Tuesday, February 10, 2015

Arsitektur Mughal Ciri Islam Yang Mendunia



Arsitektur Mughal Ciri Islam Yang Mendunia
Taj Mahal bangunan indah yang menjadi keajaiban dunia, bukti cinta sang raja pada istrinya dengan arsitektur Mughal. Banyak sekali bagunan dengan arsitektur interior indah di dunia ini, bahkan beberapa diantaranya merupakan keajaiban. Hampir semua bangunan tersebut dibangun beratus-ratus bahkan beribu-ribu tahun yang lalu namun keindahanya tidak pernah memudar. Setiap Negara mempunyai banguan-bangunan indah dengan ciri arsitektur dan interior yang berbeda-beda. Salah satu banguan dengan arsitektur interior indah adalah Taj Mahal yang terletak di kota Agra, India yang juga merupakan warisan budaya dunia. 
Arsitektur Mughal
Arsitektur Mughal


Taj Mahal dan arsitektur interior indahnya
Taj Mahal merupakan monument di kota Agra India, dibangun oleh Kaisar Mughal  Shah Jahan untuk istrinya Arjumand Banu Begum (Mumtaz Mahal). Taj Mahal menghabiskan waktu lebih dari 22 tahun untuk pembangunannya yang berkisar pada tahun 1630 hingga 1653. Untuk membangun Taj Mahal, Shah Jahan memerintahkan Ustaz Ahmad lalu ia pun mengumpulkan 20 ribu pekerja yang merupakan tukang batu, pengrajin emas, dan pengukir dari seluruh penjuru dunia. Taj Mahal terdiri dari bumbung, kubah, dan juga menara yang semuanya terbuat dari batu marmer putih dan mozaik-mozaik yang indah. Dibutuhkan lebih dari 43 jenis batu permata yaitu berlian, jed, Kristal, topaz, dan juga nilam. Taj Mahal dibangun simetris dengan makam Mumtaz Mahal tepat ditengah bangunan dan makam Shah Jahan tepat terletak persis disamping makam Mumtaz Mahal. 

 
Arsitektur Mughal
Arsitektur Mughal

Istimewanya arsitektur Mughal
Gaya arsitektur interior Mughal sangat unik yaitu gabungan antara Hindu dengan Islam. Aritektur gaya Mughal hampir seperti arsitektur Persia namun ada beberapa perbedaan pada batu marmer yang lebih banyak digunakan juga gaya Mughal hanya menggunakan 2 hingga 3 warna sedangkan gaya Persia lebih cenderung berwarna-warni. Gaya arsitektur Mughal adalah arsitektur terakhir yang bercirikan Islam dengan gabungan gaya Persia, Ottonam, juga India. 
 
Arsitektur Mughal
Arsitektur Mughal

Gaya arsitektur dan interior Mughal banyak ditemui pada Negara-negara Asia Selatan seperti India, Pakistan hingga Bangladesh. Salah satu masjid yang menggunakan gaya Mughal adalah Masjid Badshahi sering disebut juga dengan Masjid Raja terletak di Lahore, Pakistan yang dulu merupakan wilayah Kerajaan Mughal. Masjid Badshahi didirikan pada tahun 1671 hingga 1673 oleh Raja Anugrangzeb yang merupakan raja keenam Dinasti Mughal. Masjid yang mempunyai empat menara luar dan empat menara pada penjuru ruangan ini dapat menampung lebih dari 100 ribu jemaah. Untuk bagian langit-langit masjid dihiasi oleh ornamen merlon dan bertahta marmer. Selain itu ada dua benteng yang  bercirikan arsitektur Islam yaitu Benteng Qutub Minar Siri dan Alai Darwaza. Selain benteng dan juga masjid, Istana Fatehpur Sikri juga merupakan banguan dengan cirri khas arsitektur dengan Gaya Mughal.  
Arsitektur Mughal
Arsitektur Mughal



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Arsitektur Mughal Ciri Islam Yang Mendunia

0 comments: