Skip to main content

Pencahayaan Ideal Untuk Rumah dan Kamar



Pencahayaan Ideal Untuk Rumah dan Kamar
Interior penunjang sekaligus penting dalam sebuah rumah terutamanya kamar tidur adalah lampu, namun bukan hanya lampu yang dapat menerangi setiap sudut kamar. Maka dari itulah harus pintar-pintar dalam menciptakan pencahayaan yang baik untuk rumah atau sebuah kamar tidur. Rumah atau kamar tidur yang baik adalah yang mempunyai pencahayaan yang rata maksudnya setiap ruangan harus terkena cahaya baik oleh lampu dan lebih utama sinar matahari. Pencahayaan yang baik dapat membunuh para lumut atau bakteri dalam ruangan tersebut. Sayangnya tidak semua rumah mempunyai pencahayaan yang baik dan menimbulkan jamur yang menempel pada dinding-dinding ruangan dan akan sulit dibersihkan. Itulah sebabnya menentukan pencahayaan yang ideal sangat dibutuhkan untuk mewujudkan sebuah rumah atau kamar tidur yang sehat.

 
Pencahayaan Ideal Untuk Rumah dan Kamar
Pencahayaan Ideal Untuk Rumah dan Kamar

Pencahayaan Ideal Untuk Rumah dan Kamar
Pencahayaan Ideal Untuk Rumah dan Kamar

Pencahayaan Ideal Untuk Rumah dan Kamar
Pencahayaan Ideal Untuk Rumah dan Kamar

Pencahayaan Ideal Untuk Rumah dan Kamar
Pencahayaan Ideal Untuk Rumah dan Kamar

Pencahayaan Ideal Untuk Rumah dan Kamar
Pencahayaan Ideal Untuk Rumah dan Kamar


Pencahayaan alami
Walaupun kamar tidur biasanya lebih banyak digunakan pada malam hari, namun pencahayaan alami tetap penting artinya. Pada saat siang hari ada baiknya jika jendela terbuka sehingga kamar cukup menggunakan penerangan alami. Selain berkesan lebih segar cahaya matahari dapat membuat kamar jauh lebih sehat. Cahaya matahari paling ideal adalah untuk berias.

Pencahayaan buatan
Sistem untuk penerangan buatan di dalam kamar berbeda-beda tergantung pada fungsi kamar tidur itu sendir. Apakah kamar tidur tersebut hanya diperuntukan untuk tidur semata atau bahkan difungsikan sebagai ruang duduk dan ruang kerja. 

Jenis-jenis lampu untuk kamar tidur
Lampu utama adalah lampu yang menarangi seluruh kamar. sebaiknya lampu utama menggunakan fasilitas dimer sehingga lampu dapat diterangkan dan diredupkan sesuai keperluan.
Lampu baca atau lampu duduk biasanya terdapat pada sisi tempat tidur dan lebih baik jika arah sinarnya dapat diatur sehingga cahayanya hanya akan menyinari buku dan tidak akan menyilaukan mata. Bila tidur berpasangan sebaiknya setiap sisi memiliki lampu baca sendiri agar tidak saling mengganggu.
Lampu meja rias, dalam menggunkan lampu meja rias yang terpienting adalah wajah terkena cahaya dengan bayangan yang seimbang sehingga dapat memoles kosmetik dengan sempurna. Lampu paling baik diletakkan pada sekeliling cermin atau dapat diletakkan pada atas cermin. Bila letak lampu disisi cermin harus seimbang antara kiri dan kanan dengan kekuatan cahaya yang sama.
Lampu aksen, lampu ini biasanya digunakan untuk menerangi bagian-bagian yang ingin ditonjolkan misalnya lukiusan, patung, atau sudut-sudut yang menarik. Desain tata letak lampu aksen yang tepat dapat menciptakan atsmosfer ruang yang romantis atau bahkan karismatik di dalam kamar.

Comments

Popular posts from this blog

Langkah Mudah Membuat Gorden Berpita

Langkah Mudah Membuat Gorden Berpita Gorden berpita salah satu soft furnishing yang berupa gorden yang dapat ditemui di setiap rumah-rumah di seluruh dunia. Sungguh bahagia tinggal disebuah rumah yang merupakan milik pribadi yang nanti akhirnya bisa menciptakan rumah yang selalu didambakan. Kain dan dekorasi mempunyai pengaruh besar tapi keduanya sulit untuk diterapkan di rumah-rumah modern dan biaya serta perawatannya harus sepadan. Jika anggaran sedikit sebisa mungkin jangan membuat kesalahan dalam menciptakan kenyamanan rumah dengan menggunakan soft furnishing. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengerti bagaimana soft furnishing yang akan membantu dalam mengembangkan gaya dokorasi pribadi sendiri pada rumah yang selama ini diidamkan. Salah satu dekorasi gorden yang sering dilakukan adalah membuat gorden berpita. Bahan yang diperlukan untuk membuat gorden ini adalah perlengkapan dasar menjahit, bahan kain gorden, kain untuk membuat pita dan kerahnya, dan benang jahit yang s…

Awal Mula Masa Perkembangan Arsitektur Pra Modern

Awal Mula Masa Perkembangan Arsitektur Pra Modern Arsitektur pra modern merupakan arsitektur awal dari perkembangan arsitektur Indonesia yang terjadi hingga sekarang. Asia merupakan sebuah benua yang sangat besar dengan ekspresi arsitektur yang kaya dan perpaduan yang mempesona antara budaya dan gaya hidup. Tempat berkembangnya unsure-unsur kuno dan modern ditambah dengan unsure-unsur Asia itu sendiri dan non-Asia yang telah bercampur selama berabad-abad. Wilayah yang paling signifikan untuk membangun arsitektur dengan unsure-unsur perpaduan tersebut adalah Indonesia. Sebab Indonesia memiliki lokasi dan keterbukaannya sebagai sebuah Negara kepulauan dan juga telah lama menjadi tempat pertukaran dan persilangan antara berbagai budaya dan peradaban. Perubahan arsitektur tersebut terwujud pada berbagai gaya dan bentuk arsitektur Indonesia dengan keragaman dan percampuran yang luar biasa sepanjang sejarah Indonesia. Bersama dengan itu, bentuk-bentuk dari arsitektur dan bentuk-bentuk tata ko…

Indah Warna Harmonis dan Kontras