Skip to main content

Diaspora China dan Kota Kosmopolitan Awal



Diaspora China dan Kota Kosmopolitan Awal
Arsitektur diaspora China merupakaan awal dari terbentuknya kota-kota cosmopolitan di Indonesia. Komunitas China telah bermukim di Indonesia sejak dibukanya perdagangan laun tantara China dan India pada abad kedua Masehi. Kawasan pesisir di Asia Tenggara adalalah tempat terawal di mana kota-kota baru muncul sebagai hasil jaringan perdagangan internasional. Kapal-kapal China berhenti untuk berdagang dan memdapatkan suplai makanan dari penduduk asli. Komunitas Tamil dari India membentuk sejumlah pemukiman di pantai barat semenanjung Malaya untuk mencari emas.
Pelayaran Laksamana Zheng He dari Dinasti Ming ke wilayah Asia Tenggara dan Samudra Hindia meninggalkan jejak nyata sepanjang wilayah pesisir di Asia Tenggara dalam bentuk pangkalan dagang dan koloni China yang terintregrasi baik dengan morfologi permukiman tepi pantai yang telah dibentuk sebelumnya. Pemukiman tersebut lalu tmbuh mejadi entrepot yang maju yang disebbakan oleh jejaring dan aktivitas perdagangan laut internasional. 
 
Diaspora China dan Kota Kosmopolitan Awal
Diaspora China dan Kota Kosmopolitan Awal

Arsitektur diaspora China membagi kota menjadi dua inti yaitu pemukiman asli dan juga pemukiman pendatang. Dua pemukiman tersebut dihubungkan oleh pasar utama yang berada di dekat pelabuhan atau galangan kapal. Pasar merupakan tempat bertemunya beragam pemukim dan menjadi jantung kota. Masyarakat asli berbaur dengan para pendatang, dan disanalah terjadinya tukar-menukar barang dengan karakter cosmopolitannya. Setiap kelompok pemukim mempertahankan dan memelihara identitas dan sistem kepercayaan mereka dan pada saat yang sama penyilangan identitas secara komunal mulai terbentuk.
Sekitar tahun 1433 para pendatang China berlayar ke Asia Tenggara dengan kapal. Setiap kapal membawa serta tempat suci yang didedikasikan khusus kepada Dewa Mazu. Begitu tiba disuatu tempat para pemumpang kapal meminta para penduduk local untuk berkumpul dan membentuk suatu pemukiman dan mempreteli seluruh kapal untuk membangun sebuah pemukiman. Struktur special pemukiman ini adalah rekontruksi pola kosmologi geometri kapal dan menempatkan Kuil Mazu di ujung poros menghadap pelabuhan dan dua tiang di depan kuil. Kuil ini dihuni oleh patung Mazu yang melindungi para imigran China selama pelayaran berbahaya di laut China selatan. Kuil Mazu merupakan elemen pertama dan tertua di banyak kota-kota pelabuhan di pesisir Asia Tenggara.
Pada periode berikutnya arsitektur diaspora China lainya yang populer di kalangan masyarakat China Selatan juga akan muncul pada pemukiman yang telah meluas, diikuti masyarakat Tao dan Budha yang mengubah kelenteng vernacular yang telah ada tau membangun kelenteng dan biara baru lalu kemudian diikuti oleh pada penganut Kong Hu Chu. Penyilangan dan proses yang berlapis-lapis pada kelentang karena bercampurnya beragam elemen dari sistem kepercayaan dan budaya yang berbeda.

Comments

Popular posts from this blog

Langkah Mudah Membuat Gorden Berpita

Langkah Mudah Membuat Gorden Berpita Gorden berpita salah satu soft furnishing yang berupa gorden yang dapat ditemui di setiap rumah-rumah di seluruh dunia. Sungguh bahagia tinggal disebuah rumah yang merupakan milik pribadi yang nanti akhirnya bisa menciptakan rumah yang selalu didambakan. Kain dan dekorasi mempunyai pengaruh besar tapi keduanya sulit untuk diterapkan di rumah-rumah modern dan biaya serta perawatannya harus sepadan. Jika anggaran sedikit sebisa mungkin jangan membuat kesalahan dalam menciptakan kenyamanan rumah dengan menggunakan soft furnishing. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengerti bagaimana soft furnishing yang akan membantu dalam mengembangkan gaya dokorasi pribadi sendiri pada rumah yang selama ini diidamkan. Salah satu dekorasi gorden yang sering dilakukan adalah membuat gorden berpita. Bahan yang diperlukan untuk membuat gorden ini adalah perlengkapan dasar menjahit, bahan kain gorden, kain untuk membuat pita dan kerahnya, dan benang jahit yang s…

Awal Mula Masa Perkembangan Arsitektur Pra Modern

Awal Mula Masa Perkembangan Arsitektur Pra Modern Arsitektur pra modern merupakan arsitektur awal dari perkembangan arsitektur Indonesia yang terjadi hingga sekarang. Asia merupakan sebuah benua yang sangat besar dengan ekspresi arsitektur yang kaya dan perpaduan yang mempesona antara budaya dan gaya hidup. Tempat berkembangnya unsure-unsur kuno dan modern ditambah dengan unsure-unsur Asia itu sendiri dan non-Asia yang telah bercampur selama berabad-abad. Wilayah yang paling signifikan untuk membangun arsitektur dengan unsure-unsur perpaduan tersebut adalah Indonesia. Sebab Indonesia memiliki lokasi dan keterbukaannya sebagai sebuah Negara kepulauan dan juga telah lama menjadi tempat pertukaran dan persilangan antara berbagai budaya dan peradaban. Perubahan arsitektur tersebut terwujud pada berbagai gaya dan bentuk arsitektur Indonesia dengan keragaman dan percampuran yang luar biasa sepanjang sejarah Indonesia. Bersama dengan itu, bentuk-bentuk dari arsitektur dan bentuk-bentuk tata ko…

Indah Warna Harmonis dan Kontras