Skip to main content

Inspirasi Gaya Victorian, Arts and Craft, dan Art Nouveau



Inspirasi Gaya Victorian, Arts and Craft, dan Art Nouveau
Konsep interior yang cukup sering digunakan oleh masyarakat luas yaitu Victorian, art and craf, dan art nouveau. Mulai dari Sebelum Masehi (SM) hingga abad ke-21 ini berkembangan konsep bangunan semakin lebih sederhana. Masyarakat modern yang lebih cenderung simple dan itu juga mempengaruhi mereka dalam pemilihan konsep bangunan dan tata ruang. Konsep interior modern seperti konsep rumah minimalis sering digunakan karena luas tanah yang tidak memungkinkan untuk dibangun dengan konsep yang lain. Selalu ada kekurangan dan kelebihan dalam suatu konsep interior yang digunakan untuk sebuah rumah, bahkan dalam konsep paling sederhana sekalipun.

Seperti apakah konsep desain Victorian
Meledaknya revolusi industry maka sudah dipastikan kebutuhan manusia pada zaman tersebut semakin berkembang. Mulai dengan munculnya kebutuhan mempromosikan dan juga menginformasikan sesuatu pada public umum. Saat itu teknologi cetak sedang berkembang dengan pesat hingga memunculkan kebutuhan-kebutuhan dalam bidang marketing seperti kebutuhan untuk mengedukasi yang memunculkan sebuah industrialisasi yang semakin maju dan kompleks. Gaya Victorian ini terkesan natural dengan ciri-ciri berupa ornament-ornamen dan karya-karya yang sifatnya sismetris dan juga penggunaan warna-warna yang natural.
 Untuk arsitektur dan interior gaya Victorian mempunyai gaya yang cenderung beragam dengan sejarah yang panjang. Untuk arsitektur dan interiornya sendiri bertitik tolak pada pola dan pelapiasan, penggunaan kain beledru serta motif bunga yang berlebihan, barang-barang antic, kursi berkancing, serta perabot-perabot yang terkesan kokoh. 

Desain interior Victorian
Desain interior Victorian



Seperti apakah konsep desain arts and craft
Arts and craft muncul akibat dari ketidak sukaan dan ketidak puasan terhadap gaya Victorian yang dianggap telah terlalu tradisional dan ketinggalan zaman. Selain itu Victorian juga mempunyai nilai-nilai yang dianggap miskin estetis karena sifatnya yang natural dan juga apa adanya. Ciri dari style ini adalah memiliki nilai estetis dan craftmenship yang tinggi , border yang berupa sulur-sulur atau tumbuhan yang padat juga rumit. Dipengaruhi oleh sedikit gaya gothic, jika dibandingkan dengan gaya Victorian, arts and craft jauh terlihat lebih bagus dan inovatif.
Untuk arsitektur dan interiornya art and craft merupakan reaksi terhadap kerumitan gaya Victorian. Cirri khas interiornya adalah motif bunga dan dedaunan sedrhana pada wallpaper dan kain, serta perabot yuang dibuat dengan tangan dan memiliki kesamaan dengan gaya shaker

Desain interior arts and craft
Desain interior arts and craft

Desain interior arts and craft
Desain interior arts and craft


Seperti apakah konsep desain art nouveau
Seperti dengan arts and craft, art noeveau muncul karena ketidakpuasan terhadap gaya Victorian. Untuk arsitektur interiornya sendiri berupa gaya yang berkelok-kelok. Bentuk-bentuk organic tak lazim yang tampak dari arsitektur hingga aksesoris-aksesorisnya. Ada beberapa penafsiran mengenai gaya ini termasuk art nouveau versi Tiffany Amerika Serikat dan gaya Charles Rennie Macintosh yang lebih cenderung gometris.

Desain interior art nouveau
Desain interior art nouveau

Desain interior art nouveau
Desain interior art nouveau



Comments

Popular posts from this blog

Langkah Mudah Membuat Gorden Berpita

Langkah Mudah Membuat Gorden Berpita Gorden berpita salah satu soft furnishing yang berupa gorden yang dapat ditemui di setiap rumah-rumah di seluruh dunia. Sungguh bahagia tinggal disebuah rumah yang merupakan milik pribadi yang nanti akhirnya bisa menciptakan rumah yang selalu didambakan. Kain dan dekorasi mempunyai pengaruh besar tapi keduanya sulit untuk diterapkan di rumah-rumah modern dan biaya serta perawatannya harus sepadan. Jika anggaran sedikit sebisa mungkin jangan membuat kesalahan dalam menciptakan kenyamanan rumah dengan menggunakan soft furnishing. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengerti bagaimana soft furnishing yang akan membantu dalam mengembangkan gaya dokorasi pribadi sendiri pada rumah yang selama ini diidamkan. Salah satu dekorasi gorden yang sering dilakukan adalah membuat gorden berpita. Bahan yang diperlukan untuk membuat gorden ini adalah perlengkapan dasar menjahit, bahan kain gorden, kain untuk membuat pita dan kerahnya, dan benang jahit yang s…

Awal Mula Masa Perkembangan Arsitektur Pra Modern

Awal Mula Masa Perkembangan Arsitektur Pra Modern Arsitektur pra modern merupakan arsitektur awal dari perkembangan arsitektur Indonesia yang terjadi hingga sekarang. Asia merupakan sebuah benua yang sangat besar dengan ekspresi arsitektur yang kaya dan perpaduan yang mempesona antara budaya dan gaya hidup. Tempat berkembangnya unsure-unsur kuno dan modern ditambah dengan unsure-unsur Asia itu sendiri dan non-Asia yang telah bercampur selama berabad-abad. Wilayah yang paling signifikan untuk membangun arsitektur dengan unsure-unsur perpaduan tersebut adalah Indonesia. Sebab Indonesia memiliki lokasi dan keterbukaannya sebagai sebuah Negara kepulauan dan juga telah lama menjadi tempat pertukaran dan persilangan antara berbagai budaya dan peradaban. Perubahan arsitektur tersebut terwujud pada berbagai gaya dan bentuk arsitektur Indonesia dengan keragaman dan percampuran yang luar biasa sepanjang sejarah Indonesia. Bersama dengan itu, bentuk-bentuk dari arsitektur dan bentuk-bentuk tata ko…

Indah Warna Harmonis dan Kontras