Saturday, February 28, 2015

Tipologi Unit Hunian Komunitas China


Tipologi Unit Hunian Komunitas China

Tipologi hunian komunitas diaspora China bedasarkan pada sistem modul fleksibel yang mudah dan dikombinasikan dan diperpanjang baik secara horizontal maupun vertical dan didukung oleh sistem structural sederhana yang stabil dan kuat. Longkangan di tengah secara spasial dan fungsioanal berlaku sebagai elemen pengikat dan sebagai simbolik atas hubungan antara dunia dan akhirat. Tipologi iuni merupakan campuran yang harmonis antara arsitektur China Selatan, arsitektur vernacular setempat, dam elemen cosmopolitan lainnya yang menghasilkan tipologi baru dan orisinil serta kemudian akhirnya menjadi tipologi asli tempat tersebut. 
 
Arsitektur China
Arsitektur China


Tipologi hunian komunitas diaspora China baru sering kali mempertahankan denah asal longkangan Cina Selatan yang dikombinasi dengan atap vernacular setempat dan tipologi struktur kayu atau menggunakan batu bata dan plester. Komplek rumah besar Jawa dengan pendopo kadang dikombinasikan dengan denah rumah longkangan China dengan elemen langgam Eropa sehingga menghasilkan paduan arsitektur baru.

Di zona colonial komunitas China mempunyai tipologi hunian berupa toko panjang dan sempit yang terbangun di blok kota padat dengan gang di belakang dan gang buntu di dua sisi blok untuk mencapai kampung yang lebih organic di belakang. Teras privat setiap bangunan kadang terhubung dengan tetangganya sehingga terciptanya jalan beratap menerus dan mengikuti tipologi jalanan yang berukuran lima kaki di kota-kota pemukiman selat yang dikembangkan Inggris.

Tipikal rumah dasar adalah tipologi hunian berlantai dua yang terbangun diatas tanah berukuran panjang 14 hingga 40 meter dengan lebar 3 hingga 5 meter. Rumah dapat terdiri dari satu tipikal modul dasar. Satu unit tipologi hunian dapat ditinggali oleh keluarga inti, keluarga inti dengan keluarga luas, keluarga besar atau disewakan. Satu unit hunian dapat digunakan hanya sebagai tempat tinggal ataupun memiliki fungsi lain seperti toko, bengkel, industry rumahan, gudang, dan bahkan hotel atau kuil. Hal tersebut sungguh merupakan penyusunan spasial dan fungsi yang sangat serbaguna dan berkelanjutan.

Lantai dasar tipologi hunian dasar terdiri dari empat urutan zona spasial yaitu zona teras, zona tempat duduk, zona tempat tidur, dan juga zona halaman dalam. Jalur sirkulasi sempit dari depan ke belakang berada di sepenjang satu sisi. Hunian dasar normal terdiri atas lima urutan zona spasial yaitu zona teras, zona tempat duduk, zona tempat tidur, zona halaman dalam, dan zona pelayanan. Zona-zona tersebut juga terhubungkan oleh jalur sirkulasi sempit.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tipologi Unit Hunian Komunitas China

0 comments: