Skip to main content

Kamar Tidur dengan Multifungsi



Kamar Tidur dengan Multifungsi
Zaman sekarang fingsi tepat tidur bukan hanya tempat untuk beristirahat melainkan sudah lebih dari itu. Kamar tidur telah menjadi tempat favorit untuk melakukan banyak kegiatan seperti bekerja, belajar, menjalankan hobi hingga untuk menerima tamu. Sebagian orang bahkan telah memasukan kamar mandi, ruang makan ukuran kecil, atau hanya sekedar dapur mungil yang praktis di dalam tempat tidur. Hal inilah yang disebut dengan kamar multifungsi yang biasa diterapkan pada apartemen tipe studio atau tempat tinggal dengan satu kamar. Kamar tidur yang kompleks ini memerlukan luas ruang yang lebih besar daripada kamar yang berfungsi untuk tidur saja atau luas kamar tidur minimal. Namun luas yang dibutuhkan untuk kamar multifungsi ini tetap tergantung pada banyaknya fungsi yang akan ditampung dan juga jumlah perabit yang akan mengisi kamar.

Kamar Tidur Multifungsi
Kamar Tidur Multifungsi



Kamar Tidur Multifungsi
Kamar Tidur Multifungsi

Kamar Tidur Multifungsi
Kamar Tidur Multifungsi

Kamar Tidur Multifungsi
Kamar Tidur Multifungsi


Pengelompokan fungsi
Meskipun dalam satu kesatuan ruangan, kegiatan di dalam kamar hendaknya dikelompokkan menurut fungsinya seperti kegiatan tidur, menyimpan perlengkapan pribadi, menonton televisi harus berada dalam satu kelompok area. Kegiatan lain seperti duduk-duduk, membaca, menjalankan hobi, atau hanya bekerja diletakkan dalam satu kesatuan area. Atau kegiatan mandi, berias, dan servise lainnya dapat dikelompokkan dalam satu kesatuan area. Fungsi dari pengelompokan ini bersifat fleksibel, bergantung pada kebutuhan, kebutuhan, atau bahkan selera penghuninya. Untuk pemisah masing-masing area bisa berupa pertisi yang bisa dipindah-pindahkan atau dengan meletakkan perabot seperti almari rendah sebagai pemisah. Bahkan dengan mengelompokkan mebel-mebel di dalam ruangan secara otomatis akan menciptakan pemisah transparan.
Menata kamar tidur multifungsi
Sebab banyaknya jeniskegiatan harus diakomodasi dalam satu ruangan, lebih tepat lagi jika kamar tidur dengan multifungsi dapat dilengkapi dengan perabot-perabot yang simple dan sederhana sehingga dapat berfungsi ganda.
Walau mempunyai beberpa fungsi, dekorasi kamar multifungsi harus dengan tatanan selaras dan serasi. Pertama-tama tetapkan dulu tema dan gaya dekorasi kamar, lalu tatalah setiap sudut kamar secara konsisten terhadap tema dan gaya yang telah ditetapkan. Perbedaan warna juga motif tetap dapat digunakan namun harus tetap selaras dengan tema yang digunakan pada kamar tidur.
Mebel yang dibutuhkan kamar tidur multifungsi
Tentu saja untuk kamar dengan berbagai macam fungsi harus mempunyai fungsi ganda. Seperti tempat tidur yang dapat berupa tempat tidur lipat, sofa tidur atau tempat tidur yang di bawahnya terdapat lacai-laci penyimpanan, atau tempat tidur sistem mezanin. Untuk kursi sebaiknya menggunakan sofa tunggal atau wing chair yang nyaman untuk istirahat juga membaca. Sediakan juga kursi lipat cadangan bila ada tamu yang datang untuk menginap. Meja kerja sebaiknya juga dapat digunakan menjadi meja makan atau mengerjakan hobi di rumah, maka pilihlah meja lipat yang menyatu dengan almari penyimpanan.

Comments

Popular posts from this blog

Langkah Mudah Membuat Gorden Berpita

Langkah Mudah Membuat Gorden Berpita Gorden berpita salah satu soft furnishing yang berupa gorden yang dapat ditemui di setiap rumah-rumah di seluruh dunia. Sungguh bahagia tinggal disebuah rumah yang merupakan milik pribadi yang nanti akhirnya bisa menciptakan rumah yang selalu didambakan. Kain dan dekorasi mempunyai pengaruh besar tapi keduanya sulit untuk diterapkan di rumah-rumah modern dan biaya serta perawatannya harus sepadan. Jika anggaran sedikit sebisa mungkin jangan membuat kesalahan dalam menciptakan kenyamanan rumah dengan menggunakan soft furnishing. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengerti bagaimana soft furnishing yang akan membantu dalam mengembangkan gaya dokorasi pribadi sendiri pada rumah yang selama ini diidamkan. Salah satu dekorasi gorden yang sering dilakukan adalah membuat gorden berpita. Bahan yang diperlukan untuk membuat gorden ini adalah perlengkapan dasar menjahit, bahan kain gorden, kain untuk membuat pita dan kerahnya, dan benang jahit yang s…

Awal Mula Masa Perkembangan Arsitektur Pra Modern

Awal Mula Masa Perkembangan Arsitektur Pra Modern Arsitektur pra modern merupakan arsitektur awal dari perkembangan arsitektur Indonesia yang terjadi hingga sekarang. Asia merupakan sebuah benua yang sangat besar dengan ekspresi arsitektur yang kaya dan perpaduan yang mempesona antara budaya dan gaya hidup. Tempat berkembangnya unsure-unsur kuno dan modern ditambah dengan unsure-unsur Asia itu sendiri dan non-Asia yang telah bercampur selama berabad-abad. Wilayah yang paling signifikan untuk membangun arsitektur dengan unsure-unsur perpaduan tersebut adalah Indonesia. Sebab Indonesia memiliki lokasi dan keterbukaannya sebagai sebuah Negara kepulauan dan juga telah lama menjadi tempat pertukaran dan persilangan antara berbagai budaya dan peradaban. Perubahan arsitektur tersebut terwujud pada berbagai gaya dan bentuk arsitektur Indonesia dengan keragaman dan percampuran yang luar biasa sepanjang sejarah Indonesia. Bersama dengan itu, bentuk-bentuk dari arsitektur dan bentuk-bentuk tata ko…

Indah Warna Harmonis dan Kontras