Monday, February 16, 2015

Memilih Lantai Sesuai Ruangan



Memilih Lantai Sesuai Ruangan
Melihat dan meneliti jenis lantai merupakan hal penting sebelum mendekorasi ulang rumah atau raung di dalam rumah. Bagi banyak orang rumah adalah hal terpenting bagi mereka karena merupakan tempat paling nyaman dan paling membuat tenang. Merawat rumah menjadi sesuatu yang sangat special sebab kenyamanan penghuni menjadi hal yang amat penting. Salah satu bagian rumah yang penting adalah lantai. Lantai mempunyai peran yang berat sebab banyak kaki yang akan menginjak-injaknya serta membawa kotoran seperti lumpur atau tanah ke dalam rumah belum lagi kursi, meja atau property lain yang membuat lecet lantai. Jejak-jejak permanen juga sering terlihat menuju satu arah ruangan.

Tipe-tipe lantai
Terdapat tiga tipe dasar jenis lantai yaitu tipe keras seperti ubin keramik, batu dan kayu. Tipe kedua adalah tipe lentur seperti vinyl, linoleum dan karet. Yang terakhir adalah tipe halus yaitu meliputi karpet dan permadani atau lapisan alami serat seperti sisal. 


Desain lantai
Desain lantai

Desain lantai
Desain lantai

Desain lantai
Desain lantai

Desain lantai
Desain lantai

Desain lantai
Desain lantai

Desain lantai
Desain lantai


Pertimbangan sebelum merombak lantai
Ada dua macam pertimbangan sebelum merombak lantai lama dan menggantinya dengan yang baru. Pertama adalah pertimbangan teknis yang meliputi beberapa kadar pemakaian dan kerusakan yang akan ditanggung oleh lantai, sebab lantai yang sering diinjak dan menjadi jalur lintas utama harus berbahan keras dan kuat. Lantai koridor, kamar mandi, dapur, dan kamar anak memperlukan ubin yang mudah dibersihkan serta tidak cepat menyerap debu dan noda. Untuk dapur, rumah kaca, dan ruang depan harus menggunakan lantai permanen. Jika ingin memasang lantai sendiri maka jangan berpikir untuk menggunakan bahan lantai atau gulungan karpet yang besar yang sulit dipasang.
Kedua adalah pertimbangan desain meliputi lantai perlu disesuaikan dengan gaya ruangan sebab pengaruh lantai pada dekorasi ruangan cukup besar sehingga tidak mungkin diabaikan. Jika ingin menciptakan suasana yang menenangkan hindarilah menggunkaan warna-warna kuat dengan pola-pola berani sebab akan terlihat mencolok. Jangan mendisain lantai berpola karena akan tertutupi oleh perabotan dan peralatan, pola-pola menarik akan sangat manis jika dipasang di ruang depan, dapur, koridor, dan ruangan luas yang lega. Pertimbangkanlah ukuran setiap pola dengan skala ruangan, warna-warna pucat dan pola-pola kecil akan terlihat tidak seimbang dengan lantai yang luas. Saat merancang lantai berpola menggunakan ubin atau kayu bercat pertimbangkan bagaimana pola tersebut mempengaruhi kongfigurasi ruangan. Jangan lupa kumpulkan contoh-contoh bahan lantai dan amatilah ruangan yamg akan dipasangi agar dapat melihat efeknya secara langsung.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Memilih Lantai Sesuai Ruangan

0 comments: