Tuesday, February 17, 2015

Menentukan Ubin Terbaik bagi Dinding



Menentukan Ubin Terbaik bagi Dinding
Merawat rumah menjadi sesuatu yang sangat special sebab kenyamanan penghuni menjadi hal yang amat penting. Dinding dapat didekorasi dengan berbagai macam cara, selain menggunakan cat dapat juga menggunakan ubin yang cukup beragam. Memilih ubin untuk dinding merupakan salah satu bagian penting sebelum mendekorasi ulang rumah atau raung di dalam rumah. Ubin untuk dinding bisanya dikerjakan oleh pekerja professional terlebih legi untuk pemotongan yang rumit namun jika ingin memasang sendiri hindari ubin dengan pola yang cukup rumit. Ubin bisanya diperjual belikan per pak atau per kardus. Namun jumlah ubin dalam satu pak dapat bervariasi. Membeli ubin berjumlah 50 merupakan suatu pemborosan apabila hanya mengerjakan area kecil. Sebagian toko besar menjual ubin dengan bentuk eceran , namun harus tetap tahu jumlah ubin yang diperlukan. 

 
Ubin Terbaik bagi Dinding
Ubin Terbaik bagi Dinding



Ubin Terbaik bagi Dinding
Ubin Terbaik bagi Dinding

Ubin Terbaik bagi Dinding
Ubin Terbaik bagi Dinding

Ubin Terbaik bagi Dinding
Ubin Terbaik bagi Dinding

Ubin Terbaik bagi Dinding
Ubin Terbaik bagi Dinding

Memperkirakan kuantitas ubin
Jika belum merencanakan desain penempatan ubin, perlu menghitung keseluruhan area pemasangan. Untuk area terputus cukup kalikan panjang dengan lebar, sedangkan bila ada pintu, jendela, pemanas ruangan, dan sebagainya kalikanlah panjang dengan lebar masing-masing objek tersebut, jumlahkan luas objek-objek tersebut lalu kurangkanlah dengan total total luas permukaan. Untuk mengetahui jumlah ubin yang dibutuhkan bagilah luas area yang akan dilapisi dengan luas masing-masing ubin. Tambahlah sedikit luas ekstra untuk sisa pemotongan dan keretakan yang mungkin akan terjadi. 


Ubin batas
Jika tidak menggunakan ubin universal ubin batas bisa digunakan untuk mengisi kekosongan ruang karena pemakaian sebagian ubin. Ubin batas dipilih karena bisa dikoordinasikan dengan ubin utama atau untuk mengkontraskan dengan ubin utama. Tersedia juga ubin yang sangat dekoratif dengan aneka pilihan. Pastikan lebar ubin sesuai dengan lebar ubin utama dan warna serta glazurnya juga harus serasi. 


Perekat, nat, dan pelapis anti air
Gunakan perekat khusus serta pilih cairan kedap air untuk area yang basah. Nat digunakan untuk mengisi belahan-belahan antar ubin, nat dijual dalam bentuk bubuk atau yang sudah tercampur/ ready-mixed namun lebih mahal. Nat hanya tersedia dalam warna putih atau warna-warna pilihan lainnya. Penggunaan nat kedap air lebih disarankan, dan selalu dipakai pada waktu memasang ubin meja agar menghasilkan penampilan akhir dengan higenis dan kedap air. Ketika memasang ubin di sekitar bathtub, wastafel, atau shower hanya perlu menyediakan pelapis anti air dari silicon agar sambungan ubin tersebut kedap air.
Ubin sebaiknya dipasang pada permukaan kering dan rata. Plaster ulang area yang rusak dan isilah lubang dan retakan kecil dengan cairan pengisi lubang yang bagus. Untuk memasang bagian ubin yang tidak rata akan lebih baik ubin dipasang pada papan terlebih dahulu, dan jangan langsung memasang ubin pada dinding.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Menentukan Ubin Terbaik bagi Dinding

0 comments: