--> Kain Berserat Alami untuk Dekor Ruangan | Desain Interior Eksterior

Saturday, March 7, 2015

Kain Berserat Alami untuk Dekor Ruangan

| Saturday, March 7, 2015


Kain Berserat Alami untuk Dekor Ruangan
Kain alami merupakan salah satu bahan untuk membuat soft funishing rumah indah nan cantik. Sungguh bahagia rasanya tinggal disebuah tempat yang merupakan milik sendiri yang pada akhirnya bisa menciptakan rumah yang selalu didambakan. Kain dan dekorasi mempunyai pengaruh yang besar tapi keduanya sulit untuk diterapkan di rumah-rumah moderndan biaya serta perawatannya harus sepadan. Jika anggaran sedikit sebisa mungkin jangan membuat kesalahan. Oleh karena itu mengenali kain yang cocok dan yang tidak cocok sangtalah penting peranannya.
Kisaran serat kain alami yang digunakan untuk soft funishing terbatas jumlahnya, namun ragam tekstur dan corak yang dihasilkan serat-serat tersebut nyaris tak terbatas. Para penenun telah menemukan banyak cara untuk menciptakan tekstur, sehingga serat yang sama dapat dibuat menjadi lembut, kaku, lemas, licin, ataupun kasar. Beberapa contoh kain alami adalah katun, linen, wol, sutra, rami dan goni.
 
Kain Berserat Alami
Kain Berserat Alami

Kain Berserat Alami
Kain Berserat Alami


Kain alami pertama adalah katun, kain ini relative ekonomis dan sangat serba guna. Katun bisa diwarnai, menghasilkan permukaan yang licin untuk corak-corak cetak dan bisa pula ditenun menjadi katun tebal pelapis perabot maupun muslin tipis yang tembus cahaya. Katun memang tidak tampak mewah namun kualitasnya kuat dan praktis.
Kain kedua adalah linen, kain ini lebih mahal daripada katun sebab produksi linen lebih lama. Akan tetapi linen memiliki tekstur kering dan agak kaku yang khas. Waluapun sangat kuat dan licin, linen mudah berkerut jadi anggaplah penampilan berkerutnya itu sebagai kekhasannya. Linen sering kali dikombinasi dengan katun untuk menghasilkan linen union yang menampilkan sifat-sifat terbaik kedua jenis kain sekaligus.
Kain alami ketiga yaitu wol, wol domba memiliki kerut merut alamiah yang membuatnya menjadi kain lembut dan hangat yang cantik sekali untuk dekorasi serta bisa diwarnai dengan berbagai macam warna. Karena wol memiliki kecenderungan untuk mengerut maka untuk dekorasi untuk dekorasi wol sering diberi campuran serat-serat lainnya. Kain berikutnya adalah sutra yang merupakan kain alami yang paling halus dan mulus dengan kilau unik yang membuat terlihat mewah. Sutra India atau China yang lebih ringan dan yang harganya mahal dapat dijadikan gorden yang cantik walaupun biasnya lebarnya lebih sempit dibandingkan dengan sutra Eropa.
Kain alami terakhir adalah rami dan goni. Goni adalah serat yang cukup kasar sementara rami memiliki sifat-sifat yang hampir sama dengan linen, dalam pengertian rami terlihat kemilau dan lembut serta sangat tahan lama juga cenderung mengerut. Rami tidak banyak dijual, tetapi pabrik-pabrik kain telah mulai mencampurkan rami dengan katun atau sutra untuk memperoleh bahan yang bagus untuk gorden maupun juga pelapis perabot.

Related Posts

No comments: