Monday, February 16, 2015

Kesederhanaan Warna-warna Netral



Kesederhanaan Warna-warna Netral
Warna yang menawan dan terlihat sederhana adalah warna-warna netral. Warna dapat menciptakan mood juga suasana untuk penghuni ruang tersebut. Warna merupakan hal pertama yang dilihat ketika seseorang memasuki sebuah ruangan. Warna juga membuat suatu semangat dan membantu untuk dapat berantai. Fungsi warna yang lain adalah untuk mengahadirkan kecerahan dalam wilayah delap dan muram. Ada tiga warna netral sejati yaitu putih, hitam, dan abu-abu. Namun ada beberapa warna yang sering dianggap sebagai warna netral yaitu broken white, krem, beige, taupe, serta warna coklat muda pada bebatuan, kayu, linen polos, atau wol. Warna netral menciptakan kesann harmonis dan efektif untuk menciptakan nuansa kontemporer. Sayangnya kebersihan dari warn netral sangat sulit dijaga. Hitam dan putih dapat dipergunakan untuk menciptakan pola yang berani dan kombinasi paling menarik namun seklaigus kombinasi paling mengganggu dan harus digunakan dengan hati-hati.

Interior warna warna netral
Interior warna warna netral

Interior warna warna netral
Interior warna warna netral

Interior warna warna netral
Interior warna warna netral

Interior warna warna netral
Interior warna warna netral

Menambah warna aksen
Warna aksen tidak hanya diterapkan pada aksesoris namun juga dapat diterapkan pada kain, wallpaper, serta lantai. Untuk warna dominan pada suatu pola harus senada dengan skemanya yaitu warna-warna sekunder lebih menonjol pada aksesoris yang polos. Untuk menciptakan keseimbangan warna harus ditambahkan wrana dengan aksen hangat pada skema yang sejuk atau sebaliknya dan warna terang dan kuat pada skema warna yang netral. Warna aksen dapat diamplikasikan ke ruang keluarga dan ruang makan pada benda-benda seperti bantal atau sarung bantalan kursi, karpet, tamanan dan bunga, gelas atau porselen, tiang lampu dan tirai, taplak meja, atau lilin dan tempat lilin.

Warna netral dan skema campuran
Warna netral akan terlihat membosankan jika berdiri sendiri, maka ada baiknya warna tersebut dihidupkan dengan warna aksen yang kontras. Pilih warna hangat atau warna sejuk yang sesuai selera. Skema yang didominasi oleh warna netral dapat menggunakan aksen yang berbeda dengan memadukan sejuk dan hangat atau hanya menambanhkan warna-warna senada dari satu atau dua warna. Warna-warna netral dapat memberikan kontribusi bagi skema-skema warna yang lain. Warna netral sering menjadi warna latar belakang yang baik pada kain bermotif dan penutup dinding.

Putih tidak berwarna putih
Seringkali warna yang dianggap warna netral, khususnya yang mendekati putih padahal sesungguhnya merupakan rona terpucat yang mendekati warna asli. Krem bisa jadi merupakan warna yang condong ke kuning atau merah muda, atau warna greiges (perpaduan antara abu-abu dengan abu-abu kecoklatan) bisa memiliki undertone jingga hangat atau biru sejuk. Contoh dari kasus warna tersebut adalah kain wol yang bewarna sedikit gelap dapat saja terlihat abu-abu jika terlihat didekat padanan yang tepat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kesederhanaan Warna-warna Netral

0 comments: