Skip to main content

Kain Berserat Alami untuk Dekor Ruangan



Kain Berserat Alami untuk Dekor Ruangan
Kain alami merupakan salah satu bahan untuk membuat soft funishing rumah indah nan cantik. Sungguh bahagia rasanya tinggal disebuah tempat yang merupakan milik sendiri yang pada akhirnya bisa menciptakan rumah yang selalu didambakan. Kain dan dekorasi mempunyai pengaruh yang besar tapi keduanya sulit untuk diterapkan di rumah-rumah moderndan biaya serta perawatannya harus sepadan. Jika anggaran sedikit sebisa mungkin jangan membuat kesalahan. Oleh karena itu mengenali kain yang cocok dan yang tidak cocok sangtalah penting peranannya.
Kisaran serat kain alami yang digunakan untuk soft funishing terbatas jumlahnya, namun ragam tekstur dan corak yang dihasilkan serat-serat tersebut nyaris tak terbatas. Para penenun telah menemukan banyak cara untuk menciptakan tekstur, sehingga serat yang sama dapat dibuat menjadi lembut, kaku, lemas, licin, ataupun kasar. Beberapa contoh kain alami adalah katun, linen, wol, sutra, rami dan goni.
 
Kain Berserat Alami
Kain Berserat Alami

Kain Berserat Alami
Kain Berserat Alami


Kain alami pertama adalah katun, kain ini relative ekonomis dan sangat serba guna. Katun bisa diwarnai, menghasilkan permukaan yang licin untuk corak-corak cetak dan bisa pula ditenun menjadi katun tebal pelapis perabot maupun muslin tipis yang tembus cahaya. Katun memang tidak tampak mewah namun kualitasnya kuat dan praktis.
Kain kedua adalah linen, kain ini lebih mahal daripada katun sebab produksi linen lebih lama. Akan tetapi linen memiliki tekstur kering dan agak kaku yang khas. Waluapun sangat kuat dan licin, linen mudah berkerut jadi anggaplah penampilan berkerutnya itu sebagai kekhasannya. Linen sering kali dikombinasi dengan katun untuk menghasilkan linen union yang menampilkan sifat-sifat terbaik kedua jenis kain sekaligus.
Kain alami ketiga yaitu wol, wol domba memiliki kerut merut alamiah yang membuatnya menjadi kain lembut dan hangat yang cantik sekali untuk dekorasi serta bisa diwarnai dengan berbagai macam warna. Karena wol memiliki kecenderungan untuk mengerut maka untuk dekorasi untuk dekorasi wol sering diberi campuran serat-serat lainnya. Kain berikutnya adalah sutra yang merupakan kain alami yang paling halus dan mulus dengan kilau unik yang membuat terlihat mewah. Sutra India atau China yang lebih ringan dan yang harganya mahal dapat dijadikan gorden yang cantik walaupun biasnya lebarnya lebih sempit dibandingkan dengan sutra Eropa.
Kain alami terakhir adalah rami dan goni. Goni adalah serat yang cukup kasar sementara rami memiliki sifat-sifat yang hampir sama dengan linen, dalam pengertian rami terlihat kemilau dan lembut serta sangat tahan lama juga cenderung mengerut. Rami tidak banyak dijual, tetapi pabrik-pabrik kain telah mulai mencampurkan rami dengan katun atau sutra untuk memperoleh bahan yang bagus untuk gorden maupun juga pelapis perabot.

Comments

Popular posts from this blog

Langkah Mudah Membuat Gorden Berpita

Langkah Mudah Membuat Gorden Berpita Gorden berpita salah satu soft furnishing yang berupa gorden yang dapat ditemui di setiap rumah-rumah di seluruh dunia. Sungguh bahagia tinggal disebuah rumah yang merupakan milik pribadi yang nanti akhirnya bisa menciptakan rumah yang selalu didambakan. Kain dan dekorasi mempunyai pengaruh besar tapi keduanya sulit untuk diterapkan di rumah-rumah modern dan biaya serta perawatannya harus sepadan. Jika anggaran sedikit sebisa mungkin jangan membuat kesalahan dalam menciptakan kenyamanan rumah dengan menggunakan soft furnishing. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengerti bagaimana soft furnishing yang akan membantu dalam mengembangkan gaya dokorasi pribadi sendiri pada rumah yang selama ini diidamkan. Salah satu dekorasi gorden yang sering dilakukan adalah membuat gorden berpita. Bahan yang diperlukan untuk membuat gorden ini adalah perlengkapan dasar menjahit, bahan kain gorden, kain untuk membuat pita dan kerahnya, dan benang jahit yang s…

Awal Mula Masa Perkembangan Arsitektur Pra Modern

Awal Mula Masa Perkembangan Arsitektur Pra Modern Arsitektur pra modern merupakan arsitektur awal dari perkembangan arsitektur Indonesia yang terjadi hingga sekarang. Asia merupakan sebuah benua yang sangat besar dengan ekspresi arsitektur yang kaya dan perpaduan yang mempesona antara budaya dan gaya hidup. Tempat berkembangnya unsure-unsur kuno dan modern ditambah dengan unsure-unsur Asia itu sendiri dan non-Asia yang telah bercampur selama berabad-abad. Wilayah yang paling signifikan untuk membangun arsitektur dengan unsure-unsur perpaduan tersebut adalah Indonesia. Sebab Indonesia memiliki lokasi dan keterbukaannya sebagai sebuah Negara kepulauan dan juga telah lama menjadi tempat pertukaran dan persilangan antara berbagai budaya dan peradaban. Perubahan arsitektur tersebut terwujud pada berbagai gaya dan bentuk arsitektur Indonesia dengan keragaman dan percampuran yang luar biasa sepanjang sejarah Indonesia. Bersama dengan itu, bentuk-bentuk dari arsitektur dan bentuk-bentuk tata ko…

Indah Warna Harmonis dan Kontras