Tuesday, February 10, 2015

Pengaruh Arsitektur Interior Islam Pada Dunia



Pengaruh Arsitektur Interior Islam Pada Dunia
Kerajaan Persia memiliki arsitektur interior yang indah, arsitektur islam sangat mendominasi pada bangunan Persia modern. Bukan hanya bangsa Mesir Kuno yang mempunyai arsitektur dan interior menawan namun juga beberapa bangsa dan kerajaan besar lainnya di dunia. Salah satu bangsa yang masih dikagumi karyanya adalah bangunan bangsa Persia. Kekaisaran Persia tumbuh di Daratan Tinggi Iran, kekaisaran yang bediri pertama kali adalah Kekaisaran Media dan Kekaisaran Akhemeniyah pada 3200 SM hingga 330 SM. Pada tahun 700-1400 M setelah pemelukan islam adalah saat dimana kekaisaran Persia hancur, kekaisaran terakhir adalah Kekaisaran Sassania yang berkuasa pada 226-651 M.
 
Pengaruh Arsitektur Interior Islam Pada Dunia
Pengaruh Arsitektur Interior Islam Pada Dunia
Arsitektur interior Islam

Asitektur Islam berkembang dengan luas, tidak hanya pada bangunan keagamaan namun juga pada bangunan sekular seperti rumah penduduk bahkan kerajaan. Peradaban Islam yang besar salah satunya dipengaruhi oleh arsitektur dan interior yang menopangnya seperti pada masjid, makam, istana, bahkan benteng. Arsitektur Islam merupakan seni bangunan yang dikonsep melalaui pemikiran Islam yang bersumber pada Al-Quran, Sunnah Nabi, para Ulama maupun cendikiawan muslim. Ada beberapa kaidah dalam Arsitektur Islam beberapa diantaranya adalah bangunan terdapat ornament mengingatkan kepada Allah SWT, pengaturan ruang bertujuan untuj menjaga ahlak dan perilaku, dan selalu menggunakan warna-warna alam.
Salah satu awal munculnya perkembangan arsitektur interior Islam adalah adanya bangunan masjid Juatha di Arab Saudi. Khalifah Rashidun (632-661M) salah satu pemimpin Islam yang mengembangkan arsitektur Islam. Pada tahun 661-750M Khalifah Umayyan mengembangkan arsitektur Islam dengan mengombinasikan dengan gaya barat dan timur. 

 
Pengaruh Arsitektur Interior Islam Pada Dunia
Pengaruh Arsitektur Interior Islam Pada Dunia

Gaya arsitektur interior Islam dan penerapannya

Gaya arsitektur interior Islam memadupadankan antara arsitektur gaya Roma, Mesir, dan Byzantium. Contoh yang sampai sekarang masih populer adalah Dome of The Rock yang selesai tahun 691 di Jerusalem, dengan ciri khas berupa ruang tengah luas terbuka, bangunan melingkar, dan menggunakan pola kaligrafi. Ketika Istambul direbut dari kekaisaran Byzantuim, Ustman merubah basilica menjadi masjid yang juga mempengaruhi arsitektur islam dengan penggunaan kubah diambil dari kebudayaan Byzantium.
Arsitektur Islam juga mengadopsi banyak kebudayaan Persia, bahkan banyak pekerja seni yang mengatakan bahwa arsitektur Islam merupakan evolusi dari arsitektur Persia sebab kejayaan Persia yang memudar seiring berkembangnya Islam. Masjid-masjid bergaya Persia mempunyai ciri khas yaitu pilar batu bata tinggi besar, taman yang luas juga lengkungan yang disokong oleh pilar-pilar. Untuk wilayah Asia Timur, arsitektur Hindu juga ikut mempengaruhi arsitektur Persia Islam namun seiring berjalannya waktu arsitektur Persia Islam lebih mendominasi.
Wilayah Indonesia sendiri arsitektur Islam berkembang dengan pesat ketika Islam mulai berkembang pesat di Indonesia terutama dengan kehadiran Wali Songo. Contoh dari arsitektur Islam adalah masjid yang berada di Bukittinggi.

Pengaruh Arsitektur Interior Islam Pada Dunia
Pengaruh Arsitektur Interior Islam Pada Dunia

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengaruh Arsitektur Interior Islam Pada Dunia

0 comments: