Sunday, February 15, 2015

Keindahan Skema-skema Warna

Keindahan Skema-skema Warna
Skema warna cantik tidak mudah diwujudkan begitu saja karena segalanya perlu perencanaan. Cara terbaik untuk melakukan skema warna adalah dengan melihat contoh-contoh bahan yang akan dipakai dan mengamatinya di dalam ruangan tersebut baik di siang hari maupun di bawah pencahayaan buatan.
 
Keindahan Skema-skema Warna
Keindahan Skema-skema Warna

Keindahan Skema-skema Warna
Keindahan Skema-skema Warna


Memanfaatkan hal-hal yang sudah ada
Semua ruangan mempunyai karakterristik tersendiri yang dapat dipergunakan untuk membuat skema warna. Karakteristik pertama adalah gaya arsitektur yang mencakup gaya keseluruhan dari suatu ruangan dengan cirri khas yang harus ditonjolkan. Seperti menciptakan perapian yang menarik perlu diberi penegasan, lekukan cerobong asap yang menjorok ke dalam dapat diwarnai dengan warna gelap yang terang untuk menonjolkan bingkai perapian berwarna lembut atau mengecat warna pucat yang kontras dengan lingkungan yang gelap. Karakteristik kedua adalah orientasi ruangan dan banyaknya cahaya ynag diterima. Untuk ruangan yang tidak memperoleh cukup cahaya matahari pagi dapat menggunakan warna-warna hangat. Sedangakan ruang yang dimandikan dengan cahaya matahari yang dingin pada malam hari lebih cocok untuk diberi warna mentari yang agak pucat. Ruangan yang hangat mulai dari siang hingga seterusnya lebih baik diberi warna sejuk dan pudar. Terakhir adalah ukuran ruangan, untuk rungan berukuran kecil dapat menimbulkan klaostrofobia jika menggunakan warna-warna tajam dan akan lebih baik jika menggunakan warna pucat sejuk seperti biru, hijau, atau liliac dan juga warna-warna netral yang menciptakan kesan luas. Menambah cermin agar memantulkan cahaya dan member kesan ruangan tampak luas. Jika menata ruang yang luas maka dapat menggunakan warna kontras dan tajam denga pola-pola mencolok untuk menciptakan efek yang lebih nyaman.

 
Keindahan Skema-skema Warna
Keindahan Skema-skema Warna

Keindahan Skema-skema Warna
Keindahan Skema-skema Warna

Menyeimbangkan warna dengan pola
Penting untuk menyeimbangkan warna dengan pola pada skala pemaikannya. Warna yang terang, pola yang berani dan mencolok terlihat lebih kuat untuk permukaan dinding yang luas. Pola-pola kecil menghasilkan efek yang berbeda jika dipandang dengan skala besar, gambar-gambar kecil akan terlihat mengabur dan akan menonjolkan kesan tekstur dan bukan pola yang berbeda ketika diaplikasikan pada seluruh dinding. Mengkombinasikan pola merupakan salah satu skema yang paling cerdas agar dapat diaplikasikan. Penggunaan rentang waktu yang terlalu luas akan membuat pola menjuadi berantankan, maka carilah pola dengan skema warna yang mirip. Jangan lupa untuk menggunakan warna-warna netral agar menghasilkan keseimbangan skema.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Keindahan Skema-skema Warna

0 comments: