Skip to main content

Oriental Megah Arsitektur China



Oriental Megah Arsitektur China
Arsitektur asia terutama arsitektur Indonesia  merupakan salah satu sistem arsitektur terbesar di dunia salah satu contohnya adalah arsitektur China. Benua asia merupakan sebuah benua yang sangat besar dengan ekspresi arsitektur yang kaya dan perpaduan yang mempesona antara budaya dan gaya hidup. Tempat berkembangnya unsure-unsur kuno dan modern ditambah dengan unsure-unsur Asia itu sendiri dan non-Asia yang telah bercampur selama berabad-abad. Wilayah yang paling signifikan untuk membangun arsitektur dengan unsure-unsur perpaduan tersebut adalah Indonesia. Sebab Indonesia memiliki lokasi dan keterbukaannya sebagai sebuah Negara kepulauan dan juga telah lama menjadi tempat pertukaran dan persilangan antara berbagai budaya dan peradaban.
Keindahan arsitektur China
Keindahan arsitektur China

Keindahan arsitektur China
Keindahan arsitektur China

Keindahan arsitektur China
Keindahan arsitektur China

Keindahan arsitektur China
China hadir di kepualauan Indonesia sebagai pedagang sutra dan gerabah keramik sejak awal abad kelima Masehi. Mereka akhirnya menetap di daerah pantai di beberapa tempat di kepulauan ini sebagai penambang dan juga membuka toko. Di dalam berbagai situasi kemasyarakatan dan kebijakan kenegaraan yang berlangsung di kepulauan Indonesia. Orang China sering bertindak ataupun diperalat sebagai perantara bisnis masyarakat yang berstatus sosial tinggi dan masyarakat yang berstatus sosial rendah. Meraka juga berperan langsung sebagai perantara bisnis antara berbagai sector ekonomi yang berbeda baik domestic maupun asing. Sebagai konsekuensi migrasi mereka ke Indonesia dengan berbagai peraturan dan kebijakan yang mengatur tempat tinggal mereka, organisasi masyarakat, dan juga praktik cara hidup mereka terutama untuk daerah yang dikuasi oleh colonial belanda.
Arsitektur China dimulai ketika orang-orang China bertempat tinggal di bagian wilayah kota yang dibatasi dengan jelas, yang diperbolehkan untuk membangun rumah, toko, tempat ibadah, serta berbagai bangunan fasilitas lain yang cocok bagi tradisi arsitektur dan langgam bangunan mereka. Pengaruh tradisi arsitektur dan bangunan China pada arsitektur vernacular Indonesia dianggap terbatas pada adopsi beberapa teknik kontruksi saja.
Arsitektur China hingga detik ini masing terus bertengger di beberapa belahan Indonesia. Arsitektur ini bisa ditemukan di daerah-daerah pecinan atau pemukiman orang China dan hampir setiap kota-kota besar di Indonesia mampunyai daerah pemukiman orang China dengan fasilitas mulai dari toko, tempat ibadah hingga pemukiman-pemukiman penduduk. Pada saat zaman pemerintahan Orde Baru banyak kebijakan yang menyudutkan banyak masyarakat China dan membuat mereka tidak bisa bergerak secara leluasa untuk semua bidang yang dijalani baik itu ekonomi, perayaan keagamaan dan perayaan besar hingga pengembangan arsitektur China sendiri.

Comments

Popular posts from this blog

Langkah Mudah Membuat Gorden Berpita

Langkah Mudah Membuat Gorden Berpita Gorden berpita salah satu soft furnishing yang berupa gorden yang dapat ditemui di setiap rumah-rumah di seluruh dunia. Sungguh bahagia tinggal disebuah rumah yang merupakan milik pribadi yang nanti akhirnya bisa menciptakan rumah yang selalu didambakan. Kain dan dekorasi mempunyai pengaruh besar tapi keduanya sulit untuk diterapkan di rumah-rumah modern dan biaya serta perawatannya harus sepadan. Jika anggaran sedikit sebisa mungkin jangan membuat kesalahan dalam menciptakan kenyamanan rumah dengan menggunakan soft furnishing. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengerti bagaimana soft furnishing yang akan membantu dalam mengembangkan gaya dokorasi pribadi sendiri pada rumah yang selama ini diidamkan. Salah satu dekorasi gorden yang sering dilakukan adalah membuat gorden berpita. Bahan yang diperlukan untuk membuat gorden ini adalah perlengkapan dasar menjahit, bahan kain gorden, kain untuk membuat pita dan kerahnya, dan benang jahit yang s…

Awal Mula Masa Perkembangan Arsitektur Pra Modern

Awal Mula Masa Perkembangan Arsitektur Pra Modern Arsitektur pra modern merupakan arsitektur awal dari perkembangan arsitektur Indonesia yang terjadi hingga sekarang. Asia merupakan sebuah benua yang sangat besar dengan ekspresi arsitektur yang kaya dan perpaduan yang mempesona antara budaya dan gaya hidup. Tempat berkembangnya unsure-unsur kuno dan modern ditambah dengan unsure-unsur Asia itu sendiri dan non-Asia yang telah bercampur selama berabad-abad. Wilayah yang paling signifikan untuk membangun arsitektur dengan unsure-unsur perpaduan tersebut adalah Indonesia. Sebab Indonesia memiliki lokasi dan keterbukaannya sebagai sebuah Negara kepulauan dan juga telah lama menjadi tempat pertukaran dan persilangan antara berbagai budaya dan peradaban. Perubahan arsitektur tersebut terwujud pada berbagai gaya dan bentuk arsitektur Indonesia dengan keragaman dan percampuran yang luar biasa sepanjang sejarah Indonesia. Bersama dengan itu, bentuk-bentuk dari arsitektur dan bentuk-bentuk tata ko…

Indah Warna Harmonis dan Kontras