Sunday, February 15, 2015

Kesan Merah, Jingga, dan Kuning



Kesan Merah, Jingga, dan Kuning
Dalam sebuah desain interior bagian yang sangat penting adalah penggunaann warna. Warna dapat menciptakan mood juga suasana untuk penghuni ruang tersebut. Warna merupakan hal pertama yang dilihat ketika seseorang memasuki sebuah ruangan. Warna juga membuat suatu semangat dan membantu untuk dapat berantai. Fungsi warna yang lain adalah untuk mengahadirkan kecerahan dalam wilayah delap dan muram. Merah, jingga, dan kuning merupakan warna-warna hangat yang akan membuat ruangan terasa nyaman dan juga akrab. Namun warna tersebut dapat menyilaukan mata bahkan memicu klaustrofobia (ketakutan pada tempat gelap) bila intensitas warna tersebut terlalu kuat dan terang.

Kesan Merah, Jingga, dan Kuning
Kesan Merah, Jingga, dan Kuning

Kesan Merah, Jingga, dan Kuning
Kesan Merah, Jingga, dan Kuning


Warna merah
Merah merupakan warna yang mencerminkan vitalitas, energy cemerlang, seru, dan dramatis. Merupakan warna yang sangat menonjol penggunaan warna merah menimbulkan kesan terlalu mencolok. Ruangan akan tampak sangat sempit dan kecil jika menggunakan warna merah yang mencolok. Warna merah sangat cocok untuk ruangan bernuansa dingin seperti dapur dan kamar mandi dan merah juga merupakan warna favorit untuk ruang makan.
Jika digabungkan dengan warna putih maka akan tercipta warna yang lembut yaitu merah muda yang mencerminkan kesan feminism, cinta, dan romansa. Warna merah muda dan merah mawar tua dapat menimbulkan terciptanya suasana kamar tidur yang benar-benar romantic. Jika ditambah dengan sedikit warna biru maka akan menciptakan warna merah keunguan yang terkesan misterius dan kaya gaya.
Warna jingga
Jingga hampir sekuat dan semenonjol merah. Warna jingga menjadi sangat menggugah bila digabungkann dengan warna hitam, putih, atau abu-abu atau warna pelengkap lainnya seperti biru. Kombinasi warna tersebut cocok untuk digunakan pada ruang bermain anak, ruang makan, dan ruang belajar.
Jika warna jingga dan putih dicampurkan maka akan menjadi warna persik, koral, atau aprikot merupakan warna yang feminism dan romantic yang sangat cocok untuk kamar tidur. Untuk dekorasi serbaguna dapat dicampur dengan abu-abu yang akan menjadi warna terakota, kuning kecoklatan, atau coklat muda. Warna jingga dapat digabungkan bersama putih atau krem untuk menciptakan warna yang elegan, hangat, dan mengundang yang sangat cocok ditempatkan pada ruang depan atau ruang kerja di dalam rumah.
Warna kuning
Kuning merupaka warna yang terkesan gembira yang sering dikaitkan dengan sinar matahari, kehangatan, serta musim panas. Kuning sering melambangkan pikiran, intelektualitas, dan energy kreatif. Sayangnya warna ini sangat menggugah harus digunakan dengan sangat cermat. Perpaduan klasik antara warna lkuning dan biru menciptakan kesan netral ala Skandinavia yang akan membantu memastikan agar warna ini tidak terlalu terang. Kuning dapat dicampur dengan abu-abu agar menciptakan warna mustard, emas terang, atau coklat muda yang lembut dan cocok ditempatkan untuk ruang belajar.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kesan Merah, Jingga, dan Kuning

0 comments: