Skip to main content

Memahami Warna Untuk Interior Rumah



Memahami Warna Untuk Interior Rumah
Dalam sebuah desain interior bagian yang sangat penting adalah penggunaann warna. Warna dapat menciptakan mood juga suasana sebuah ruangan. Warna merupakan hal pertama yang dilihat ketika seseorang memasuki sebuah ruangan. Warna juga membuat suatu semangat dan membantu untuk dapat berantai. Fungsi warna yang lain adalah untuk mengahadirkan kecerahan dalam wilayah delap dan muram.
Hal mengenai warna
Warna sangat dipengeruhi oleh cahaya, sebelum menempatkan warna pada dinding atau perabot sebaiknya melihat terlebih dahulu jatuhnya cahaya matahari untuk ruangan tersebut agar dapat memberikan efek yang berbeda-beda. Berarnya kadar warna dapat mempengaruhi intensitasnya, sebelum menarik kesimpulan cobalah beberapa warna dengan kadarb yang berbeda-beda agar dapat menyimpulkan dampak yang ditimbulkan dari warna. Tekstur sangat berpengaruh untuk suatu tampilan warna. Presepsi orang terhadap satu warna dipengaruhi oleh warna-warna yang berada di sekitar warna tersebut. Warna netral harus ditambahkan pada tempat pemcampuran warna agar terkesan serasi dan juga memperlembut skema warna.

warna warna interior
warna warna interior

warna warna interior
warna warna interior

warna warna interior
warna warna interior

warna warna interior
warna warna interior


Roda warna
Roda warna dapat menunjukan berubahan warna dan menjadi warna lainya. Roda warna terdiri dari, warna dasar yaitu merah, kuning, dan biru yang tidak dapat dihasilkan dari percampuran warna lain. Kedua adalah warna sekunder seperti jingga (perpaduan antara merah dan kuning), hijau (antara kuning dan biru), dan ungu (antara biru dan merah). Ketiga adalah warna tersier yang merupakan perpaduan antara warna sekunder primer seperti biru dengan hijau atau jingga dengan merah. Untuk hitam, putih, dan abu-abu secara teknis mereka bukan warna karena hanya timbul akibat dengan ada-tidaknya cahaya.
Warna sering disebut sebagai corak (hue) yaitu warna murni tanpa tambahan warna netral. Selain itu warna sering disebut juga rona (tint) yang merupakan hue dengan berbagai tingkatan percampuran dengan putih. Terakhir warna sering disebut sebagai nuansa (shade) yang diperoleh dari campuran hue dengan hitam, untuk hue yang dihasilkan dengan pencampuran abu-abau sering disebut nada (tone) atau mid-tone.
Warna-warna pada roda warna memberikan kesan masing-masing. Merah pada roda warna terkesan hangat dan terkesan bergerak menuju mata yang melihat. Untuk warna biru pada roda warna seakan-akan member nuansa sejuk namun terkesan menjauh dan membuat ruangan terkesan luas kecuali biru tua yang malah terkesan menjadi sempit. Hangat atau sejuknya sebuah warna ditentukan dari besarnya kadar hue yang dipergunakan untuk campurannya. Beberapa warna hijau dapat terkesan hangat apabila bercampur dengan warna kuning dan akan berkesan sejuk bila dicampur dengan warna biru.

Comments

Popular posts from this blog

Langkah Mudah Membuat Gorden Berpita

Langkah Mudah Membuat Gorden Berpita Gorden berpita salah satu soft furnishing yang berupa gorden yang dapat ditemui di setiap rumah-rumah di seluruh dunia. Sungguh bahagia tinggal disebuah rumah yang merupakan milik pribadi yang nanti akhirnya bisa menciptakan rumah yang selalu didambakan. Kain dan dekorasi mempunyai pengaruh besar tapi keduanya sulit untuk diterapkan di rumah-rumah modern dan biaya serta perawatannya harus sepadan. Jika anggaran sedikit sebisa mungkin jangan membuat kesalahan dalam menciptakan kenyamanan rumah dengan menggunakan soft furnishing. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengerti bagaimana soft furnishing yang akan membantu dalam mengembangkan gaya dokorasi pribadi sendiri pada rumah yang selama ini diidamkan. Salah satu dekorasi gorden yang sering dilakukan adalah membuat gorden berpita. Bahan yang diperlukan untuk membuat gorden ini adalah perlengkapan dasar menjahit, bahan kain gorden, kain untuk membuat pita dan kerahnya, dan benang jahit yang s…

Awal Mula Masa Perkembangan Arsitektur Pra Modern

Awal Mula Masa Perkembangan Arsitektur Pra Modern Arsitektur pra modern merupakan arsitektur awal dari perkembangan arsitektur Indonesia yang terjadi hingga sekarang. Asia merupakan sebuah benua yang sangat besar dengan ekspresi arsitektur yang kaya dan perpaduan yang mempesona antara budaya dan gaya hidup. Tempat berkembangnya unsure-unsur kuno dan modern ditambah dengan unsure-unsur Asia itu sendiri dan non-Asia yang telah bercampur selama berabad-abad. Wilayah yang paling signifikan untuk membangun arsitektur dengan unsure-unsur perpaduan tersebut adalah Indonesia. Sebab Indonesia memiliki lokasi dan keterbukaannya sebagai sebuah Negara kepulauan dan juga telah lama menjadi tempat pertukaran dan persilangan antara berbagai budaya dan peradaban. Perubahan arsitektur tersebut terwujud pada berbagai gaya dan bentuk arsitektur Indonesia dengan keragaman dan percampuran yang luar biasa sepanjang sejarah Indonesia. Bersama dengan itu, bentuk-bentuk dari arsitektur dan bentuk-bentuk tata ko…

Indah Warna Harmonis dan Kontras