Sunday, February 15, 2015

Indah Warna Harmonis dan Kontras



Indah Warna Harmonis dan Kontras
Dalam sebuah desain interior bagian yang sangat penting adalah penggunaann warna baik warna harmonis maupun warna kontras. Warna dapat menciptakan mood juga suasana untuk penghuni ruang tersebut. Warna merupakan hal pertama yang dilihat ketika seseorang memasuki sebuah ruangan. Warna juga membuat suatu semangat dan membantu untuk dapat berantai. Fungsi warna yang lain adalah untuk mengahadirkan kecerahan dalam wilayah delap dan muram. Roda warna adalah alat yang penting untuk menggabarkan warna komplementer alami harmonis dan warna kontras, siap untuk dijadikan pedoman memadukan warna. Gunakan roda warna sebagai paduan untuk menemukan kombinasi-kombinasi warna yang unik.

Warna-warna harmonis
Warna yang harmonis adalah warna yang terletak bersebelahan pada roda warna. Jika warna dipadukan maka akan menciptakan suasana yang sangat menenangkan. Variasi dari warna harmonis yang kuat terciupta antara campuran satu warna tunggal dengan rona paling muda hingga paling tertua tanpa harus keluar dari bagian lain dari roda warna. Cara tersebut dapat menghasilkan skema monokromatis yang memberikan suasana tenang dan juga nyaman.
Untuk merancang skema monokromatis dapat dimulai dengan menggunakan kartu contoh warna cat. Yang paling pucat dapat digunakan untuk kayu, rona yang sedikit gelap dapat digunakan untuk warna langit-langit, mid-tone digunakan untuk dinding, dan warna yang tergelap dapat diguanakan pada permukaan lantai. Sebagian besar skema monokromatik membutuhkan warna-warna aksen untuk mempercerah. 

 
Perpaduan Warna Harmonis
Perpaduan Warna Harmonis

Perpaduan Warna Harmonis
Perpaduan Warna Harmonis



Warna-warna kontras
Warna kontras atau warna komplementer adalah warna yang bersebrangan dengan roda warna. Dengan memilih warna-warna kontras maka secara otomatis menggabaungkan antara warna hangat dengan warna sejuk. Saat dipadukan warna-warna kontras dapat menciptakan dan menggugah kegairahan, namun jika intensitas warna masing-masing terlalu terang akan sangat mengganggu. Warna kontras mencakup semua warna yang berdasarkan corak, rona, dan nuansanya. Misalnya warna sugar pink, hijau zitun atau gabungan antara turquoise dengan terakota yang tetap terlihat kontras namun tetap lembut, warna-warn atersebut sangatlah cocok untuk ruangan yang berfungsi tempat untuk aktifitas namun tetap terlihat lebih santai. 

Perpaduan Warna Kontras
Perpaduan Warna Kontras

Perpaduan Warna Kontras
Perpaduan Warna Kontras


Warna yang kontras juga salaing melengkapi, skema warna tersebut biasanya menggabungkan antara warna sekunder dan warna tersier seperti penggabungan antara biru dengan merah-jingga atau kuning-jingga. Selain itu untuk menciptakan warna-warna kontras yang sama baiknya dapat menggunakan warna yang berseberangan secara langsung dengan cara menggabungkan warna hangat dan warna sejuk seperti biru dengan kuning, jingga dengan hijau giok, atau hijau dengan ungu.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Indah Warna Harmonis dan Kontras

0 comments: