Sunday, February 15, 2015

Kenyamanan Lantai Berbahan Lentur



Kenyamanan Lantai Berbahan Lentur
Melihat dan meneliti jenis lantai merupakan hal penting sebelum mendekorasi ulang rumah atau raung di dalam rumah. Bagi banyak orang rumah adalah hal terpenting bagi mereka karena merupakan tempat paling nyaman dan paling membuat tenang. Merawat rumah menjadi sesuatu yang sangat special sebab kenyamanan penghuni menjadi hal yang amat penting. Salah satu bagian rumah yang penting adalah lantai. Lantai mempunyai peran yang berat sebab banyak kaki yang akan menginjak-injaknya serta membawa kotoran seperti lumpur atau tanah ke dalam rumah belum lagi kursi, meja atau property lain yang membuat lecet lantai. Jejak-jejak permanen juga sering terlihat menuju satu arah ruangan. Ada tiga jenis lantai salah satunya lantai berbahan lentur.

lantai berbahan lentur
lantai berbahan lentur

lantai berbahan lentur
lantai berbahan lentur

lantai berbahan lentur
lantai berbahan lentur


Kelebihan dan kekurangan lantai berbahan lentur
Setiap jenis lantai mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing termasuk lantai dengan jenis lentur. Kelebihan dari jenis lantai ini adalah lebih nyaman bagi kaki daripada lantai keras, alternative yang lain selain lain keras ketika lantai lembut tidak cocok, perawatannya mudah, mudah dipasang dan cocok untuk mereka yang beranggaran kecil. Sedangkan kekurangannya adalah dibuat menyerupai lantai tradisional biasanya kurang meyakinkan, bahan yang harganya paling murah biasanya tidak berkualitas, dan sebagian besar tidak cocok dengan pemanas di bawah lantai. 


Jenis-jenis lantai lentur
Yang pertama adalah jenis gabus yang terbuat dari kulit kayu ek yang ringan dan merupakan insulator alami yang mampu meredam suara. Karena gabus dapat membengkak ketika terkena basah maka harus dijauhkan dari area lembab. Ubin gabus biasanya  berwarna coklat hangat tetapi ada yang dikombinasikan dengan lapisan bawah yang berwarna berbeda. Ubin jenis ini biasanya tersedia dalam bentuk yang sudah dilapis atau belum dilapis.
Lantai lentur yang kedua adalah linolium yang merupakan bahan alami terbuat dari minyak biji rami, damar, serbuk kayu, dan pengisi yang diratakan di atas hessian dan dapat membentuk bahan lantai yang sangat fleksibel namun kuat. Jenis ini tersedia dalam berbagai warna dan pola serta dapat digunakan untuk setiap ruangan kecuali tangga.

lantai berbahan lentur
lantai berbahan lentur

lantai berbahan lentur
lantai berbahan lentur

lantai berbahan lentur
lantai berbahan lentur


Lantai yang terbuat dari karet termasuk lantai bahan lentur dan menjadi trend. Karet dipilih karena hangat, sangat lentur, tidak menimbulkan suara, dan juga tersedia dalam berbagai warna. Sayangnya untuk karet yang permukaannya penuh dengan hiasan sangat sulit untuk dibersihkan. Karet juga tidak cocok untuk digunakan di kamar mandi sebab mudah rusak jika terlarut dalam air.
Jenis lantai lentur selanjuutnya adalah laminat yang meliputi efek serat kayu, marmer, dan beberapa desain spesifik lainnya. Jenis ini tidak harus dipernis atau dipoles dan cukup dengan kain basah untuk membersihkannya. Laminat cocok untuk semua jenis ruang kecuali kamar mandi karena mudah terkelupas jika terlarut air.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kenyamanan Lantai Berbahan Lentur

0 comments: