Sunday, March 8, 2015

Arsitektur Masa Lalu dalam Masa Kini



Arsitektur Masa Lalu dalam Masa Kini
Arsitektur Indonesia pada masa lalu masih sering berdiri dan dinikmati banyak orang dalam keragaman dan kebudayaan yang masih dijaga hingga detik ini. Masing-masing masyarakat di Indonesia mempunyai satu atau bahkan lebih beberapa tipe rumah tradisional yang unik dan dibangun dengan tradisi-tradisi arsitektur vernacular dan lagam bangunan tertentu. Sebagai hasilnya, lingkungan binaan di Indonesia menunjukan keragaman yang luar biasa.
Dalam setiap diskusi tentang tradisi-tradisi mengenai arsitektur vernacular dan lagam-lagam bangunan kata lalu dan kini dianggap mempunyai makna khusus. Berdasarkan perspektif tradisi-tradisi arsitektur Indonesia masa lalu dan masa kini bermunculan sacara berbeda-beda juga berurutan selama berjalannya waktu di seluruh pelosok Indonesia. Masing-masing tradisi arsitektur dan juga langgam bangunan telah menggantikan struktur sebelumnya atau tercampur dengan struktur yang lain. Dengan demikian membuat pola-pola yang sangat beragam dan kompleks muncul secara perlahan-lahan. Untuk kasus-kasus tertentu arsitektur vernacular Indonesia dapat bertahan sedikit atau banyak dalam bentuk yang tipikal dan autentik. Dalam kasus lain tradisi dan langgam bangunan ini membaur menjadi percampuran dan bentuk sinkrestisme yang sedikit banyak komplek dengan tradisi arsitektur dan langgam baru.
 
Arsitektur Masa Lalu dalam Masa Kini
Arsitektur  Masa Kini

Arsitektur Masa Lalu
Arsitektur Masa Lalu



Suksesi berkelanjutan dan perubahan dalam tradisi arsitektur dan langgam bangunan mungkin dipandang sebagai sebuah runtutan episode sejarah. Ketika yang lalu atau tradisi dan juga yang masa kini masyarakat Indonesia yang berbeda-beda ditantang, tercermin, dikukuhkan, dan dicontohkan dalam bentuk tipikal yang diwariskan oleh nenek moyang dan generasi sebelumnya secara turun-temurun atau dibangun ulang dengan memperhitungkan yang baru yang ditawarkan oleh masa kini. Ini artinya arsitektur Indonesia pada masa lalu dan masa kini bukanlah tema yang berulang dari tradisi arsitektur dan langgam bangunan pada umumnya melainkan juga merupakan hal penting bagi sejarah tradisi arsitektur vernacular pada umumnya. Pada tiap kurun waktu dalam perjalanan sejarah panjang yang lalu dan yang masa kini mengasumsikan makna baru yang berbeda. Perubahan dalam arsitektur dan langgam bangunan di paro kedua abad kedua puluh tidak terkecuali.
Karakter rumah tradisional Indonesia dan tradisi unik arsitektur vernacular dan langgam bangunan yang bersosiasi dengannya akan dideskripsikan dalam perspektif sejarah. Kemudian sebuah telaah akan disajikan dan didasari pada pemilihan beragam langgam rumah tradisional Indonesia. Kemudian analisis dilakukan pada beragam bentuk berkelanjutan dan perubahan pada rumah warisan tradisional dan tradisi vernacular unik yang berasosiasi dengannya serta ragam langgam bangunan sebagaimana dapat diobservasi di masa kini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Arsitektur Masa Lalu dalam Masa Kini

0 comments: