Skip to main content

Jenis dan Cara Memilih Cat Dekorasi Ruang



Jenis dan Cara Memilih Cat Dekorasi Ruang
Memilih cat merupakan bagian penting sebelum mendekorasi ulang rumah atau raung di dalam rumah. Bagi banyak orang rumah adalah hal terpenting bagi mereka karena merupakan tempat paling nyaman dan paling membuat tenang. Merawat rumah menjadi sesuatu yang sangat special sebab kenyamanan penghuni menjadi hal yang amat penting. Mendekorasi ulang rumah diperlukan untuk kenyaman dan salah satu yang paling utama adalah dengan mengganti cat dinding agar suasana kembali hangat. Dewasa ini telah banyak beragam jenis cat yang dijual di pasaran dan disesai untuk memenuhi segala  kebutuhan dekorasi rumah. Mulai dari cat untuk menutupi seluruh permukaan sengan satu lapis hingga cat yang menciptakan efek khusus.


 
Jenis dan Cara Memilih Cat Dekorasi Ruang
Jenis dan Cara Memilih Cat Dekorasi Ruang

Jenis dan Cara Memilih Cat Dekorasi Ruang
Jenis dan Cara Memilih Cat Dekorasi Ruang

Jenis-jenis cat
Memilih cat merupakan salah satu hal sulit dan cat juga dibagi-bagi menjadi beberapa bagian. Cat air merupakan cat yang cepat mengering tampa bau thinner yang kuat. Jenis cat air adalah emulsi, pengencer, dan pengilap yang berbahan dasar air. Cat minyak mengring lebih lama tetapi menciptakan warna yang lebih tegas, jenis cat ini adalah cat kulit telur, gloss, dan cat halus. Sempotran aerosol biasanya digunakan untuk benda-benda logam seperti pemanas ruangan atau desain stentil berukuran besar, biasanya warnanya metalik dan nonmetalik. Cat organic bebas dari thinner juga benda-benda kimia lainnya, jenis yang ramah lingkungan ini dapat membuat dinding bernafas. Label yang terdapat di kaleng cat air dapat menginformasikan apakah cat tersebut cat air atau cat minyak.
 
Jenis dan Cara Memilih Cat Dekorasi Ruang
Jenis dan Cara Memilih Cat Dekorasi Ruang

Jenis dan Cara Memilih Cat Dekorasi Ruang
Jenis dan Cara Memilih Cat Dekorasi Ruang

Jenis dan Cara Memilih Cat Dekorasi Ruang
Jenis dan Cara Memilih Cat Dekorasi Ruang

Jenis dan Cara Memilih Cat Dekorasi Ruang
Jenis dan Cara Memilih Cat Dekorasi Ruang


Cat penutup
Cat penutup perupakan pelapis akhir cat yang telah disapukan pada permukan benda. Cat penutup tak berkilau memiliki penampilan yang menarik dan terkadang terlihat seperti permukaan kapur. Cat ini dipilih untuk menampilkan kesan tua pada kayu. Cat penutup semi berkilau dapat dibersihkan dengan spons, cat ini sering disebut sebagai satinwood/kilau satin dan memiliki tampilan yang lebih lembut daripada gloss. Cat penutup berkilau digunakan untuk permukaan kayu atau logam yang kokoh dan dapat dicuci juga bisa digunakan untuk permukaan dinding dan langit-langit. Cat penutup eggshell dipakai untuk objek kayu, jenis cat ini biasanya digunakan oleh ahli cat professional sebagai teknik dasar dalam teknik cat yang menggabungkan kilauan. Cat penutup metalik juga dapat digunakan untuk kayu dan pemanas ruangan namun ada juga cat khusus yang diperuntukan untuk alat-alat rumah tangga seperti kulkas. Cat penutup mengkilap yang sekarang sedang menjadi primadona, cat ini tampak halus dan bercahaya tetapi tidak terlalu berkilau. Terakhir adalah cat penutup berstektur yang dapat digunakan pada dinding dan langit-langit terutama jika permukaannya tidak halus, jika ingin menggunakan cat ini sebaiknya menggunakan dinding bertekstur terlebih dahulu.

Comments

Popular posts from this blog

Langkah Mudah Membuat Gorden Berpita

Langkah Mudah Membuat Gorden Berpita Gorden berpita salah satu soft furnishing yang berupa gorden yang dapat ditemui di setiap rumah-rumah di seluruh dunia. Sungguh bahagia tinggal disebuah rumah yang merupakan milik pribadi yang nanti akhirnya bisa menciptakan rumah yang selalu didambakan. Kain dan dekorasi mempunyai pengaruh besar tapi keduanya sulit untuk diterapkan di rumah-rumah modern dan biaya serta perawatannya harus sepadan. Jika anggaran sedikit sebisa mungkin jangan membuat kesalahan dalam menciptakan kenyamanan rumah dengan menggunakan soft furnishing. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengerti bagaimana soft furnishing yang akan membantu dalam mengembangkan gaya dokorasi pribadi sendiri pada rumah yang selama ini diidamkan. Salah satu dekorasi gorden yang sering dilakukan adalah membuat gorden berpita. Bahan yang diperlukan untuk membuat gorden ini adalah perlengkapan dasar menjahit, bahan kain gorden, kain untuk membuat pita dan kerahnya, dan benang jahit yang s…

Awal Mula Masa Perkembangan Arsitektur Pra Modern

Awal Mula Masa Perkembangan Arsitektur Pra Modern Arsitektur pra modern merupakan arsitektur awal dari perkembangan arsitektur Indonesia yang terjadi hingga sekarang. Asia merupakan sebuah benua yang sangat besar dengan ekspresi arsitektur yang kaya dan perpaduan yang mempesona antara budaya dan gaya hidup. Tempat berkembangnya unsure-unsur kuno dan modern ditambah dengan unsure-unsur Asia itu sendiri dan non-Asia yang telah bercampur selama berabad-abad. Wilayah yang paling signifikan untuk membangun arsitektur dengan unsure-unsur perpaduan tersebut adalah Indonesia. Sebab Indonesia memiliki lokasi dan keterbukaannya sebagai sebuah Negara kepulauan dan juga telah lama menjadi tempat pertukaran dan persilangan antara berbagai budaya dan peradaban. Perubahan arsitektur tersebut terwujud pada berbagai gaya dan bentuk arsitektur Indonesia dengan keragaman dan percampuran yang luar biasa sepanjang sejarah Indonesia. Bersama dengan itu, bentuk-bentuk dari arsitektur dan bentuk-bentuk tata ko…

Indah Warna Harmonis dan Kontras