Skip to main content

Karpet, Permadani, dan Pelapis Tangga



Karpet, Permadani, dan Pelapis Tangga
Karpet merupakan pilihan yang cukup populer karena sangat mudah didapat dengan ukuran, desain hingga warna yang beragam. Bahan dasar pembutan karpet dan juga cara pembutannya mempengaruhi kesan dan keawetannya. Sebaiknya sebelum membeli karpet bacalah dengan teliti dan ikutilah saran dari sang penjual. Pastikan juga bahwa harga yang tercantum sudah termasuk kain alas dan perlengkapan pemasangan. Selain metode pembuatan, jenis-jenis karpet dan juga serat yang digunakan ada beberapa bagian lain dari karpet yang juga harus diperhatikan.

Lapisan bawah karpet
Karpet akan bertahan lebih lama dan juga lebih nyaman apabila diberi bantalan berupa underlay. Underlay biasanya terbentuk dari tipe rambut kempa, karet, atau busa plastic yang akan menambah unsur membal. Kedua tipe tersebut seharusnya sudah dipasang oleh produsen karpet saat diproduksi.

Menentukan ukuran
Badan atau strip yang tidak lebar digunakan sebagai alas pada koridor dan tangga. Karpet lebar (broadloom dijual dengan kelipatan 1 meter hingga mencapai 5 meter. 

Ubin karpet
Ubin karpet biasanya dapat dipotong dan disesuaikan dengan bentuk janggal melingkar yang berguna bagi ruangan yang berbentuk tak teratur atau kecil. Ubin satuan ini dapat diangkat dan diganti namun tidak akan bisa dipasang pada tempat basah seperti kamar mandi. Ubin karpet harus dipasang dengan perekat fleksibel pada tiap sudutnya atau dengan double tape khusus. Ubin karpet dapat dibentuk menjadi aneka desain menarik, seperti pola papan catur dan pola chevon, lis, belang-belang hingga pola kotak menyilang, bahkan bisa dibuat menjadi motif tatahan apabila ubin dipotong dengan akurat.


Karpet
Karpet

Karpet
Karpet

Karpet
Permadani


Permadani
Permadani menambah daya tarik dan warna sebuah ruangan sekaligus memberikan perlindungan bagi karpet atau kayu. Permadani dapat dibawa jika ingin dipindah-pindahkan. Sesuaikan permadani dengan keinginan. Permadani yang banyak digunakan adalah tipe etnik sehingga permadani oriental yang mahal meliputi beraneka ragam kelim, duri, atau kulit hewan. Permadanin dengan bulu kempa, katun, dan permadani perca cocok untuk gaya pondok. Untuk keselamatan pasanglah permadani dengan alas anti selip supaya tidak akan bergeser di atas lantai yang licin dan tidak meliput di atas karpet. 

Permadani
Permadani

Permadani
Permadani

Permadani
Permadani


Jenis pelapis tangga
Karpet penutup tangga harus dipasang oleh para ahli dan tidak semua jenis karpet cocok maka dari itu harus mintalah pendapat ahli. Pilihan kedua rel karpet yang membiarkan sebagian bidang pada kedua belah sisi anak tangga tidak ditutupi. Rel karpet jauh lebih mudah dipasang dibandingkan dengan karpet penutup karena ditempatkan pada balok tangga ke dalam sisipan atau lubang. Yang ketiga adalah ubin karpet yang sudah diberi desain akan terlihat sangat efektif pada tangga. Keempat adalah ubin keramik yang cocok dengan gaya Mediterania atau Afrika Utara.

Comments

Popular posts from this blog

Langkah Mudah Membuat Gorden Berpita

Langkah Mudah Membuat Gorden Berpita Gorden berpita salah satu soft furnishing yang berupa gorden yang dapat ditemui di setiap rumah-rumah di seluruh dunia. Sungguh bahagia tinggal disebuah rumah yang merupakan milik pribadi yang nanti akhirnya bisa menciptakan rumah yang selalu didambakan. Kain dan dekorasi mempunyai pengaruh besar tapi keduanya sulit untuk diterapkan di rumah-rumah modern dan biaya serta perawatannya harus sepadan. Jika anggaran sedikit sebisa mungkin jangan membuat kesalahan dalam menciptakan kenyamanan rumah dengan menggunakan soft furnishing. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengerti bagaimana soft furnishing yang akan membantu dalam mengembangkan gaya dokorasi pribadi sendiri pada rumah yang selama ini diidamkan. Salah satu dekorasi gorden yang sering dilakukan adalah membuat gorden berpita. Bahan yang diperlukan untuk membuat gorden ini adalah perlengkapan dasar menjahit, bahan kain gorden, kain untuk membuat pita dan kerahnya, dan benang jahit yang s…

Awal Mula Masa Perkembangan Arsitektur Pra Modern

Awal Mula Masa Perkembangan Arsitektur Pra Modern Arsitektur pra modern merupakan arsitektur awal dari perkembangan arsitektur Indonesia yang terjadi hingga sekarang. Asia merupakan sebuah benua yang sangat besar dengan ekspresi arsitektur yang kaya dan perpaduan yang mempesona antara budaya dan gaya hidup. Tempat berkembangnya unsure-unsur kuno dan modern ditambah dengan unsure-unsur Asia itu sendiri dan non-Asia yang telah bercampur selama berabad-abad. Wilayah yang paling signifikan untuk membangun arsitektur dengan unsure-unsur perpaduan tersebut adalah Indonesia. Sebab Indonesia memiliki lokasi dan keterbukaannya sebagai sebuah Negara kepulauan dan juga telah lama menjadi tempat pertukaran dan persilangan antara berbagai budaya dan peradaban. Perubahan arsitektur tersebut terwujud pada berbagai gaya dan bentuk arsitektur Indonesia dengan keragaman dan percampuran yang luar biasa sepanjang sejarah Indonesia. Bersama dengan itu, bentuk-bentuk dari arsitektur dan bentuk-bentuk tata ko…

Indah Warna Harmonis dan Kontras