400 M setelah pemelukan islam adalah saat dimana kekaisaran Persia hancur, kekaisaran terakhir adalah Kekaisaran Sassania yang berkuasa pada 226-651 M.
 
Pengaruh Arsitektur Interior Islam Pada Dunia
Pengaruh Arsitektur Interior Islam Pada Dunia
Arsitektur interior Islam

Asitektur Islam berkembang dengan luas, tidak hanya pada bangunan keagamaan namun juga pada bangunan sekular seperti rumah penduduk bahkan kerajaan. Peradaban Islam yang besar salah satunya dipengaruhi oleh arsitektur dan interior yang menopangnya seperti pada masjid, makam, istana, bahkan benteng. Arsitektur Islam merupakan seni bangunan yang dikonsep melalaui pemikiran Islam yang bersumber pada Al-Quran, Sunnah Nabi, para Ulama maupun cendikiawan muslim. Ada beberapa kaidah dalam Arsitektur Islam beberapa diantaranya adalah bangunan terdapat ornament mengingatkan kepada Allah SWT, pengaturan ruang bertujuan untuj menjaga ahlak dan perilaku, dan selalu menggunakan warna-warna alam.
Salah satu awal munculnya perkembangan arsitektur interior Islam adalah adanya bangunan masjid Juatha di Arab Saudi. Khalifah Rashidun (632-661M) salah satu pemimpin Islam yang mengembangkan arsitektur Islam. Pada tahun 661-750M Khalifah Umayyan mengembangkan arsitektur Islam dengan mengombinasikan dengan gaya barat dan timur. 

 
Pengaruh Arsitektur Interior Islam Pada Dunia
Pengaruh Arsitektur Interior Islam Pada Dunia

Gaya arsitektur interior Islam dan penerapannya

Gaya arsitektur interior Islam memadupadankan antara arsitektur gaya Roma, Mesir, dan Byzantium. Contoh yang sampai sekarang masih populer adalah Dome of The Rock yang selesai tahun 691 di Jerusalem, dengan ciri khas berupa ruang tengah luas terbuka, bangunan melingkar, dan menggunakan pola kaligrafi. Ketika Istambul direbut dari kekaisaran Byzantuim, Ustman merubah basilica menjadi masjid yang juga mempengaruhi arsitektur islam dengan penggunaan kubah diambil dari kebudayaan Byzantium.
Arsitektur Islam juga mengadopsi banyak kebudayaan Persia, bahkan banyak pekerja seni yang mengatakan bahwa arsitektur Islam merupakan evolusi dari arsitektur Persia sebab kejayaan Persia yang memudar seiring berkembangnya Islam. Masjid-masjid bergaya Persia mempunyai ciri khas yaitu pilar batu bata tinggi besar, taman yang luas juga lengkungan yang disokong oleh pilar-pilar. Untuk wilayah Asia Timur, arsitektur Hindu juga ikut mempengaruhi arsitektur Persia Islam namun seiring berjalannya waktu arsitektur Persia Islam lebih mendominasi.
Wilayah Indonesia sendiri arsitektur Islam berkembang dengan pesat ketika Islam mulai berkembang pesat di Indonesia terutama dengan kehadiran Wali Songo. Contoh dari arsitektur Islam adalah masjid yang berada di Bukittinggi.

Pengaruh Arsitektur Interior Islam Pada Dunia
Pengaruh Arsitektur Interior Islam Pada Dunia

Comments

Popular posts from this blog

Langkah Mudah Membuat Gorden Berpita

Langkah Mudah Membuat Gorden Berpita Gorden berpita salah satu soft furnishing yang berupa gorden yang dapat ditemui di setiap rumah-rumah di seluruh dunia. Sungguh bahagia tinggal disebuah rumah yang merupakan milik pribadi yang nanti akhirnya bisa menciptakan rumah yang selalu didambakan. Kain dan dekorasi mempunyai pengaruh besar tapi keduanya sulit untuk diterapkan di rumah-rumah modern dan biaya serta perawatannya harus sepadan. Jika anggaran sedikit sebisa mungkin jangan membuat kesalahan dalam menciptakan kenyamanan rumah dengan menggunakan soft furnishing. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengerti bagaimana soft furnishing yang akan membantu dalam mengembangkan gaya dokorasi pribadi sendiri pada rumah yang selama ini diidamkan. Salah satu dekorasi gorden yang sering dilakukan adalah membuat gorden berpita. Bahan yang diperlukan untuk membuat gorden ini adalah perlengkapan dasar menjahit, bahan kain gorden, kain untuk membuat pita dan kerahnya, dan benang jahit yang s…

Awal Mula Masa Perkembangan Arsitektur Pra Modern

Awal Mula Masa Perkembangan Arsitektur Pra Modern Arsitektur pra modern merupakan arsitektur awal dari perkembangan arsitektur Indonesia yang terjadi hingga sekarang. Asia merupakan sebuah benua yang sangat besar dengan ekspresi arsitektur yang kaya dan perpaduan yang mempesona antara budaya dan gaya hidup. Tempat berkembangnya unsure-unsur kuno dan modern ditambah dengan unsure-unsur Asia itu sendiri dan non-Asia yang telah bercampur selama berabad-abad. Wilayah yang paling signifikan untuk membangun arsitektur dengan unsure-unsur perpaduan tersebut adalah Indonesia. Sebab Indonesia memiliki lokasi dan keterbukaannya sebagai sebuah Negara kepulauan dan juga telah lama menjadi tempat pertukaran dan persilangan antara berbagai budaya dan peradaban. Perubahan arsitektur tersebut terwujud pada berbagai gaya dan bentuk arsitektur Indonesia dengan keragaman dan percampuran yang luar biasa sepanjang sejarah Indonesia. Bersama dengan itu, bentuk-bentuk dari arsitektur dan bentuk-bentuk tata ko…

Indah Warna Harmonis dan Kontras