Skip to main content

Menentukan Ubin Terbaik bagi Dinding



Menentukan Ubin Terbaik bagi Dinding
Merawat rumah menjadi sesuatu yang sangat special sebab kenyamanan penghuni menjadi hal yang amat penting. Dinding dapat didekorasi dengan berbagai macam cara, selain menggunakan cat dapat juga menggunakan ubin yang cukup beragam. Memilih ubin untuk dinding merupakan salah satu bagian penting sebelum mendekorasi ulang rumah atau raung di dalam rumah. Ubin untuk dinding bisanya dikerjakan oleh pekerja professional terlebih legi untuk pemotongan yang rumit namun jika ingin memasang sendiri hindari ubin dengan pola yang cukup rumit. Ubin bisanya diperjual belikan per pak atau per kardus. Namun jumlah ubin dalam satu pak dapat bervariasi. Membeli ubin berjumlah 50 merupakan suatu pemborosan apabila hanya mengerjakan area kecil. Sebagian toko besar menjual ubin dengan bentuk eceran , namun harus tetap tahu jumlah ubin yang diperlukan. 

 
Ubin Terbaik bagi Dinding
Ubin Terbaik bagi Dinding



Ubin Terbaik bagi Dinding
Ubin Terbaik bagi Dinding

Ubin Terbaik bagi Dinding
Ubin Terbaik bagi Dinding

Ubin Terbaik bagi Dinding
Ubin Terbaik bagi Dinding

Ubin Terbaik bagi Dinding
Ubin Terbaik bagi Dinding

Memperkirakan kuantitas ubin
Jika belum merencanakan desain penempatan ubin, perlu menghitung keseluruhan area pemasangan. Untuk area terputus cukup kalikan panjang dengan lebar, sedangkan bila ada pintu, jendela, pemanas ruangan, dan sebagainya kalikanlah panjang dengan lebar masing-masing objek tersebut, jumlahkan luas objek-objek tersebut lalu kurangkanlah dengan total total luas permukaan. Untuk mengetahui jumlah ubin yang dibutuhkan bagilah luas area yang akan dilapisi dengan luas masing-masing ubin. Tambahlah sedikit luas ekstra untuk sisa pemotongan dan keretakan yang mungkin akan terjadi. 


Ubin batas
Jika tidak menggunakan ubin universal ubin batas bisa digunakan untuk mengisi kekosongan ruang karena pemakaian sebagian ubin. Ubin batas dipilih karena bisa dikoordinasikan dengan ubin utama atau untuk mengkontraskan dengan ubin utama. Tersedia juga ubin yang sangat dekoratif dengan aneka pilihan. Pastikan lebar ubin sesuai dengan lebar ubin utama dan warna serta glazurnya juga harus serasi. 


Perekat, nat, dan pelapis anti air
Gunakan perekat khusus serta pilih cairan kedap air untuk area yang basah. Nat digunakan untuk mengisi belahan-belahan antar ubin, nat dijual dalam bentuk bubuk atau yang sudah tercampur/ ready-mixed namun lebih mahal. Nat hanya tersedia dalam warna putih atau warna-warna pilihan lainnya. Penggunaan nat kedap air lebih disarankan, dan selalu dipakai pada waktu memasang ubin meja agar menghasilkan penampilan akhir dengan higenis dan kedap air. Ketika memasang ubin di sekitar bathtub, wastafel, atau shower hanya perlu menyediakan pelapis anti air dari silicon agar sambungan ubin tersebut kedap air.
Ubin sebaiknya dipasang pada permukaan kering dan rata. Plaster ulang area yang rusak dan isilah lubang dan retakan kecil dengan cairan pengisi lubang yang bagus. Untuk memasang bagian ubin yang tidak rata akan lebih baik ubin dipasang pada papan terlebih dahulu, dan jangan langsung memasang ubin pada dinding.

Comments

Popular posts from this blog

Langkah Mudah Membuat Gorden Berpita

Langkah Mudah Membuat Gorden Berpita Gorden berpita salah satu soft furnishing yang berupa gorden yang dapat ditemui di setiap rumah-rumah di seluruh dunia. Sungguh bahagia tinggal disebuah rumah yang merupakan milik pribadi yang nanti akhirnya bisa menciptakan rumah yang selalu didambakan. Kain dan dekorasi mempunyai pengaruh besar tapi keduanya sulit untuk diterapkan di rumah-rumah modern dan biaya serta perawatannya harus sepadan. Jika anggaran sedikit sebisa mungkin jangan membuat kesalahan dalam menciptakan kenyamanan rumah dengan menggunakan soft furnishing. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengerti bagaimana soft furnishing yang akan membantu dalam mengembangkan gaya dokorasi pribadi sendiri pada rumah yang selama ini diidamkan. Salah satu dekorasi gorden yang sering dilakukan adalah membuat gorden berpita. Bahan yang diperlukan untuk membuat gorden ini adalah perlengkapan dasar menjahit, bahan kain gorden, kain untuk membuat pita dan kerahnya, dan benang jahit yang s…

Awal Mula Masa Perkembangan Arsitektur Pra Modern

Awal Mula Masa Perkembangan Arsitektur Pra Modern Arsitektur pra modern merupakan arsitektur awal dari perkembangan arsitektur Indonesia yang terjadi hingga sekarang. Asia merupakan sebuah benua yang sangat besar dengan ekspresi arsitektur yang kaya dan perpaduan yang mempesona antara budaya dan gaya hidup. Tempat berkembangnya unsure-unsur kuno dan modern ditambah dengan unsure-unsur Asia itu sendiri dan non-Asia yang telah bercampur selama berabad-abad. Wilayah yang paling signifikan untuk membangun arsitektur dengan unsure-unsur perpaduan tersebut adalah Indonesia. Sebab Indonesia memiliki lokasi dan keterbukaannya sebagai sebuah Negara kepulauan dan juga telah lama menjadi tempat pertukaran dan persilangan antara berbagai budaya dan peradaban. Perubahan arsitektur tersebut terwujud pada berbagai gaya dan bentuk arsitektur Indonesia dengan keragaman dan percampuran yang luar biasa sepanjang sejarah Indonesia. Bersama dengan itu, bentuk-bentuk dari arsitektur dan bentuk-bentuk tata ko…

Indah Warna Harmonis dan Kontras