Tuesday, February 17, 2015

Kamar Tidur dengan Multifungsi



Kamar Tidur dengan Multifungsi
Zaman sekarang fingsi tepat tidur bukan hanya tempat untuk beristirahat melainkan sudah lebih dari itu. Kamar tidur telah menjadi tempat favorit untuk melakukan banyak kegiatan seperti bekerja, belajar, menjalankan hobi hingga untuk menerima tamu. Sebagian orang bahkan telah memasukan kamar mandi, ruang makan ukuran kecil, atau hanya sekedar dapur mungil yang praktis di dalam tempat tidur. Hal inilah yang disebut dengan kamar multifungsi yang biasa diterapkan pada apartemen tipe studio atau tempat tinggal dengan satu kamar. Kamar tidur yang kompleks ini memerlukan luas ruang yang lebih besar daripada kamar yang berfungsi untuk tidur saja atau luas kamar tidur minimal. Namun luas yang dibutuhkan untuk kamar multifungsi ini tetap tergantung pada banyaknya fungsi yang akan ditampung dan juga jumlah perabit yang akan mengisi kamar.

Kamar Tidur Multifungsi
Kamar Tidur Multifungsi



Kamar Tidur Multifungsi
Kamar Tidur Multifungsi

Kamar Tidur Multifungsi
Kamar Tidur Multifungsi

Kamar Tidur Multifungsi
Kamar Tidur Multifungsi


Pengelompokan fungsi
Meskipun dalam satu kesatuan ruangan, kegiatan di dalam kamar hendaknya dikelompokkan menurut fungsinya seperti kegiatan tidur, menyimpan perlengkapan pribadi, menonton televisi harus berada dalam satu kelompok area. Kegiatan lain seperti duduk-duduk, membaca, menjalankan hobi, atau hanya bekerja diletakkan dalam satu kesatuan area. Atau kegiatan mandi, berias, dan servise lainnya dapat dikelompokkan dalam satu kesatuan area. Fungsi dari pengelompokan ini bersifat fleksibel, bergantung pada kebutuhan, kebutuhan, atau bahkan selera penghuninya. Untuk pemisah masing-masing area bisa berupa pertisi yang bisa dipindah-pindahkan atau dengan meletakkan perabot seperti almari rendah sebagai pemisah. Bahkan dengan mengelompokkan mebel-mebel di dalam ruangan secara otomatis akan menciptakan pemisah transparan.
Menata kamar tidur multifungsi
Sebab banyaknya jeniskegiatan harus diakomodasi dalam satu ruangan, lebih tepat lagi jika kamar tidur dengan multifungsi dapat dilengkapi dengan perabot-perabot yang simple dan sederhana sehingga dapat berfungsi ganda.
Walau mempunyai beberpa fungsi, dekorasi kamar multifungsi harus dengan tatanan selaras dan serasi. Pertama-tama tetapkan dulu tema dan gaya dekorasi kamar, lalu tatalah setiap sudut kamar secara konsisten terhadap tema dan gaya yang telah ditetapkan. Perbedaan warna juga motif tetap dapat digunakan namun harus tetap selaras dengan tema yang digunakan pada kamar tidur.
Mebel yang dibutuhkan kamar tidur multifungsi
Tentu saja untuk kamar dengan berbagai macam fungsi harus mempunyai fungsi ganda. Seperti tempat tidur yang dapat berupa tempat tidur lipat, sofa tidur atau tempat tidur yang di bawahnya terdapat lacai-laci penyimpanan, atau tempat tidur sistem mezanin. Untuk kursi sebaiknya menggunakan sofa tunggal atau wing chair yang nyaman untuk istirahat juga membaca. Sediakan juga kursi lipat cadangan bila ada tamu yang datang untuk menginap. Meja kerja sebaiknya juga dapat digunakan menjadi meja makan atau mengerjakan hobi di rumah, maka pilihlah meja lipat yang menyatu dengan almari penyimpanan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kamar Tidur dengan Multifungsi

0 comments: