Skip to main content

Keindahan Skema-skema Warna

Keindahan Skema-skema Warna
Skema warna cantik tidak mudah diwujudkan begitu saja karena segalanya perlu perencanaan. Cara terbaik untuk melakukan skema warna adalah dengan melihat contoh-contoh bahan yang akan dipakai dan mengamatinya di dalam ruangan tersebut baik di siang hari maupun di bawah pencahayaan buatan.
 
Keindahan Skema-skema Warna
Keindahan Skema-skema Warna

Keindahan Skema-skema Warna
Keindahan Skema-skema Warna


Memanfaatkan hal-hal yang sudah ada
Semua ruangan mempunyai karakterristik tersendiri yang dapat dipergunakan untuk membuat skema warna. Karakteristik pertama adalah gaya arsitektur yang mencakup gaya keseluruhan dari suatu ruangan dengan cirri khas yang harus ditonjolkan. Seperti menciptakan perapian yang menarik perlu diberi penegasan, lekukan cerobong asap yang menjorok ke dalam dapat diwarnai dengan warna gelap yang terang untuk menonjolkan bingkai perapian berwarna lembut atau mengecat warna pucat yang kontras dengan lingkungan yang gelap. Karakteristik kedua adalah orientasi ruangan dan banyaknya cahaya ynag diterima. Untuk ruangan yang tidak memperoleh cukup cahaya matahari pagi dapat menggunakan warna-warna hangat. Sedangakan ruang yang dimandikan dengan cahaya matahari yang dingin pada malam hari lebih cocok untuk diberi warna mentari yang agak pucat. Ruangan yang hangat mulai dari siang hingga seterusnya lebih baik diberi warna sejuk dan pudar. Terakhir adalah ukuran ruangan, untuk rungan berukuran kecil dapat menimbulkan klaostrofobia jika menggunakan warna-warna tajam dan akan lebih baik jika menggunakan warna pucat sejuk seperti biru, hijau, atau liliac dan juga warna-warna netral yang menciptakan kesan luas. Menambah cermin agar memantulkan cahaya dan member kesan ruangan tampak luas. Jika menata ruang yang luas maka dapat menggunakan warna kontras dan tajam denga pola-pola mencolok untuk menciptakan efek yang lebih nyaman.

 
Keindahan Skema-skema Warna
Keindahan Skema-skema Warna

Keindahan Skema-skema Warna
Keindahan Skema-skema Warna

Menyeimbangkan warna dengan pola
Penting untuk menyeimbangkan warna dengan pola pada skala pemaikannya. Warna yang terang, pola yang berani dan mencolok terlihat lebih kuat untuk permukaan dinding yang luas. Pola-pola kecil menghasilkan efek yang berbeda jika dipandang dengan skala besar, gambar-gambar kecil akan terlihat mengabur dan akan menonjolkan kesan tekstur dan bukan pola yang berbeda ketika diaplikasikan pada seluruh dinding. Mengkombinasikan pola merupakan salah satu skema yang paling cerdas agar dapat diaplikasikan. Penggunaan rentang waktu yang terlalu luas akan membuat pola menjuadi berantankan, maka carilah pola dengan skema warna yang mirip. Jangan lupa untuk menggunakan warna-warna netral agar menghasilkan keseimbangan skema.

Comments

Popular posts from this blog

Langkah Mudah Membuat Gorden Berpita

Langkah Mudah Membuat Gorden Berpita Gorden berpita salah satu soft furnishing yang berupa gorden yang dapat ditemui di setiap rumah-rumah di seluruh dunia. Sungguh bahagia tinggal disebuah rumah yang merupakan milik pribadi yang nanti akhirnya bisa menciptakan rumah yang selalu didambakan. Kain dan dekorasi mempunyai pengaruh besar tapi keduanya sulit untuk diterapkan di rumah-rumah modern dan biaya serta perawatannya harus sepadan. Jika anggaran sedikit sebisa mungkin jangan membuat kesalahan dalam menciptakan kenyamanan rumah dengan menggunakan soft furnishing. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengerti bagaimana soft furnishing yang akan membantu dalam mengembangkan gaya dokorasi pribadi sendiri pada rumah yang selama ini diidamkan. Salah satu dekorasi gorden yang sering dilakukan adalah membuat gorden berpita. Bahan yang diperlukan untuk membuat gorden ini adalah perlengkapan dasar menjahit, bahan kain gorden, kain untuk membuat pita dan kerahnya, dan benang jahit yang s…

Awal Mula Masa Perkembangan Arsitektur Pra Modern

Awal Mula Masa Perkembangan Arsitektur Pra Modern Arsitektur pra modern merupakan arsitektur awal dari perkembangan arsitektur Indonesia yang terjadi hingga sekarang. Asia merupakan sebuah benua yang sangat besar dengan ekspresi arsitektur yang kaya dan perpaduan yang mempesona antara budaya dan gaya hidup. Tempat berkembangnya unsure-unsur kuno dan modern ditambah dengan unsure-unsur Asia itu sendiri dan non-Asia yang telah bercampur selama berabad-abad. Wilayah yang paling signifikan untuk membangun arsitektur dengan unsure-unsur perpaduan tersebut adalah Indonesia. Sebab Indonesia memiliki lokasi dan keterbukaannya sebagai sebuah Negara kepulauan dan juga telah lama menjadi tempat pertukaran dan persilangan antara berbagai budaya dan peradaban. Perubahan arsitektur tersebut terwujud pada berbagai gaya dan bentuk arsitektur Indonesia dengan keragaman dan percampuran yang luar biasa sepanjang sejarah Indonesia. Bersama dengan itu, bentuk-bentuk dari arsitektur dan bentuk-bentuk tata ko…

Indah Warna Harmonis dan Kontras