Tuesday, February 17, 2015

Karpet, Permadani, dan Pelapis Tangga



Karpet, Permadani, dan Pelapis Tangga
Karpet merupakan pilihan yang cukup populer karena sangat mudah didapat dengan ukuran, desain hingga warna yang beragam. Bahan dasar pembutan karpet dan juga cara pembutannya mempengaruhi kesan dan keawetannya. Sebaiknya sebelum membeli karpet bacalah dengan teliti dan ikutilah saran dari sang penjual. Pastikan juga bahwa harga yang tercantum sudah termasuk kain alas dan perlengkapan pemasangan. Selain metode pembuatan, jenis-jenis karpet dan juga serat yang digunakan ada beberapa bagian lain dari karpet yang juga harus diperhatikan.

Lapisan bawah karpet
Karpet akan bertahan lebih lama dan juga lebih nyaman apabila diberi bantalan berupa underlay. Underlay biasanya terbentuk dari tipe rambut kempa, karet, atau busa plastic yang akan menambah unsur membal. Kedua tipe tersebut seharusnya sudah dipasang oleh produsen karpet saat diproduksi.

Menentukan ukuran
Badan atau strip yang tidak lebar digunakan sebagai alas pada koridor dan tangga. Karpet lebar (broadloom dijual dengan kelipatan 1 meter hingga mencapai 5 meter. 

Ubin karpet
Ubin karpet biasanya dapat dipotong dan disesuaikan dengan bentuk janggal melingkar yang berguna bagi ruangan yang berbentuk tak teratur atau kecil. Ubin satuan ini dapat diangkat dan diganti namun tidak akan bisa dipasang pada tempat basah seperti kamar mandi. Ubin karpet harus dipasang dengan perekat fleksibel pada tiap sudutnya atau dengan double tape khusus. Ubin karpet dapat dibentuk menjadi aneka desain menarik, seperti pola papan catur dan pola chevon, lis, belang-belang hingga pola kotak menyilang, bahkan bisa dibuat menjadi motif tatahan apabila ubin dipotong dengan akurat.


Karpet
Karpet

Karpet
Karpet

Karpet
Permadani


Permadani
Permadani menambah daya tarik dan warna sebuah ruangan sekaligus memberikan perlindungan bagi karpet atau kayu. Permadani dapat dibawa jika ingin dipindah-pindahkan. Sesuaikan permadani dengan keinginan. Permadani yang banyak digunakan adalah tipe etnik sehingga permadani oriental yang mahal meliputi beraneka ragam kelim, duri, atau kulit hewan. Permadanin dengan bulu kempa, katun, dan permadani perca cocok untuk gaya pondok. Untuk keselamatan pasanglah permadani dengan alas anti selip supaya tidak akan bergeser di atas lantai yang licin dan tidak meliput di atas karpet. 

Permadani
Permadani

Permadani
Permadani

Permadani
Permadani


Jenis pelapis tangga
Karpet penutup tangga harus dipasang oleh para ahli dan tidak semua jenis karpet cocok maka dari itu harus mintalah pendapat ahli. Pilihan kedua rel karpet yang membiarkan sebagian bidang pada kedua belah sisi anak tangga tidak ditutupi. Rel karpet jauh lebih mudah dipasang dibandingkan dengan karpet penutup karena ditempatkan pada balok tangga ke dalam sisipan atau lubang. Yang ketiga adalah ubin karpet yang sudah diberi desain akan terlihat sangat efektif pada tangga. Keempat adalah ubin keramik yang cocok dengan gaya Mediterania atau Afrika Utara.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Karpet, Permadani, dan Pelapis Tangga

0 comments: