Tuesday, February 10, 2015

Pesona Arsitektur Interior Mesir Kuno



Pesona Arsitektur Interior Mesir Kuno
Arsitektur dan interior tertua yang masih sering digunakan untuk kiblat dunia desain adalah konsep arsitektur Mesir Kuno. Konsep arsitektur interior telah berlangsung dari abad Sebelum Masehi hingga detik ini, beberapa bahkan diterapkan hingga sekarang. Konsep-konsep kuno bisa diterima hingga sekarang karena keindahan yang alami, walau tidak bisa dikatakan sederhana namun bahan yang digunakan untuk lebih banyak berasal dari tanah liat atau batu yang dikikir dan dilubangai. Bahkan banyak dari arsitektur maupun interior kuno telah menjadi cagar budaya, dilestarikan bahkan merupakan suatu objek wisata yang menarik banyak pengunjung berbagai Negara. 

 
Pesona Arsitektur Interior Mesir Kuno
Pesona Arsitektur Interior Mesir Kuno
Interior indah Mesir kuno
Peradaban Mesir Kuno dibangun sekitr 3150 SM disepanjang hilir sungai Ni. Peradaban ini merupakan salah satu peradaban paling modern di masanya, perkembangan pesat terjadi pada sistem irigasi, teknik pengobatan  bahkan hingga teknik arsitektur dan interiornya. Hingga detik ini karya arsitektur dan interior mesir kuno masih sangat dikagumi banyak orang, bahkan banyak pengamat dan pekerja dalam bidang ini bertanya-tanya bagaimana suatu bangunan dapat dibuat hanya dengan tanah liat namun menghasilkan karya yang menajubkan. Karya bangsa Mesir Kuno yang terkenal antara lain adalah Piramida Giza, Kuil Thabes, dan Spink. Bahan baku pembuatan banyak menggunakan bata lumpur, granit, batu pasir, dan terutama batu kapur. Sampai sekarang tidak ada yang bisa mengerti bagaimana cara bangsa Mesir Kuno membangun dengan peralatan yang sederhana namun dengan tingkat akurasi yang tinggi.
Hampir semua bangunan terbuat dari bahan yang bisa dihancurkan maka dari itu kecuali bangunan istana semua rumah-rumah penduduk telah rancur. Bagi para kaum elit bangunan terdiri dari struktur yang cukup rumit dengan interior ukiran yang dipahat pada dinding-dinding kamar. Sedangkan untuk interior kerajaan, pada dinding dan lantai dipenuhi dengan gambar pemandangan yang indah. Struktur bangunan penting seperti kuil dan makam terbuat dari batu agar bertahan lama, maka dari itu masyarakat dunia masih bisa menyaksikan Piramida Giza yang dipercaya sebagai makam salah satu raja Mesir Kuno .

 
Pesona Arsitektur Interior Mesir Kuno
Pesona Arsitektur Interior Mesir Kuno

Kiblat arsitektur interior modern
Tak diragukan lagi struktur arsitektur Mesir Kuno dapat bertahan melintasi waktu yang  panjang. Hampir semua bangunan memiliki daya tarik dan interior yang indah dimulai dari patung, ukiran, hinggalukisan-lukisan yang terdapat pada dinding-dinding bangunan. Seperti yang diketahui bahwa bangunan tersebut hanya terbuat dari batu maupun lumpur namun dapat bertahan lama bahkan para peneliti masih menebak-nembak bagaimana batu-batu disusun tetap melekat dan tidak dapat dihancurkan. Hingga detik ini para pekerja seni arsitektur dan interior masih terus mencari bahan baku yang kuat dan tahan lama seperti Piramid Giza maupun Kuil Thabes yang mampu bertahan ribuan tahun.

Pesona Arsitektur Interior Mesir Kuno
Pesona Arsitektur Interior Mesir Kuno


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pesona Arsitektur Interior Mesir Kuno

0 comments: