--> Taplak Meja dan Serbet Buatan Sendiri | Desain Interior Eksterior

Sunday, April 26, 2015

Taplak Meja dan Serbet Buatan Sendiri

| Sunday, April 26, 2015
Taplak Meja dan Serbet Buatan Sendiri
Taplak meja dan serbet merupakan salah satu soft furnishing yang mendasar dan sederhana. Sungguh bahagia rasanya tinggal disebuah tempat yang merupakan milik sendiri yang pada akhirnya bisa menciptakan rumah yang selalu didambakan. Kain dan dekorasi mempunyai pengaruh yang besar tapi keduanya sulit untuk diterapkan di rumah-rumah moderndan biaya serta perawatannya harus sepadan. Jika anggaran sedikit sebisa mungkin jangan membuat kesalahan.
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengerti bagaimana soft furnishing yang akan membantu mengembangkan gaya dokorasi pribadi sendiri. Langkah kedua adalah meninjau jenis-jenis kain yang sesuai dengan gaya rumah sederhana. Salah satu yang soft furnishing kain yang sering digunakan adalah taplak meja dan serbet. Mendandani meja makan dengan ragam kain dan warna pilihan sendiri merupakan kesempatan bagus untuk menggunkan potongan-potongan kecil kain atraktif yang tidak bisa dipakai untuk proyek-proyek lainnya.
Taplak Meja dan Serbet Buatan Sendiri
Taplak Meja dan Serbet Buatan Sendiri

Taplak Meja dan Serbet Buatan Sendiri
Taplak Meja dan Serbet Buatan Sendiri

Taplak Meja dan Serbet Buatan Sendiri
Taplak Meja dan Serbet Buatan Sendiri


Melakukan pengukuran untuk taplak meja
Tidak ada ukuran standar taplak meja, jika memiliki taplak yang cocok dengan meja ukur saja lebar dan panjangnya. Kalau tidak, ukurlah bagian panjang-lebar bagian atas meja dan untuk taplak pendek, duduklah di atas meja dan ukur dari bagain atas meja ke pangkuan. Taplak meja yang menjuntai ke lantai cara praktis untuk menyembunyikan kaki meja yang jelek. Untuk membuatnya ukur bagian atas meja hingga lantai. Ingatlah harus menambah ukuran di sisi atas meja pada masing-masing sisi, tambah 5 cm lagi disekeliling kain untuk kampuh sempit, atau 10 cm untuk kampuh lebar.
Melakukan pengukuran untuk serbet
Serbet biasnya berbentuk bujur sangkar dan ukurannnya beragam mulai dari 30cm persegi untuk minum the hingga 60cm untuk makan malam. Untuk ukuran serbaguna adalah 40cm yang pas secara ekonomis dengan kain berlebar standar dengan menyisakan bagian untuk lipatan dan mencegah adanya bagian yang tersia-sia. Untuk mengira ukuran kain serbet ambil ukuran akhir dan tambahkan 1cm pada masing-masing sisi untuk kampuhnya. Sementara dengan lebar 90cm dapat dihasilkan empat serbet ukuran 40cm.
Membuat serbet dan taplak meja
Potong kain dengan ukuran yang telah dikalkulasikan termasuk sisa untuk kampuh dan saambungan apa saja yang mungkin diperlukan untuk memperbesar ukuran kain. Buat kampuh diujung-ujungnya, untuk membuat kampuh rapi pada taplak meja dan serbet potong diagonal masing-masing sudut sepanjang 10cm. Buat lipatan ke arah dalam kain di sepanjang diagonal ini, lipat seluruh bagian tepi sehingga sudut-sudut kain bertemu dengan rapi. Buka bagian yang dilipat, lipat tepi kain asli ke bawah 1cm, tekan. Lipat kampuh kembali di sekeliling kain dan sematkan. Jahit dengan mesin jahit ke dekat tepi dalam kampuh


Related Posts

No comments: