Thursday, April 23, 2015

Pengukuran, Pemasangan, dan Penggantungan Blind

Pengukuran, Pemasangan, dan Penggantungan Blind
Mengukur blind merupakan hal yang perlu dilakukan sebelum membuat atau membeli blind untuk jendela di rumah. Sungguh bahagia tinggal disebuah rumah yang merupakan milik pribadi yang nanti akhirnya bisa menciptakan rumah yang selalu didambakan. Kain dan dekorasi mempunyai pengaruh besar tapi keduanya sulit untuk diterapkan di rumah-rumah modern dan biaya serta perawatannya harus sepadan. Jika anggaran sedikit sebisa mungkin jangan membuat kesalahan dalam menciptakan kenyamanan rumah dengan menggunakan soft furnishing.
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengerti bagaimana soft furnishing yang akan membantu dalam mengembangkan gaya dokorasi pribadi sendiri pada rumah yang selama ini diidamkan, salah satunya mengukur blind jendela. Kerai dapat dipasang di dalam ataupu di luar tonjolan (recess) jendela. Sebelum memulai membuat kerai, memesan kerai beli jadi, atau haanya sekedar memotong kerai agar ukurannya sesuai, hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan pengukuran dengan akurat.
Pengukuran, Pemasangan, dan Penggantungan Blind
Pengukuran, Pemasangan, dan Penggantungan Blind

Pengukuran, Pemasangan, dan Penggantungan Blind
Pengukuran, Pemasangan, dan Penggantungan Blind

Pengukuran, Pemasangan, dan Penggantungan Blind
Pengukuran, Pemasangan, dan Penggantungan Blind


Memasang kerai di dalam tonjolan jendela
Dengan menggunakan pita pengukur dari logam, ukurlah lebar bagian atas dan bawah jendela, gunakan ukuran yang lebih kecil. Lakukan juga hal yang sama untuk mengukur tinggi jendela dan gunakan ukuran yang lebih kecil. Hasil pengukuran adalah ukuran tonjolan jendela (lebar biasanya ditentukan sebelum tinggi). Kurangi 1cm dari hasil pengukuran itu agar ada ruangan lowong antara blind dan tonjolan jendela.
Blind hanya akan terlihat bagus jika tonjolan jendelanya lurus dan seimbang maka periksalah dengan cara mengukur diagonal-diagonal tonjolan jendela. Jika perbedaan antara kedua diagonal lebih dari 1cm maka tonjolan itu mungkin miring dan terpaksa harus memasang kerai di sebelah luar.
Untuk pemasangan kerai di dalam tonjolan jendela ukurlah lebar dan panjang tonjolan jendela sekaligus dengan hati-hati dan akurat menggunakan pita mengukuran logam di dua tempat yang berbeda. Kita akan tahu bahwa hasil pengukuran itu berbeda-beda bahkan di bangunan-bangunan modern sekali pun. Kemudian gunakan hasil pengukuran lebar-panjang terkecil.
Memasang blind di luar tonjolan jendela
Jika kerai digantungkan di luar tonjolan jendela, tambahkan 5-10cm pada lebar jendela di masing-masing sisi sebelah atas. Ujung bawah boleh menyentuh kusen jendela. Jika kusennya tidak rata tambah panjang kerai sepanjang 5-10cm.
Menggantung blind gulung
Untuk blind gulung, bahan kainnya selalu lebih sempit dari lebar keseluruhan (pin width) de sebelah atas, sebab memerlukan ruang untuk siku dan mekanisme gulung. Oleh sebab itu ketika membeli kerai gulung, cari tahu apa ukuran yang diperlukan lebar bahan ataukah pin width.
Tentukan pula apakah yang diinginkan adalah mekanisme pegas tarik yang mempunyai tali penarik klasik di bagian tengah yang ditegangkan atau menginginkan mekanisme sidewinder. Sidewinder menggerakkan kerai dengan rantai atau tali bersambungan di salah satu sisi dan cenderung akan tahan lebih lama.




Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengukuran, Pemasangan, dan Penggantungan Blind

0 comments: