Skip to main content

Arsitektur Mughal Ciri Islam Yang Mendunia



Arsitektur Mughal Ciri Islam Yang Mendunia
Taj Mahal bangunan indah yang menjadi keajaiban dunia, bukti cinta sang raja pada istrinya dengan arsitektur Mughal. Banyak sekali bagunan dengan arsitektur interior indah di dunia ini, bahkan beberapa diantaranya merupakan keajaiban. Hampir semua bangunan tersebut dibangun beratus-ratus bahkan beribu-ribu tahun yang lalu namun keindahanya tidak pernah memudar. Setiap Negara mempunyai banguan-bangunan indah dengan ciri arsitektur dan interior yang berbeda-beda. Salah satu banguan dengan arsitektur interior indah adalah Taj Mahal yang terletak di kota Agra, India yang juga merupakan warisan budaya dunia. 
Arsitektur Mughal
Arsitektur Mughal


Taj Mahal dan arsitektur interior indahnya
Taj Mahal merupakan monument di kota Agra India, dibangun oleh Kaisar Mughal  Shah Jahan untuk istrinya Arjumand Banu Begum (Mumtaz Mahal). Taj Mahal menghabiskan waktu lebih dari 22 tahun untuk pembangunannya yang berkisar pada tahun 1630 hingga 1653. Untuk membangun Taj Mahal, Shah Jahan memerintahkan Ustaz Ahmad lalu ia pun mengumpulkan 20 ribu pekerja yang merupakan tukang batu, pengrajin emas, dan pengukir dari seluruh penjuru dunia. Taj Mahal terdiri dari bumbung, kubah, dan juga menara yang semuanya terbuat dari batu marmer putih dan mozaik-mozaik yang indah. Dibutuhkan lebih dari 43 jenis batu permata yaitu berlian, jed, Kristal, topaz, dan juga nilam. Taj Mahal dibangun simetris dengan makam Mumtaz Mahal tepat ditengah bangunan dan makam Shah Jahan tepat terletak persis disamping makam Mumtaz Mahal. 

 
Arsitektur Mughal
Arsitektur Mughal

Istimewanya arsitektur Mughal
Gaya arsitektur interior Mughal sangat unik yaitu gabungan antara Hindu dengan Islam. Aritektur gaya Mughal hampir seperti arsitektur Persia namun ada beberapa perbedaan pada batu marmer yang lebih banyak digunakan juga gaya Mughal hanya menggunakan 2 hingga 3 warna sedangkan gaya Persia lebih cenderung berwarna-warni. Gaya arsitektur Mughal adalah arsitektur terakhir yang bercirikan Islam dengan gabungan gaya Persia, Ottonam, juga India. 
 
Arsitektur Mughal
Arsitektur Mughal

Gaya arsitektur dan interior Mughal banyak ditemui pada Negara-negara Asia Selatan seperti India, Pakistan hingga Bangladesh. Salah satu masjid yang menggunakan gaya Mughal adalah Masjid Badshahi sering disebut juga dengan Masjid Raja terletak di Lahore, Pakistan yang dulu merupakan wilayah Kerajaan Mughal. Masjid Badshahi didirikan pada tahun 1671 hingga 1673 oleh Raja Anugrangzeb yang merupakan raja keenam Dinasti Mughal. Masjid yang mempunyai empat menara luar dan empat menara pada penjuru ruangan ini dapat menampung lebih dari 100 ribu jemaah. Untuk bagian langit-langit masjid dihiasi oleh ornamen merlon dan bertahta marmer. Selain itu ada dua benteng yang  bercirikan arsitektur Islam yaitu Benteng Qutub Minar Siri dan Alai Darwaza. Selain benteng dan juga masjid, Istana Fatehpur Sikri juga merupakan banguan dengan cirri khas arsitektur dengan Gaya Mughal.  
Arsitektur Mughal
Arsitektur Mughal



Comments

Popular posts from this blog

Langkah Mudah Membuat Gorden Berpita

Langkah Mudah Membuat Gorden Berpita Gorden berpita salah satu soft furnishing yang berupa gorden yang dapat ditemui di setiap rumah-rumah di seluruh dunia. Sungguh bahagia tinggal disebuah rumah yang merupakan milik pribadi yang nanti akhirnya bisa menciptakan rumah yang selalu didambakan. Kain dan dekorasi mempunyai pengaruh besar tapi keduanya sulit untuk diterapkan di rumah-rumah modern dan biaya serta perawatannya harus sepadan. Jika anggaran sedikit sebisa mungkin jangan membuat kesalahan dalam menciptakan kenyamanan rumah dengan menggunakan soft furnishing. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengerti bagaimana soft furnishing yang akan membantu dalam mengembangkan gaya dokorasi pribadi sendiri pada rumah yang selama ini diidamkan. Salah satu dekorasi gorden yang sering dilakukan adalah membuat gorden berpita. Bahan yang diperlukan untuk membuat gorden ini adalah perlengkapan dasar menjahit, bahan kain gorden, kain untuk membuat pita dan kerahnya, dan benang jahit yang s…

Awal Mula Masa Perkembangan Arsitektur Pra Modern

Awal Mula Masa Perkembangan Arsitektur Pra Modern Arsitektur pra modern merupakan arsitektur awal dari perkembangan arsitektur Indonesia yang terjadi hingga sekarang. Asia merupakan sebuah benua yang sangat besar dengan ekspresi arsitektur yang kaya dan perpaduan yang mempesona antara budaya dan gaya hidup. Tempat berkembangnya unsure-unsur kuno dan modern ditambah dengan unsure-unsur Asia itu sendiri dan non-Asia yang telah bercampur selama berabad-abad. Wilayah yang paling signifikan untuk membangun arsitektur dengan unsure-unsur perpaduan tersebut adalah Indonesia. Sebab Indonesia memiliki lokasi dan keterbukaannya sebagai sebuah Negara kepulauan dan juga telah lama menjadi tempat pertukaran dan persilangan antara berbagai budaya dan peradaban. Perubahan arsitektur tersebut terwujud pada berbagai gaya dan bentuk arsitektur Indonesia dengan keragaman dan percampuran yang luar biasa sepanjang sejarah Indonesia. Bersama dengan itu, bentuk-bentuk dari arsitektur dan bentuk-bentuk tata ko…

Indah Warna Harmonis dan Kontras