Tuesday, February 17, 2015

Cara Mudah Mempercantik Lantai Lama



Cara Mudah Mempercantik Lantai Lama
Bila lantai rumah terbuat dari kayu maka perlu untuk memugarnya hingga keindahan alaminya terlihat kembali. Dengan menggunakan mesin pengampelas yang telah mudah ditemukan pasti akan membuat pekerjaan terasa makin mudah. Walau dengan pengampelas mesin ada beberapa bagian yang harus diamplas dengan tangan. Pekerjaan mengampelas ini akan menjadi pekerjaan yang berat dan sangat menyita waktu maka sebelum memulainya harus benar-benar mengatur waktu yang signifikan.
Sebelum memulai cobalah untuk memeriksa papan kayu yang sudah longgar atau rusak lalu benahilah seperlunya. Seletah itu sapu debu dan kotorannya lalu tutup celah-celah pintu dengan lakban untuk menghindari debu dari ruangan lain. Jangan lupa buka semua jendela agar dapat bekerja dengan ruangan berventilasi baik.

Cara Mudah Mempercantik Lantai Lama
Cara Mudah Mempercantik Lantai Lama



Cara Mudah Mempercantik Lantai Lama
Cara Mudah Mempercantik Lantai Lama

Cara Mudah Mempercantik Lantai Lama
Cara Mudah Mempercantik Lantai Lama


Biasanya untuk alat pengamplasan kayu didapat dengan menyewa maka sebelum memulai mintalah penjelasan dari pegawai penyewaan mesin tersebut dan juga tanyakan tentang petunjuk penggunaanya. Mengamplas akan menimbulkan banyak kebisingan. Oleh sebab itu jangan bekerja pada jam istirahat dan beritahukan juga kepada tetangga sekitar.
Pastikan bahwa lantai yang akan diamplas merupakan kayu asli karena mesin pengamplas akan merusak permukaan kulit pelapis, panel kuit pelapis, panel kayu mozaik, parquet, serta jenis pelapis kayu lainnya. Dalam pengampelasan harus menuruti beberpa hal, pertama memulai dengan mesin pengampelas besar dengan kertas amplas kasar. Amplas lantai dengan cara diagonal dan hati-hati jangan sampai membentur papan dinding bagian bawah. Kedua lanjutkan dengan kertas amplas setengah kasar lalu amplas searah dengan arah papan. Ketiga gunakan kertas amplas halus dan amplas searah dengan papan. Jangan lupa selalu periksa dan kosongkan kantong debu, dan bersihkan serpihan-serpihan kayu dengan vakum. Keempat gunakan pengamplas orbit pada mata bor untuk mengamplas tepid an sudut papan. Selesaikan pengemplasan dengan tangan untuk beberapa bagian yang luput dari mesin pengamplas. Terkahir vakum lantai dengan teliti termasuk bukaan jendela dan celah-celah antara papan. Lap lantai dengan kain halus yang direndam dengan spirtus untuk menghilangkan sisa debu. 


Mengecat lantai
Cat lantai berbahan dasar air menciptakan efek yang lebih tegas dibandingkan pernis dan mampu memperbarui papan lantai yang tidak menarik lagi. Ciptakanlah pola gometri yang menarik lau tirulah pola sebuah karpet atau ciptakanlah efek marmer atau efek ubin . Untuk memulainya harus dari sudut terjauh dari pintu sehingga mudah untuk keluar, olesi lantai dengan lapisan pernis tipis dan biarkan mengering. Ketika menggambar desai gunakan kapur dan penggaris agar garis-garisnya lurus, jangan lupa untuk menetupi tempat yang seharusnya tidak terkena warna. Pastikan sapuan kuas bergerak sesuai arah serat kayu. Untuk menciptakan efek khusus seperti efek marmer jika perlu lakukan terlebih dahulu pada papan kayu yang tidak terpakai.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mudah Mempercantik Lantai Lama

0 comments: