Skip to main content

Kuatnya Lantai Berbahan Keras



Kuatnya Lantai Berbahan Keras
Melihat dan meneliti jenis lantai merupakan hal penting sebelum mendekorasi ulang rumah atau raung di dalam rumah. Bagi banyak orang rumah adalah hal terpenting bagi mereka karena merupakan tempat paling nyaman dan paling membuat tenang. Merawat rumah menjadi sesuatu yang sangat special sebab kenyamanan penghuni menjadi hal yang amat penting. Salah satu bagian rumah yang penting adalah lantai. Lantai mempunyai peran yang berat sebab banyak kaki yang akan menginjak-injaknya serta membawa kotoran seperti lumpur atau tanah ke dalam rumah belum lagi kursi, meja atau property lain yang membuat lecet lantai. Jejak-jejak permanen juga sering terlihat menuju satu arah ruangan. Ada tiga jenis lantai salah satunya adalah lantai keras.

Kekurangan dan kelebihan lantai keras
Kelebihan lantai keras terletak pada keawetan dan tahan lama, semakin lama akan terlihat semakin bagus, dan perawatan yang cenderung mudah dan tahan noda jika dilapisi. Sedangkan kekurangan lantai keras yaitu tidak nyaman untuk telapak kaki (bukan pilihan yang baik untuk dapur bagi orang yang memiliki hobi memasak), berisik dan tidak praktis untuk digunakan di flat atau apartemen, dan berat sebab lantai balok silang maungkin harus diperkuat terutama di lantai atas. 

lantai keras
lantai keras

lantai keras
lantai keras

lantai keras
lantai keras

Jenis lantai keras
Salah satu lantai keras adalah batu bata untuk ruang masuk, ruang keluarga dengan rumah bernuansa masa tertentu, serta rumah kaca namun tidak praktis untuk dapur. Batu bata mudah terkikis dan sangat menyerap air bila tidak dilapisi.
Jenis kedua adalah ubin keramik yang cocok untuk runag depan, dapur, dan ruang makan. Ubin keramik tidak menggunakan banyak glazur sehingga tidak licin dan jangan memandang ubin dinding pada lantai.
Jenis ketiga adalah ubin enkaustik yang juga disebut ubin Victorian sebab sering ditemukan pada koridor dan serambi rumah yang dibangun pada era tersebut. Pola ubin ini biasanya geomatris atau heraldik yang dibuat dalam tatahan yang tidak pernah using.
Jenis keempat beton merupakan jenis paling umum digunakan sebagai dasar lantai rumah modern namun dapat menjadi permukaan lantai yang baik jika halus dan dilapisi dengan damar anti-licin khusus. Beton dapat dipasang dalam bentuk tuangan ke atas lantai. Beton juga dapat diwarnai dengan pigmen dan dipasangi bahan-bahan dekoratif.
Jenis kelima adalah batu tulis yang biasanya agak kasar sehingga tidak licin dan aman bagi kaki namun jenis ubin lantai ini cukup sulit untuk dibersihkan dan pastikan ubin yang dibeli memang untuk lantai bukan untuk atap atau melapisi dinding.
Jenis terakhir adalah kayu yang banyak digunakan untuk rumah lama dan lantai tutupan terbuat dari papan yang dipasang pada kasau. Strip kayu dan lapisan kayu halus merupakan alternative yang sering digunakan.

Comments

Popular posts from this blog

Langkah Mudah Membuat Gorden Berpita

Langkah Mudah Membuat Gorden Berpita Gorden berpita salah satu soft furnishing yang berupa gorden yang dapat ditemui di setiap rumah-rumah di seluruh dunia. Sungguh bahagia tinggal disebuah rumah yang merupakan milik pribadi yang nanti akhirnya bisa menciptakan rumah yang selalu didambakan. Kain dan dekorasi mempunyai pengaruh besar tapi keduanya sulit untuk diterapkan di rumah-rumah modern dan biaya serta perawatannya harus sepadan. Jika anggaran sedikit sebisa mungkin jangan membuat kesalahan dalam menciptakan kenyamanan rumah dengan menggunakan soft furnishing. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengerti bagaimana soft furnishing yang akan membantu dalam mengembangkan gaya dokorasi pribadi sendiri pada rumah yang selama ini diidamkan. Salah satu dekorasi gorden yang sering dilakukan adalah membuat gorden berpita. Bahan yang diperlukan untuk membuat gorden ini adalah perlengkapan dasar menjahit, bahan kain gorden, kain untuk membuat pita dan kerahnya, dan benang jahit yang s…

Awal Mula Masa Perkembangan Arsitektur Pra Modern

Awal Mula Masa Perkembangan Arsitektur Pra Modern Arsitektur pra modern merupakan arsitektur awal dari perkembangan arsitektur Indonesia yang terjadi hingga sekarang. Asia merupakan sebuah benua yang sangat besar dengan ekspresi arsitektur yang kaya dan perpaduan yang mempesona antara budaya dan gaya hidup. Tempat berkembangnya unsure-unsur kuno dan modern ditambah dengan unsure-unsur Asia itu sendiri dan non-Asia yang telah bercampur selama berabad-abad. Wilayah yang paling signifikan untuk membangun arsitektur dengan unsure-unsur perpaduan tersebut adalah Indonesia. Sebab Indonesia memiliki lokasi dan keterbukaannya sebagai sebuah Negara kepulauan dan juga telah lama menjadi tempat pertukaran dan persilangan antara berbagai budaya dan peradaban. Perubahan arsitektur tersebut terwujud pada berbagai gaya dan bentuk arsitektur Indonesia dengan keragaman dan percampuran yang luar biasa sepanjang sejarah Indonesia. Bersama dengan itu, bentuk-bentuk dari arsitektur dan bentuk-bentuk tata ko…

Indah Warna Harmonis dan Kontras