Sunday, February 15, 2015

Estetika Dekorasi Ruang dengan Ubin



Estetika Dekorasi Ruang dengan Ubin
Memilih ubin untuk dinding merupakan salah satu bagian penting sebelum mendekorasi ulang rumah atau raung di dalam rumah. Bagi banyak orang rumah adalah hal terpenting bagi mereka karena merupakan tempat paling nyaman dan paling membuat tenang. Merawat rumah menjadi sesuatu yang sangat special sebab kenyamanan penghuni menjadi hal yang amat penting. Mendekorasi ulang rumah diperlukan untuk kenyaman dan salah satu yang paling utama adalah dengan mengganti wallpaper agar suasana kembali hangat. Dinding dapat didekorasi dengan berbagai macam cara, selain menggunakan cat dapat juga menggunakan ubin yang cukup beragam. Ubin untuk dinding bisanya dikerjakan oleh pekerja professional terlebih legi untuk pemotongan yang rumit namun jika ingin memasang sendiri hindari ubin dengan pola yang cukup rumit.
 
Estetika Dekorasi Ruang dengan Ubin
Estetika Dekorasi Ruang dengan Ubin

Jenis-jenis ubin
Pertama dan yang selalu digunakan adalah ubin keramik. Ubin keramik terbuat dari sepoting tanah liat yang tipis dan dihiasi oleh warna yang mengkilap dan sering diberi pola. Ada beberapa bentuk ubin mulai dari yang standar dan dapat ditemui dipasaran yaitu bentuk persegi panjang dan bujur sangkar hingga ubin yang berbentuk unik berupa segienam, segi delapan, hingga bentuk provencal yang sedikit melengkung dan ubin penambal yang kecil. Untuk ubin berbentuk bujur sangkar biasanya berukuran 10 cm atau 15 cm, sedangkan untuk bentuk persegi panjang biasanya berukuran 20 cm x 10 cm atau 20 cm x 15 cm. Ubin bingkai yang biasanya digunakan untuk memoles sisi atas suatu panel berukuran serupa dengan ubin bujur sangkar. Ubin universal memiliki tipe bulglazur yang berguna untuk pembuatan sudut. Ubin berpola biasanya digunakan di tengah-tengah dinding ubin yang polos atau dibentuk hingga menghasilkan gambar tersendiri.

 
Estetika Dekorasi Ruang dengan Ubin
Estetika Dekorasi Ruang dengan Ubin
Jenis ubin lainya adalah mozaik yang berukuran sangat kecil yang biasanya dijual terangkai pada penopang bermata lubang yang berukuran 30 cm x 30 cm. Rangkaian biasaya terdiri dari tone berwarna polos dan membentuk pola tertentu. Untuk memasangnya biasnya lembar mozaik dipasang di atas bnatalan perekat lalu ditekan dengan kuat.
 
Estetika Dekorasi Ruang dengan Ubin
Estetika Dekorasi Ruang dengan Ubin

Ubin berikutnya yaitu ubin gabus yang dipasang dalam bentuk panel-panel dan tidak meliputi seluruh dinding. Ubin jenis ini ideal untuk papan tempel atau dinding bergambar. Sebagian besar dinding gabus ini berwarna natural walau ada yang berwarna dan diarsir.
Ubin jenis terakhir adalah jenis metalik dan ubin cermin yang sering digunakan karena berdaya pantul. Ubin metalik diproduksi dengan bahan logam ringan seperti alumunium yang terlihat seperti tembaga atau timah putih yang memiliki tekstur pola yang menarik.  Ubin cermin jauh lebih berat dan tersedia dalam berbagai ukuran. Biasanya ubin ini dipasang dengan menggunkaan perekat khusus dan palet untuk panel yang lebih berat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Estetika Dekorasi Ruang dengan Ubin

0 comments: