Skip to main content

Arsitektur Masa Lalu dalam Masa Kini



Arsitektur Masa Lalu dalam Masa Kini
Arsitektur Indonesia pada masa lalu masih sering berdiri dan dinikmati banyak orang dalam keragaman dan kebudayaan yang masih dijaga hingga detik ini. Masing-masing masyarakat di Indonesia mempunyai satu atau bahkan lebih beberapa tipe rumah tradisional yang unik dan dibangun dengan tradisi-tradisi arsitektur vernacular dan lagam bangunan tertentu. Sebagai hasilnya, lingkungan binaan di Indonesia menunjukan keragaman yang luar biasa.
Dalam setiap diskusi tentang tradisi-tradisi mengenai arsitektur vernacular dan lagam-lagam bangunan kata lalu dan kini dianggap mempunyai makna khusus. Berdasarkan perspektif tradisi-tradisi arsitektur Indonesia masa lalu dan masa kini bermunculan sacara berbeda-beda juga berurutan selama berjalannya waktu di seluruh pelosok Indonesia. Masing-masing tradisi arsitektur dan juga langgam bangunan telah menggantikan struktur sebelumnya atau tercampur dengan struktur yang lain. Dengan demikian membuat pola-pola yang sangat beragam dan kompleks muncul secara perlahan-lahan. Untuk kasus-kasus tertentu arsitektur vernacular Indonesia dapat bertahan sedikit atau banyak dalam bentuk yang tipikal dan autentik. Dalam kasus lain tradisi dan langgam bangunan ini membaur menjadi percampuran dan bentuk sinkrestisme yang sedikit banyak komplek dengan tradisi arsitektur dan langgam baru.
 
Arsitektur Masa Lalu dalam Masa Kini
Arsitektur  Masa Kini

Arsitektur Masa Lalu
Arsitektur Masa Lalu



Suksesi berkelanjutan dan perubahan dalam tradisi arsitektur dan langgam bangunan mungkin dipandang sebagai sebuah runtutan episode sejarah. Ketika yang lalu atau tradisi dan juga yang masa kini masyarakat Indonesia yang berbeda-beda ditantang, tercermin, dikukuhkan, dan dicontohkan dalam bentuk tipikal yang diwariskan oleh nenek moyang dan generasi sebelumnya secara turun-temurun atau dibangun ulang dengan memperhitungkan yang baru yang ditawarkan oleh masa kini. Ini artinya arsitektur Indonesia pada masa lalu dan masa kini bukanlah tema yang berulang dari tradisi arsitektur dan langgam bangunan pada umumnya melainkan juga merupakan hal penting bagi sejarah tradisi arsitektur vernacular pada umumnya. Pada tiap kurun waktu dalam perjalanan sejarah panjang yang lalu dan yang masa kini mengasumsikan makna baru yang berbeda. Perubahan dalam arsitektur dan langgam bangunan di paro kedua abad kedua puluh tidak terkecuali.
Karakter rumah tradisional Indonesia dan tradisi unik arsitektur vernacular dan langgam bangunan yang bersosiasi dengannya akan dideskripsikan dalam perspektif sejarah. Kemudian sebuah telaah akan disajikan dan didasari pada pemilihan beragam langgam rumah tradisional Indonesia. Kemudian analisis dilakukan pada beragam bentuk berkelanjutan dan perubahan pada rumah warisan tradisional dan tradisi vernacular unik yang berasosiasi dengannya serta ragam langgam bangunan sebagaimana dapat diobservasi di masa kini.

Comments

Popular posts from this blog

Langkah Mudah Membuat Gorden Berpita

Langkah Mudah Membuat Gorden Berpita Gorden berpita salah satu soft furnishing yang berupa gorden yang dapat ditemui di setiap rumah-rumah di seluruh dunia. Sungguh bahagia tinggal disebuah rumah yang merupakan milik pribadi yang nanti akhirnya bisa menciptakan rumah yang selalu didambakan. Kain dan dekorasi mempunyai pengaruh besar tapi keduanya sulit untuk diterapkan di rumah-rumah modern dan biaya serta perawatannya harus sepadan. Jika anggaran sedikit sebisa mungkin jangan membuat kesalahan dalam menciptakan kenyamanan rumah dengan menggunakan soft furnishing. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengerti bagaimana soft furnishing yang akan membantu dalam mengembangkan gaya dokorasi pribadi sendiri pada rumah yang selama ini diidamkan. Salah satu dekorasi gorden yang sering dilakukan adalah membuat gorden berpita. Bahan yang diperlukan untuk membuat gorden ini adalah perlengkapan dasar menjahit, bahan kain gorden, kain untuk membuat pita dan kerahnya, dan benang jahit yang s…

Awal Mula Masa Perkembangan Arsitektur Pra Modern

Awal Mula Masa Perkembangan Arsitektur Pra Modern Arsitektur pra modern merupakan arsitektur awal dari perkembangan arsitektur Indonesia yang terjadi hingga sekarang. Asia merupakan sebuah benua yang sangat besar dengan ekspresi arsitektur yang kaya dan perpaduan yang mempesona antara budaya dan gaya hidup. Tempat berkembangnya unsure-unsur kuno dan modern ditambah dengan unsure-unsur Asia itu sendiri dan non-Asia yang telah bercampur selama berabad-abad. Wilayah yang paling signifikan untuk membangun arsitektur dengan unsure-unsur perpaduan tersebut adalah Indonesia. Sebab Indonesia memiliki lokasi dan keterbukaannya sebagai sebuah Negara kepulauan dan juga telah lama menjadi tempat pertukaran dan persilangan antara berbagai budaya dan peradaban. Perubahan arsitektur tersebut terwujud pada berbagai gaya dan bentuk arsitektur Indonesia dengan keragaman dan percampuran yang luar biasa sepanjang sejarah Indonesia. Bersama dengan itu, bentuk-bentuk dari arsitektur dan bentuk-bentuk tata ko…

Indah Warna Harmonis dan Kontras